Cara Mengidentifikasi Font di File PDF

cara-mengidentifikasi-font-di-file-pdf

Cara Mengidentifikasi Font di File PDF – Font yang bagus bisa menambah pengalaman membaca pagi para pembaca. Jika Kanca IT sedang membaca pada file PDF dengan font yang bagus dan menarik, mungkin Kanca IT bertanya-tanya font apa yang digunakan pada file PDF tersebut. Lantas bagaimana cara mengidentifikasi font dalam PDF? inilah artikel yang sedang Kanca IT butuhkan.

Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi font di pada file PDF. Kanca IT dapat menggunakan aplikasi offline seperti Adobe Acrobat Reader atau aplikasi web untuk mengidentifikasi font dalam file PDF. Aplikasi yang saya gunakan kompatibel dengan Komputer Windows maupun MacOS.

Identifikasi Font di File PDF Menggunakan Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader adalah aplikasi pembaca PDF populer yang tersedia disemua platform. Selain memungkinkan Kanca IT untuk membaca dan mengedit dokumen PDF, Adobe Acrobat Reader juga hadir dengan beberapa fitur bagus yang tidak begitu dikenal seperti kompress file PDF, Convert ke dokumen lain seperti Word, JPG dan lain sebagainya. Salah satu fitur yang akan kita gunakan adalah untuk mengidentifikasi font pada file PDF. berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka Aplikasi Adobe Acrobat Reader
  2. Klik File dan pilih Open. Pilih file PDF yang akan di identifikasi font-nya.
  3. Setelah kanca IT membuka file PDF, Klik kanan pada dokumen.cara-mengidentifikasi-font-di-file-pdf
  4. Pilih Properties atau Document Properties.
  5. Pada jendela Properties, Buka tab Font.
    cara-mengidentifikasi-font-di-file-pdfcara-mengidentifikasi-font-di-file-pdf

Pada tab Font akan menampilkan semua detail tentang font yang digunakan pada dokumen PDF. Jika ada lebih dari 1 font, kanca IT bisa scroll untuk melihat semua font yang ada pada file PDF tersebut.

Identifikasi Font di File PDF Menggunakan MyFont

Jika Kanca IT tidak ada aplikasi adobe acrobat reader dan tidak mau mendownloadnya, Kanca IT bisa menggunakan layanan online Artwork Font Finder. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka halaman Artwork Font Finder.
  2. Klik Upload PDFcara-mengidentifikasi-font-di-file-pdf
  3. Pilih file PDF yang ingin Kanca IT identifikasi
  4. Artwork Font Finder akan menampilkan informasi terkait font di panel kanancara-mengidentifikasi-font-di-file-pdf

Selain mengidentifikasi font, Artwork Font Finder juga membantu kanca IT untuk menemukan informasi seperti warna serta ukuran halaman pada file PDF.

Penulis: Catur Hidayat

Jika kamu kalah PINTAR, Cobalah untuk menang RAJIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *