15 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Fandi Fabriyan

Terdapat sejumlah pengertian investasi menurut para ahli yang dapat dipelajari. Ini dapat memberikan wawasan baru bagi Kanca IT yang ingin memperdalam pengetahuan tentang topik ini. Mengingat, investasi sendiri kian populer terutama di generasi muda.

Menurut KBBI, investasi merujuk pada penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek dengan harapan mendapatkan keuntungan. Selain itu, terdapat definisi lain dari beberapa para ahli yang bisa Kanca IT pahami.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Memahami teori mengenai investasi dapat membantu Kanca IT membuat keputusan investasi yang tepat. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut adalah definisi investasi menurut pendapat beberapa ahli.

1. Frank J Fabozzi

Dalam bukunya yang berjudul “Manajemen Investasi”, Frank J. Fabozzi menjelaskan bahwa investasi adalah tindakan menempatkan dana atau modal pada satu atau lebih aset (sarana), yang akan dipegang dalam jangka waktu tertentu.

2. MG Wriot B. Com

Pada tahun 1985, MG Wriot B. Com juga mengemukakan pandangannya mengenai investasi. Ia mendefinisikan investasi sebagai harapan bahwa perusahaan yang melakukan investasi, mampu mengembalikan dana yang telah diinvestasikan pada suatu aset tertentu.

3. Anthony dan James S. Reece

Anthony dan James S. Reece juga menyampaikan pandangan mereka mengenai investasi. Menurut keduanya, investasi merupakan modal yang ditanam saat ini dengan harapan akan menghasilkan keuntungan di masa depan.

4. James C. Van Horn

Definisi investasi menurut para ahli juga dikemukakan oleh James C. Van Horn. Menurutnya, investasi adalah suatu kegiatan memanfaatkan dana yang tersedia saat ini untuk meraih pendapatan yang lebih tinggi di masa depan.

5. Shuta

Selain itu, menurut Shuta pengertian investasi dapat dijelaskan sebagai penggunaan dana atau modal tertentu untuk tujuan memperoleh, meningkatkan, dan memelihara nilai, serta menghasilkan pendapatan yang bersifat positif.

6. Michael D. Joehnk dan Lawrence J. Gitman

Investasi menurut Michael D. Joehnk dan Lawrence J. Gitman adalah suatu cara untuk menempatkan dana, dengan harapan dapat menghasilkan pendapatan positif serta menjaga atau meningkatkan nilai investasi tersebut.

7. Basuki Pujoalwanto

Menurut Basuki Pujoalwanto dalam bukunya “Perekonomian Indonesia,” investasi merupakan tindakan menempatkan sejumlah dana pada saat ini dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang.

8. Mulyadi

Mulyadi memiliki pandangan unik terkait dengan pengertian investasi, yaitu hubungan antara sumber daya dalam suatu periode dengan jangka waktu yang panjang, dengan tujuan untuk meraih keuntungan di masa depan.

9. Budi Sutrisno dan Salim

Investasi menurut para ahli juga diuraikan dalam buku “Hukum Investasi di Indonesia” oleh Budi Sutrisno dan Salim. Investasi diartikan sebagai kegiatan penempatan dana untuk memperoleh barang modal saat ini, yang nantinya digunakan untuk menghasilkan aliran produk baru di masa depan.

10. Sadono Sukirno

Sadono Sukirno memahami investasi sebagai tindakan menanamkan modal pada satu atau lebih aset dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa depan. Ini dapat dilakukan oleh individu atau entitas yang memiliki kelebihan dana.

11. Boediono

Menurut Boediono, investasi merupakan pengeluaran yang dilakukan oleh sektor produsen untuk membeli barang atau jasa. Tujuan dari pengeluaran tersebut adalah untuk meningkatkan stok dan memperluas area pabrik.

12. Jogiyanto Hartono

Jogiyanto Hartono berpendapat bahwa investasi dapat diartikan sebagai tindakan menunda konsumsi saat ini, dengan tujuan untuk mengalokasikan dana ke dalam aset produktif selama periode waktu tertentu.

13. Henry Simamora

Investasi menurut para ahli selanjutnya disampaikan oleh Henry Simamora. Dimana menurutnya, investasi merupakan penggunaan aset oleh sebuah perusahaan dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan kekayaan melalui distribusi hasil investasi.

14. Mankiw

Menurut konsep yang dikemukakan oleh Mankiw, investasi merujuk pada barang-barang yang dibeli oleh individu atau perusahaan, untuk meningkatkan jumlah modal yang dimiliki.

15. Muana Nanga

Muana Nanga menjelaskan bahwa investasi adalah penambahan bersih terhadap modal yang sudah ada, atau yang sering disebut sebagai akumulasi modal.

Artikel Lainnya

Bagikan:

Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan komentar