Cara Install Microsoft Office 2010

  • 2 min read
  • Sep 25, 2020
cara-install-microsoft-office-2010

Sebelumnya saya pernah membuat artikel Cara install Microsoft Office 365. Pada artikel tersebut yang saya praktekan adalah Ms Office versi terbaru, lebih tepatnya Office 365. Mungkin kanca IT ada yang bertanya, bagaimana cara install ms office untuk versi lama atau selain office 365?.

Disini saya akan saya bahas bagaimana cara install microsoft office 2010. Dimana versi ini adalah versi yang masih banyak di pakai. langsung saja ke langkah-langkahnya :

Jalankan setup.exe pada installer Ms Office 2010

Disini saya asumsikan kanca IT sudah punya installer Ms Office 2010, Pada folder installer kalian akan melihat file setup.exe, double click aja file tersebut.

Cetang Checkbox pada tampilan read license

Setelah double click pada setup.exe, akan mucul dialog user account control, Klis YES saja pada bagian ini. Kemudian akan mucul jendela pada gambar di bawah. centang pada bagian “I accept the terms of this agreement”.

Setelah di centang, klik pada tombol “continue”. Selanjutnya akan masuk pada proses install.

Proses Install

Setelah klik continue, langkah selanjutnya adalah opsi installasi, pada jendela ini kalian akan diberi 2 opsi. Yang pertama adalah Install Now – Opsi install full packages, yang kedua opsi Costumize – Opsi install Custom.

Untuk opsi customize, kacna IT bisa memilih Office apa saja yang akan di install dan mana yang tidak. Misalnya kanca IT hanya ingin meng-install Word, Excel, Power Point, maka selain aplikasi tersebut klik anak panah kecil, kemudian muncul menu dropdown, pilih “Not Available”.

Pada artikel ini saya akan melakukan installasi full, yaitu Install Now.

Setelah klik tombol install now, maka akan masuk ke jendela installation progress. Pada tahap ini, biarkan proses install sampai selesai.

Setelah proses installasi selesai, maka akan mucul tampilan sepertingambar diatas. langkah selanjutnya klik Close pada bagian pojok kanan bawah jendela.

Proses Install Selesai

Proses installasi sudah selesai, untuk mengeceknya kanca IT bisa cek pada menu start -> Microsof Office.

Aktifasi Microsoft Office 2010

Langkah terakhir adalah aktifasi. Setelah melewati semua langkah diatas, Ms office sebenarnya sudah bisa langsung di gunakan. Hanya saja masih pada masa trial 30 hari. Untuk bisa kita gunakan seterusnya, kita harus melakukan aktifasi dengan cara memasukan Lisensi key. Kacna IT bisa membeli nya pada toko online atau distributor resminya.

Untuk proses aktifasi, langkah pertama kanca IT bisa membuka salah satu aplikasi office yang terinstall, disini saya contohkan menggunakan Microsoft Excel.

Saat Pertama kali dibuka, akan mucul kotak dialog Protect and Improve. Pada jendela ini akan terdapat 3 Opsi :

  1. Use Recommended Setting – Opsi ini akan adalah settingan yang di rekomendasikan oleh microsoft, mulai dari settingan Interface, navigasi dan juga update patch (otomatis update saat ada update patch baru dari microsoft).
  2. Install Update Only – Pada opsi ini hanya akan mengaktifkan otomatis update ketika ada update patch terbaru dari microsoft.
  3. Don’t make change – Opsi terakhir ini tidak akan mengaktifkan update otomatis. Kalian bisa pilih opsi ini jika tidak ingin ada perubahan karna update pada ms office kalian. Saya lebih sering menggunakan opsi ini.

Setelah memilih opsi diatas, klik ok. Selanjutnya klik menu File -> Help -> Change Product Key.

Selanjutnya akan mucul kotak dialog “Enter your Product Key”. Masukan Product key kalian dan klik Continue.

Tunggu Proses pada gambar dibawah sampai selesai.

Setelah selesai, cek ke menu File -> Help. Disini kanca IT akan melihat Ms Office kalian sudah teraktifasi dan siap digunakan.

Selamat mencoba.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *