Cara Edit File PDF Menggunakan Simpdf Online Gratis

  • 2 min read
  • Sep 29, 2020

File PDF (Portable Documents Format) adalah format open source. Kebanyakan dari kita lebih mengenal atau mengidentikan file PDF dengan Adobe Acrobat / Reader. Nyatanya banyak diluar sana software untuk mengelola file PDF. Salah satu alasan orang menggunakan file PDF adalah agar tampilan atau format teks nya tidak berubah. Mungkin kanca IT pernah mengalami, saat menerima file Word dari email atau media lainnya, ternyata tampilannya berubah dari file aslinya. Baik dari format font dan yang lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut file PDF adalah solusinya. Tetapi buat kanca IT yang menerima file PDF dan ingin mengubah satu kata atau dua kata, akan sangat merepotkan untuk meng-editnya. Jadi, bagaimana cara kanca IT mengedit PDF??

Edit PDF menggunakan Simpdf

Pada tutorial kali ini, saya akan menunjukan cara edit file PDF menggunakan layanan online gratis. yaitu Simpdf. Karna bersifat online kanca IT membutuhkan yang namanya koneksi internet untuk menggunakannya.

1. Buka situs Simpdf

2. Pilih “Choose File” untuk memilih file PDF yang akan kanca IT edit

 

3. Pilih file PDF yang ingin kanca IT edit.

 

4. Setelah memilih file PDF yang akan di edit, kanca IT tinggal tekan tombol “Parse”. Setelah itu tunggu sampai proses selesai.


5. Setelah selesai, Maka file PDF kalian akan terbuka. Kalian bisa edit dengan cara double klik di objek yang ingin kanca IT edit.


 

6. Jika kanca IT sudah selesai mengedit, kanca IT bisa menyimpan file yang sudah di edit tersebut dengan cara tekan “Ctrl + P” pada keyboard. Pada bagian printer, ubah ke “Save as PDF” kemudian klik “Save”.

 

File PDF Hasil Scan Tidak Bisa Diedit

Sampai tahap ini kanca IT sudah berhasil mengedit file PDF kalian. Sebagai catatan tambahan, kanca IT hanya bisa mengedit file PDF objek teks asli didalamnya. Maksudnya apa? jika kanca IT mempunyai file PDF hasil dari scan, maka tidak bisa di edit, karna PDF hasil dari scan akan berupa image (JPEG, PNG atau TIFF). File PDF dengan objek teks asli bisanya berasal dari file word yang di convert ke PDF atau yang lainnya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *