Cara Install Microsoft Office 365

  • 2 min read
  • Sep 17, 2020
Cara Install Microsoft Office 365

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana cara install microsoft office pada komputer / laptop. Mungkin kanca IT ada yang belum tau cara install microsoft office 365. Sebelum masuk ke cara install, baiknya kita kenalan dulu apa itu microsoft office.

Apa itu Microsoft Office?

Microsoft Office adalah kumpulan aplikasi produktifitas yang berhubungan dengan perkantoran. Setiap aplikasinya mempunyai fungsi dan tujuan dengan keunikannya masing-masing. Misalnya Microsoft Word, digunakan untuk membuat dokumen. Microsoft Excel, untuk membuat spreadsheet dengan berbagai formula-formula didalamnya. Microsoft Power Point, untuk membuat presentasi. Ada juga Microsoft Outlook yang digunakan untuk mengelola email dengan fitur kalendernya. Ada juga yang lainnya.

Karna ada begitu banyak pilihan aplikasi pada office, dan karna tidak semua pengguna membutuhkan semuanya, Microsoft selaku pembuat aplikasi mengelompokan aplikasinya dalam sebuah packages yang disebut *suite*.
berikut jenis-jenis packages untuk microsoft Office :

  • Microsoft Office Students – untuk siswa
  • Microsoft Office Home – untuk pengguna rumahan
  • Microsoft Office Profesional – untuk kalangan profesional
  • Microsoft Office Bussines/Enterprise – untuk bisnis kecil atau perusahaan besar

Apa itu Microsoft Office 365?

Microsoft Office 365 adalah cara baru menggunakan aplikasi buatan dari microsoft melalui cloud(berbasis web). Versi terbaru dari microsoft office adalah Microsoft Office 2019. Singkatnya, Microsoft Office 365 adalah Microsoft office yang di adopsi kedalam web base dengan sistem berlangganan. meskipun berbasis web, pengguna tetap bisa menggunakan sebagai aplikasi stand alone.

Apa yang membuat Microsoft Office 365 menonjol dari Ms Office edisi lama adalah karna ia terintegrasi ke semua aspek aplikasi dengan cloud. Karna aplikasi ini bersifat berlangganan, pengguna harus membayar setiap bulan atau tahun untuk menggunakannya. Pada layanan Office 365 pun microsoft membagi ke beberapa tier, seperti Profesional, Plus, Bisnis atau Enterprise.

Langsung saja ke cara install microsoft office, berikut langkah-langkahnya :

Login ke akun office 365

Sebelum Install Office 365, Kanca IT harus download master dari office 365 melalui dashboard akun kalian. Untuk login ke akun Microsoft Office 365 kanca IT bisa mengakses login.microsoftonline.com atau melalui link ini. Jika Kanca IT sudah punya master dari office 365 bisa langsung ke langkah Install Microsoft Office.

Cara Install Microsoft Office 365 - 1

Setelah itu masukan email dan password akun microsoft kalian.

Cara Install Microsoft Office 365 - 2

Setelah login kalian akan masuk ke halaman dashboard akun microsoft office 365.

Cara Install Microsoft Office 365 - 3

Pada halaman dashboard atau home, kanca IT bisa lihat di area pojok kanan ataa terdapat tombol Install Office. Klik tombol Install Office maka akan mucul menu Install Software, Klik menu tersebut maka kanca software Office 365 akan terdownload.

Install Microsoft Office

Berhubung Software saya berupa file ISO, jadi saya mount terlebih dahulu. Jika software yang kanca IT download sudah dalam bentuk EXE, langsung saja double klik file Setup.exe

Setelah di double klik, maka akan langsung masuk proses installasi seperti pada gambar dibawah.

Setelah Installasi selesai, maka akan muncul tampilan seperti dibawah.

Aktivasi Microsoft Office 365

Setelah kanca IT selesai meninstall Office 365, secara default software berada dalam trial. Kanca IT harus meng-aktivasi terlebih dahulu agar bisa digunakan seterusnya. Aktivasi Microsoft Office ada 2 metode, yaitu menggunakan  lisensi key atau login akun microsoft yang sudah berlangganan Office 365. Untuk mengaktivasinya, kanca IT bisa membuka salah satu aplikasi office.

Saat pertama kali buka aplikasi, kanca IT akan disuguhkan tampilan enter product key, jika kanca IT membeli Office 365 dalam bentuk key, maka langsung saja masukan key-nya untuk melakukan aktivasi.

Silahkan masukan product key yang Kanca IT punya. Berhubung disini saya menggunakan akun langganan, pada tampilan diatas saya close.

Setelah di close, klik menu Account – kemudian klik Sign In, Setelah itu muncul pop-up sign in.

Selanjutnya masukan email dan password kalian (Email yang terdaftar/berlangganan Office 365) dan klik sign in.

Selesai, Sekarang Office kalian sudah teraktivasi dan bisa kalian gunakan seterusnya.

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *