Pengertian Komputer

  • 3 min read
  • Agu 11, 2020
pengertian-komputer

Apa sih pengertian komputer itu? Mungkin Kanca IT dan kebanyakan orang masih beranggapan kalau komputer itu sebuah mesin atau perangkat seperti yang sering kita gunakan di kantor, sekolahan atau di warnet (warung internet). Nyatanya komputer bukanlah sekedar mesin yang sering kita gunakan untuk bekerja. Bahkan dalam keseharian kita saat ini, kita sering menggunakannya tanpa kita sadari. Contoh kecilnya adalah smartphone. Smartphone adalah salah satu dari teknologi komputer itu sendiri. Mengapa? Nanti saya akan jelaskan di bawah.

Pengertian Komputer

Komputer adalah perangkat keras yang melakukan proses computing  (perhitungan) didalamnya. Itulah kenapa disebut komputer (computer). Apa yang dihitung? Maksud menghitung disini bukanlah arti menghitung seutuhnya, maksud dari compute disini adalah mengolah informasi, dari masuknya informasi kemudian diolah dan jadilah output berupa tampilan dilayar monitor. Dulu komputer hanyalah mesin hitung layaknya kalkulator. Seiring berkembangnya jaman komputer makin banyak jenisnya. Jadi apa itu komputer ? Komputer adalah sebuah perangkat keras yang melakukan proses komputasi (mengelola informasi atau data).

Jenis-jenis Komputer

Mengacu pada pengertian komputer di atas, kita bisa simpulkan jika perangkat yang melakukan proses komputasi bisa kita sebut sebagai komputer. Itulah kenapa saya bilang di atas smartphone termasuk sebuah komputer. Seiring perkembangan zaman, komputer yang sering kita kenal ada 3 jenis:

Personal Computer (PC)

Personal Computer atau PC adalah jenis komputer yang sudah kita kenal dan banyak dijumpai. Komputer jenis ini tidak mungkin untuk dibawa-bawa karena bukan perangkat portable. Komputer jenis ini lebih cocok digunakan untuk orang yang bekerja di rumah atau di kantor. Bentuk dari PC biasanya memiliki peripheral yang terpisah seperti monitor, keyboard, mouse, dan CPU.

Desktop / All in One PC

Desktop, ada juga yang menyebutnya sebagai All In One PC. Komputer jenis ini bisa dibilang mirip atau sama dengan PC. Hanya saja komputer jenis ini lebih flexible karena masih bisa dibawa-bawa walaupun merepotkan. Bentuk desktop biasanya memiliki CPU dan monitor yang menyatu dan hanya keyboard dan mouse yang terpisah. Perbedaan lain dengan PC adalah dari sisi kemudahan untuk upgrade komponen. PC adalah komputer yang bisa dibilang mudah diupgrade semua komponennya sedangkan desktop sangatlah terbatas.

Laptop

Laptop adalah sebuah komputer portable yang sangat mudah untuk dibawa bepergian (mobile). Komputer jenis ini mengalami banyak perkembangan yang akhirnya melahirkan banyak jenisnya lagi seperti notebook, netbook, ultrabook dll. Perbedaan dari jenis-jenis laptop ini mungkin akan saya bahas dilain artikel, karena akan jadi panjang jika saya bahas di artikel ini. Bentuk laptop sendiri memiliki peripheral yang menyatu, dari CPU, monitor, keyboard dan mouse (pada laptop mouse digantikan dengan touchpad/trackpad).

Komponen-komponen pada computer

Sebuah perangkat komputer memiliki beberapa komponen yang mempunyai fungsi dan perannya masing-masing. Berikut beberapa komponen-komponen komputer secara umum:

Prosesor

Prosesor adalah sebuah komponen yang berfungsi mengelola informasi atau data-data dalam sebuah komputer, bisa dibilang prosesor adalah otaknya komputer. Semua pemrosesan pada komputer ditangani oleh prosesor. Prosesor juga berperan pada encoding, rendering. Bagi Kanca IT mungkin ada yang baru dengar, kok rendering dilakukan pada prosesor? Nanti kita bahas pada artikel lain di IT Kampus.

Motherboard

Motherboard adalah sebuah papan induk. Motherboard sendiri berfungsi mengorganisir semua komponen komputer dari Prosesor, RAM, Storage, Graphic Card untuk saling berkomunikasi / terintegrasi. Tanpa adanya motherboard masing-masing komponen tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Komponen ini tidak bisa kita bilang yang paling penting, karena semua komponen sangatlah penting. Kenapa? Karena semua komponen bekerja secara terintegrasi / berkomunikasi satu sama lain.

RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat atau komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi atau data saat pemrosesan. RAM disini tidaklah menyimpan data secara permanen, dia bersifat volatile. Apa itu? Volatile merupakan sifat dimana data yang ditulis, dibaca atau diubah disebuah RAM hanya akan tersimpan saat RAM dalam kondisi teraliri arus listrik(komputer dalam keadaan nyala). Pada saat komputer dimatikan atau terjadi mati listrik, data yang tersimpan pada RAM akan hilang.

Storage

Storage, kenapa disini saya sebutkan storage? Bukan harddisk? Yaps! Storage adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data dengan cara atau metode baca tulis. Storage ini bersifat unvolatile, kebalikan dari sifat RAM. Data yang disimpan tidak akan hilang meskipun dalam keadaan tidak teraliri listrik. dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat, media penyimpanan atau yang lebih sering kita kenal dengan harddisk mengalami perubahan, yaitu hadirnya SSD (Solid State Disk). SSD merupakan media penyimpanan yang tidak memiliki piringan cakram berbeda dengan harddisk yang memiliki piringan cakram (Mekanikal),  perbedaan harddisk dan SSD mungkin akan saya bahas di lain artikel. Hadirnya SSD disebut-sebut mengatasi masalah yang bernama bottleneck. Apa itu bottleneck? nanti akan saya bahas pada artikel tersendiri di IT kampus.

Graphic Card / VGA

Graphic Card atau kata lebih mengenalnya VGA Card, komponen komputer yang satu ini mempunyai fungi sesuai namanya, yaitu untuk mengolah graphic atau pengolahan gambar, komponen ini berperan penting saat komputer memerlukan pemrosesan sebuah gambar seperti saat tracing gambar baik 2D ataupun 3D, rendering pada beberapa aplikasi yang membutuhkan rendering dari graphic card (tidak semua aplikasi melakukan rendering pada graphic card).

Itulah bahasan mengenai pengertian komputer, jenis-jenis komputer dan komponennya. Masih banyak jenis-jenis komputer lainnya yang belum saya sebutkan di atas. Kedepannya akan saya buatkan jenis-jenis komputer lainnya berdasarkan fungsinya dan juga perbedaannya pada artikel lain.

0 / 5. 0

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *