Jenis-jenis Komputer

  • 3 min read
  • Agu 18, 2020
jenis-jenis-komputer

Kanca IT, saat ini kalian pasti tidak asing lagi dengan kata komputer. Penggunaannya pun sudah menjadi hal yang sangat wajar. Dalam keseharian, Kanca IT mungkin sudah selalu berinteraksi dengan komputer baik untuk bekerja, mengakses informasi, atau sekedar main game. Tahukah kamu bahwa komputer memiliki beberapa jenis dan melalui beberapa tahapan pengembangan hingga sampai menjadi seperti sekarang ini. Simak info selengkapnya hanya pada artikel jenis-jenis komputer ini ya.

Kebanyakan orang mengartikan komputer sebagai perangkat yang dapat menerima input dan melakukan pemrosesan. Inputan yang diberikan dapat melalui mouse dan keyboard. Sebenarnya, komputer bisa disebut pada semua perangkat yang menggunakan microprosesor. Pengelompokan jenis komputer tentu dilakukan berdasarkan kegunaannya. Tujuan pembuatan komputer tentu untuk mempermudah aktifitas manusia. Berikut beberapa jenis-jenis komputer sesuai dengan kegunaannya.

Laptop

Kanca IT tentu sudah tidak asing lagi dengan laptop. Dilihat dari pengertiannya, laptop merupakan komputer portable yang memangkas layar. Dengan perpaduan teknologi ini membuat perangkat yang lebih besar dapat dimuat dalam perangkat yang dapat dibawa kemanapun. Poin utama dari laptop adalah kemudahannya untuk dibawa kemana saja, walaupun untuk kepentingan tertentu, spesifikasi laptop dapat disesuaikan.

Personal Computer (PC)

Komputer pribadi atau biasa dikenal dengan Personal Computer (PC) merupakan komputer yang hanya bisa digunakan oleh satu orang saja. Penggunaan komputer ini biasanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi. PC dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, bermain game, atau kepentingan lainnya.

Wearable Computer

Kanta IT, pernahkah kamu mendengar istilah wearable computer? Jika belum, maka Kanca IT bisa membayangkan smartpwach dengan perfoma tinggi. Wearable computer dapat mencakup semua hal yang dibutuhkan untuk membantu setiap hal yang dapat memudahkan aktiftas manusia seperti smartwatch, smart control, kacamata pintar, dan fitur lainnya.

Super Computer

Super Computer memiliki harga yang lebih fantastis jika dibandingkan dengan komputer lainnya. Selain itu, perfomra dari komputer ini juga sangat tinggi. Penggunaan komputer ini tidak selalu untuk perusahaan besar, karena keperluan personal pun terkadang membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Kapasitas pengoperasian dan pengolahan data pada komputer ini juga sangat cepat dengan kemampuan 1 juta triliun operasi per detiknya.

Server

Merupakan komputer yang telah di optimalkan agar dapat menyediakan layanan untuk komputer lain melalui jaringan. Server memiliki perfoma yang kuat dan memiliki kapasitas RAM yang besar. Penyimpanan data dengan menggunakan server akan lebih baik karena setiap komputer dapat terhubung pada sebuah jaringan.

Netbook

Walaupun memiliki ukuran yang kecil dan mudah dibawa kemanapun, Laptop Dan Netbook memiliki pengertian yang sedikit berbeda. Netbook memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan laptop. Jika dilihat dari fungsinya, netbook dan Laptop memiliki kegunaan yang sama, hanya saja ukuran layarnya yang berbeda.

Main Frame

Sebelum di temukannya komputer dengan ukuran yang ada sekarang, komputer sebelumnya bernama mainframe. Ukurannya mainframe saat itu sebesar rumah. Penggunaan mainframe biasanya untuk memenuhi teknologi pada perusahaan besar. Saat ini, mainframe condong pada penggunaan mesin besar yang memiliki kemampuan pengolahan jutaan tugas setiap harinya. Bisanya penggunaan mainframe juga untuk menangani data besar pada penelitian, keperluan militer, atau transaksi  finansial yang memilki banyak pengguna pada waktu yang bersamaan.

Workstation

Workstation merupakan komputer yang dibuat khusus untuk bekerja. Pembuatan komputer dikhususkan agar user dapat bekerja dengan maksimal. Spesifikasi komputer dapat disesuaikan dengan pekerjaan setiap user agar lebih optimal. Biasanya komputer ini dibekali dengan spesifikasi yang tinggi seperti processor yang diperkuat dan penggunaan memori tambahan. Komputer ini biasanya dibuat dengan memanfaatkan jaringan agar memudahkan dalam penyelesaian kelompok tugas.

PDA

Personal Digital Assistant (PDA) adalah komputer yang terintregasi dan menggunakan flash memory untuk menyimpan data. Komputer PDA biasanya tidak dilengkapi keyboard tetapi menggunakan teknologi layar sentuh untuk penginputan data. PDA biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dan terhubung secara langsung ke server.

Dekstop

Desktop PC terdiri dari seperangkat komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana. Biasanya komputer yang berada di perkantoran dan memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi. Pada umumnya Desktop memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan PC.

PC Tablet

Jenis komputer satu ini termasuk dalam komputer portable yang berukuran seperti buku sehingga dapat dibawa kemana-mana. PC satu ini menggunakan monitor dengan teknologi touchscreen yang dilengkapi dengan pena sebagai kontrol layar. Tablet dirancang untuk aktivitas kantor yang sederhana seperti browsing, menulis, dan aktivitas lainnya. Biasanya Tablet dilengkapi dengan bundle aplikasi penunjang. Ukuran Tablet ini lebih lebar dari 7 inch, sehingga memiliki ketidaksamaan dengan smartphone atau PDA.

Nah, Kanca IT sekarang sudah tahu kan apa saja jenis-jenis komputer yang digunakan disekitar kita. Kedepannya tentu akan lebih banyak jenis komputer baru yang dibuat untuk berbagai kepentingan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *