Pengertian Processor (Prosesor)

  • 3 min read
  • Agu 31, 2020
pengertian-processor

Processor atau prosesor merupakan komponen dari komputer yang sangat penting perannya. Bisa dibilang processor adalah otak dari komputer yang kita gunakan. Tetapi kanca IT tau tidak apa pengertian processor, fungsi processor, cara kerja processor dan jenis jenis processor yang digunakan untuk komputer? Yuk baca selengkapnya di ITKampus .

1. Pengertian Processor

Processor adalah otak dari sebuah komputer, secara rinci pengertian processor adalah sebuah komponen IC yang dapat mengontrol semua proses yang berjalan pada sebuah sistem komputer dan dapat digunakan sebagai pusat atau otak dan dapat melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Posisi processor pada komputer adalah terletak di socket motherboard, kita juga dapat mengganti, upgarde maupun downgrade asalkan socker yang ada di motherboard sesuai. Jenis dan kapasitas processor mempengaruhi kecepatan dari sebuah komputer dalam menjalankan aplikasi atau program

Processor memiliki kegunaan yang paling penting di sistem komputer, sebab processor dapat berfungsi untuk memanajemen arus data agar terhindar dari stack data (macet) dalam melakukan operasi komputer, selain itu processor dapat menggunakan perhitungan rumus yang sangat rumit dan akurat, processor dapat mengolah data dan menyimpan sementara pada RAM karena proses yang dilakukan processor sangat cepat

Bagian-bagian yang ada pada Processor memliki 3 bagian yang penting yaitu :

  • Aritmatik Logical Unit (ALU) adalah bagian dari processor yang memiliki Tugas dapat melakukan perhitungan aritmatika yang berjalan sesuai dengan program dengan instrruksi kode yang sudah ada
  • Control Unit (CU) adalah bagian dari processor yang memiliki tugas untuk mengendalikasin proses yang terjadi pada processor, seperti proses input dan output yang dilakukan oleh processor
  • Memori Unit (MU) adalah bagian dari processor yang memiliki tugas untuk menyimpang cache, memori unit juga merupakan sebuah penyimoanan kecil tetapi memiliki akses kecepatan yang sangat tinggi.

2. Fungsi Processor

Secara umum processor memilki fungsi sebagai pemroses data yang didapat dari sebuah masukan atau input-an, dan selanjutnya akan menghasikan sebuah keluaran (output)

Processor adalah komponen penting dalam sebuah komputer tetapi processor tidak dapat bekerja sendirian karena saling terhubung dengan komponen lainya seperti Hardsik dan RAM. Dengan kombinasi ini dapat melakukan proses data secera baik dan cepat.

3. Cara Kerja Processor

Kecepatan processor dilihat dari kecepatan dalam melakukan pemrosessan data dengan satuan Hertz. Contohnya 500 GigaHerzt yang artinya processor pada komputer dapat menjalankan perintah 5000 miliar perintah dalam sekali kerja. Dengan banyaknya data yang diproses mencapai miyaran ini suatu hal yang sangat luar biasa. Dengan kegiatan kerja yang banyak ini manusia tidak akan mampu untuk menjalankanya secara manual.

Pengguna komputer sekarang ini memiliki 2 processor unggulan yaitu Intel dan AMD. Kedua perusahaan processor ini bersaing untuk menjadi pemenang dengan menghadirkan processor atau otak komputer yang paling canggih dan cepat.

Kedua produsen processor komputer tersebut memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Soal ketahanan digunakan berjam jam maupun berhari-hari intel lebih unggul sedangkan AMD banyak digunakan untuk menjalankan Game karena miliki lebih baik dalam hal proses grafik.

4. Jenis Processor

Berikut ini jenis jenis processor yang digunakan untuk komputer antara lain:

Processor Intel

Processor intel adalah processor komputer yang paling banyak digunakan pada komponen laptop di seluruh dunia. Produk proses ini juga yang paling populer di Indonesia, terlebih lagi pengguna komputer yang sudah pasti mengenal brand processor ini, meskpun sangat terkenal Intel memiliki saingan yang berat dari segi produk yaitu AMD.

Processor Intel adalah sebuah produk processor keluaran dari perusahaan terkenal Intel Corporation. Pada tahun 1968 intel Corporation sudah berdiri dan menjual produk processornya. Di Amerika produk processor intel pertama kali dikembangkan dan diproduksi. Ada beberapa contoh seri dari produk processor Intel seperti Intel Atom, Intel Celeron, Intel core 2 duo, Intel Core i3, Intel core i5, intel core i7 dan yang paling baru intel core i9. Ada juga versi untuk komputer server menggunakan Intel Xeon.

Processor AMD (Advanced Micro Processor)

Processor AMD adalah sebuah perusahaan pembuat processor dan Graphic Card. AMD menjadi perusahaan pemasok processor terbesar kedua setelah Intel Corporation. Tetapi pada tahun 2019-2020 AMD mulai unggul dari Intel dengan lini produk processornya dengan seri Ryzen. Produk AMD banyak disukai oleh gamer karena processor AMD sudah disertai dengan Graphic Card langusng di processornya.

Pada tahun 1969 perusahaan AMD berdiri dan membuat produk processor. Berpusat di Sunnyvale, California, AMD mengembangkan dan mebuat processornya. Secara umum produk AMD diminati oleh pengguna Gamers karena produknya sudah dilengkapi oleh Graphic Card. Berikut jenis produk processor AMD yang telah dipasarkan AMD E2, AMD A4, AMD A9, AMD Ryzen 3, AMD Ryzen 5, AMD Ryzen 7 dan lain sebagainya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *