Pengertian Jaringan Komputer

Dany Pratmanto

Pengertian Jaringan Komputer – Tahu ga sih,? kalau kita bisa browsing, chatting dengan teman dan nonton video di youtube itu semua berkat teknologi jaringan komputer? Pada kesempatan kali ini kami IT Kampus, akan membahas tentang Pengertian Jaringan Komputer, Sejarah Jaringan Komputer, Jenis-Jenis Jaringan Komputer serta Manfaat dari Jaringan Komputer. Yuk, simak informasi mengenai pengertian jaringan komputer berikut..

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah dapat menghubungkan dua atau lebih komputer dan saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi.

Ketika dua atau lebih komputer saling terhubung dan berkomunikasi maka akan ada pihak yang meminta dan pihak memberi. Pihak yang minta layanan disebut dengan client sedangkan pihak yang memberi disebut dengan peladen (server). Sistem ini disebut dengan client-server.

Jaringan komputer dibuat dengan menggabungkan antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). jaringan komputer juga menggunakan IP Address sebagai alamat Logik, untuk perantaranya bisa menggunakan kabel dan wireless.

Untuk membuat jaringan komputer lebih dari 2 perangkat, maka kita juga memerlukan alat tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Sejarah Jaringan Komputer

Setelah mengetahui pengertian jaringan komputer, Kanca IT juga perlu mengetahui sejarahnya. Pada awalnya jaringan komputer dikembangkan oleh Group Riset Universitas Harvard menggunakan komputer MODEL I bertempat di laboratorium BELL pada tahun 1940, Amerika Serikat.

Proyek awal jaringan komputer dikemabangkan oleh Profesor Howard Aiken lahir di Hoboken, New Jersey pada tanggal 9 maret 1900, beliu adalah seorang insiyur dibidang komputer dan pengembang komputer IBM Harvard Mark I.

Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) membentuk tim riset untuk bertujuan menghubungkan banyak komputer agar membentuk jaringan komputer. Dan pada tahun 1970 tim riset ini diberi nama ARPANET dan berhasil menghubungkan lebih dari 2 komputer yang bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer berkembang sangat pesat dan memilki banyak jenisnya. Berikut ini beberapa jaringan komputer berdasarkan cakupan area

LAN (local area network)

Jaringan komputer jenis LAN (local area network) bisa dibilang jaringan yang memiliki cakupan wilayah yang kecil, contohnya jaringan komputer sebuah kantor, sekolah, rumah.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan 2 atau lebih jaringan LAN dan mencakup di wilayah kota yang sama. WAN dibuat ketika cakupan LAN sudah tidak memungkinkan karena sudah lebih besar.

WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan komputer yang sudah mencakup daerah yang lebih luas lagi dibandingkan MAN. Cakupan area WAN malah bisa mencakup seluruh dunia.

PAN (Personal Area Network)

PAN adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari 2 atau lebih sistem komputer yang miliki jarak pendek. Biasanya jaringan PAN hanya berjarak 1-5 meter saja. Contonya penggunaan teknologi Bluetooth sebagai media jaringannya.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer tentu sangat banyak sekali manfaatnya yang bisa kita rasakan. Bukan hanya organisasi, perusahaan individu juga sangat terbantu dengan adanya pemanfaatan dari jaringan komputer ini. Berikut ini beberapa pemanfaatan dari adanya sistem jaringan komputer :

Manfaat Jaringan Komputer Untuk Perusahan Atau Instansi

  1. Mempermudah berbagi (sharing) Data

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan untuk membantu mempermudah sharing file. Misalnya saja sebuah perusahaan atau organisasi pasti mempunyai banyak sekali dokumen atau data file yang harus saling dicek antar divisi atau bagian. Dengan memanfaatkan jaringan komputer, maka proses berbagi file file dan dokumen akan jauh lebih mudah dan prosenya juga jadi lebih singkat.

Coba bayangkan ketika anda harus naik turun tangga atau harus bolak balik antar ruangan hanya untuk menyerahkan 1 file dokumen saja, maka akan memakan banyak waktu dan tenaga. Dengan adanya teknologi jaringan komputer yang semuanya saling terhubung dengan jaringan, kita bisa membagikan file atau dokumen hanya dengan sekali klik saja.

  1. Privasi – Menjada Data Rahasia

Manfaat jaringan komputer juga sebagai perlindungan (proteksi) guna menjaga keamanan terhadap data-data penting dari sebuah perusahaan. Dengan memanfaatkan jaringan komputer, khususnya jaringan LAN (lokal), kita dapat mengatur hanya komputer yang terhubung ke dalam jaringan saja yang memilki akses ke data tersebut.

  1. Komunikasi

Dengan memanfaatkan jaringan komputer maka di sebuah perusahaan akan lebih mudah untuk saling berkomunikasi antar divisi ataupun personal di dalam satu jaringan komputer perusahaan.

Artikel Lainnya

Bagikan:

Dany Pratmanto

Bukan siapa-siapa, Hanya orang Biasa

Tinggalkan komentar