Perangkat Keras Komputer

  • 3 min read
  • Agu 11, 2020
perangkat-keras-komputer

Kanca IT pernah kah mendengar istilah hardware? Jika Kanca IT tidak asing dengan komputer, maka sudah pasti sering mendengar isitlah satu ini bukan. Hardware atau perangkat keras komputer menjadi bagian dari sistem komputer yang tidak dapat dipisahkan komponennya agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Lalu apa itu hardware? Apa saja jenis-jenisnya? Dan bagaimana cara kerjanya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Hardware

Hardware atau perangkat keras komputer merupakan komponen yang bekerja saling mendukung untuk membentuk spesifikasi dari setiap komputer. Perangkat keras berbentuk fisik, dapat dilihat, diraba dan diketahui bentuknya. Tanpa adanya perangkat keras, komputer tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya karena peran dari perangkat keras yang ada saling terintegrasi dengan fungsinya masing-masing.

Komponen perangkat keras yang mendukung sistem komputer saling terhubung satu dengan lainnya sehingga komputer dapat beroperasi dengan baik. Kinerja dari sebuah komputer juga bergantung dari hardware penyusunnya. Agar perangkat keras dapat digunakan, peran dari software (perangkat lunak) juga sangat penting. Hal itu membuat hardware dan software memiliki peran yang tidak dapat terpisahkan.

Fungsi Hardware

Seperangkat komputer tidak akan dapat digunakan tanpa adanya perangkat keras. Hal itu membuat peran dari perangkat keras sangat penting. Berikut beberapa fungsinya:

  1. Pendukung kelistrikan
  2. Digunakan sebgai masukan data kemudian melakukan pemrosesan
  3. Mampu menghasilkan keluaran dari input dan proses
  4. Menyimpan setiap data dan informasi
  5. Dapat disesuaikan spesifikasinya agar komputer dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan

Jenis-jenis Hardware

Berikut dapat dikelompokan jenis-jenis perangkat keras komputer atau hardware berdasarkan kegunaannya untuk mendukung kinerja komputer.

Perangkat Keras Masukan (Input)

Perangkat keras ini memiliki fungsi untuk enginput data pada memori komputer. Beberapa perangkat masukan dasar yang harus ada pada sistem komputer diantaranya adalah keyboard. Tanpa adanya keyboard maka pengguna akan kesulitan untuk memasukan data ataupun informasi. Perangkat lain yang tidak kalah penting adalah mouse dan scanner. Dua perangkat tersebut dapat dikatakan sebagai perangkat pendukung (peripheral).

Perangkat Keras Pemrosesan Data

Setelah data diinput, tentu harus diproses. Perangkat yang melakukan pemrosesan data pada komputer dinamakan Central Processing Unit (CPU). Komponen lainnya yang termasuk dalam pemrosesan diantaranya sound card, VGA dan Motherboard.

Perangkat Keras Keluaran (Output)

Setelah diinput dan diproses, maka data perlu ditampilkan. Perangkat keras keluaran juga memiliki fungsi untuk mengeluarkan data yang telah diinputkan. Komponen utama dalam perangkat keras keluaran adalah monitor dan speaker. Beberapa perangkat pendukung lainnya sebagai perangkat output diantaranya adalah printer, proyektor, dll.

Perangkat Keras Penyimpanan (Storage Device)

Data yang telah diinputkan tentu perlu disimpan agar dapat digunakan atau diakses kembali dikemudian hari. Terdapat dua hardware yang memiliki fungsi sebagai penyimpanan yaitu RAM dan harddisk. RAM digunakan untuk penyimpnanan volatile sedangkan harddisk digunakan sebagai media penyimpanan non volatile internal. Selain itu, dalam komputer terdapat ROM (Read Only Memory) yang digunakan sebagai media penyimpanan yang memiliki sifat non volatile.

Perangkat Keras Kelistrikan

Agar sebuah komputer dapat dioperasikan, maka membutuhkan energi listrik. Hardware memiliki fungsi untuk menstabilkan daya listrik pada perangkat komputer. Beberapa perangkat keras yang termasuk dalam kelistrikan diantaranya adalah Power Supply. Perangkat selanjutnya juga bisa ditambahkan seperti Uninterruptible Power Supply (UPS) sebagai backup daya listrik.

Contoh Hardware

Kanca IT, berikut beberapa contoh perangkat keras di komputer yang sering digunakan sebagai penunjang sistem komputer.

  1. Keyboard merupakan perangkat yang terdiri dari banyak tombol, sehingga memudahkan anda saat mengoperasikan komputer.
  2. Mouse merupakan perangkat keras pendukung yang digunakan mengendalikan kursor, fungsi klik dan scroll.
  3. Scanner merupakan perangkat keras yang bekerja layaknya mesin fotocopy untuk memindai data berupa teks, foto dan data lainnya.
  4. CPU (Central Processing Unit) atau Processor dapat dikatakan sebagai otak dari komputer yang mengendalikan seluruh proses yang terjadi pada seperangkat komputer.
  5. Motherboard adalah perangkat yang mengkoneksikan seluruh hardware pada perangkat komputer yang dilengkapi chip BIOS (Basic Input Output System).
  6. Video Graphic Array (VGA) merupakan perangkat keras yang memproses visualisasi data berbentuk grafis.
  7. Sound Card merupakan perangkat yang berfungsi untuk pemrosesan data yang menggunaka format suara.
  8. Monitor merupakan media output yang menayangkan hasil dari proses data yang didukung oleh VGA.
  9. Speaker adalah perangkat yang mengeluarkan suara hasil pemrosesan dari kartu suaranya.
  10. Printer merupakan perangkat keras yang berguna untuk mencetak hasil kerja pada komputer.
  11. Proyektor adalah perangkat penunjang presentasi, proses belajar mengajar atau menonton film.
  12. RAM (Random Access Memory) yaitu media penyimpanan data ketika proses dijalankan oleh prosesor
  13. ROM (Read Only Memory) adalah media peyimpnan yang sifatnya read only.
  14. Harddisk merupakan perangkat yang tersusun dari piringan sebagai media penyimpanan.

Dengan informasi seputar hardware, Kanca IT sudah pasti dapat membedakan jenis hardware sesuai dengan fungsinya. Nantikan informasi menarik lainnya terkait dunia IT pada situs ini ya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *