Perbedaan IP Camera dan CCTV

Perbedaan IP Camera dan CCTV

Perbedaan IP Camera dan CCTV – Kanca IT pasti pernah mendengar kata IP Camera dan CCTV.  Dua benda itu sudah tidak asing lagi bukan? Kedua alat ini merupakan teknologi yang sering digunakan. Kedua alat ini tentunya memiliki perbedaan. Simak informasi berikut ini untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang IP Camera dan CCTV.

Apa itu IP Camera?

IP camera merupakan salah satu jenis kamera video digital yang difungsikan untuk memantau keamanan. Camera ini dapat mengirim dan menerima data melalui internet dan jaringan komputer. Axis Communication memperknalkan IP Came untuk yang pertama kali pada tahun 1996. Pengembangan IP Cam selanjutnya dilakukan oleh Martin Gren dan Carl-Axel Alm.

Ada dua jenis IP Cam yaitu IP kamera terpusat dan IP kamera terdesentralisasi.  IP Cam terpusat membutuhkan pusat Network Video Recorder untuk dapat mengatur alarm dan merekam video. Sedangkan IP kamera terdesentralisasi, tidak memerlukan Network Video Recorder karena kamera ini memiliki fungsi perekam built-in. Fungsi tersebut membuat rekaman dapat langsung tersimpan di media penyimpanan seperti Network Attached Storage, SD Card, Komputer ataupun Server.

Apa itu CCTV?

CCTV adalah suatu sistem komputer yang menggunakan video kamera untuk merekam dan menampilkan gambar sesuai dengan lokasi kamera terpasang. Sinyal yang terdapat pada perangkat ini bersifat rahasia sehingga tidak seperti televisi pada umumnya. CCTV pada umumnya digunakan untuk melengkapi keamanan lokasi di suatu tempat.

Terdapat beberapa komponen pada kamera CCTV diantaranya Camera, DVR, HDD, Coaxial Cable, Powre Cable, dan BNC Conector. Camera yang digunakan pada CCTV pada umumnya terdapat dua jenis yaitu Camera CCT Network dan Camera CCT Analog. Pada CCTV juga terdapat Digital Video Recorder (DVR) yang berguna untuk merekam gambar.

Hard Diskt Drive menjadi komponen yang penting juga dalam melakukan penyimpanan data. HDD akan dipasang pada DVR. Ketika kapasitas HDD semakin besar, maka kapasitas perekaman juga dapat lebih panjang. Pada CCTV, Coaxial Cable juga memiliki peranan penting. Kabel ini akan mengantarkan sinyal video dari DVR ke Monitor atau dari kamera CCTV ke DVR.

Konektor pada kabel coaxial adalah BNC Connector. Coaxial adalah kabel yang digunakan untuk mengantar signal video dari kamera ke DVR atau dari DVR ke monitor. Terdapat beberapa komponen pada kabel ini diantaranya Foam Gas Injected Polyethylene, AL/P/AL Foil, CCTV Video Cable, 48 x 0.12mm Strand AL Braid 36% Coverage, 0.71mm Bare Copper Conductor, 2x 16 copper Cundoctor, PVC Sheath dan FPE Sheath.

Apa Perbedaan IP Camera dan CCTV

Walaupun berfungsi sebagai kamera pengawas, CCTV maupun IP Camera sebenarnya adalah dua perangkat yang berbeda. Berikut adalah perbedaan dari CCTV dan IP Camera dari beberapa aspek.

  • Penggunaan Signal

Jika dilihat dari penggunaan signal, CCT menggunakan sinyal analog, sedangkan IP Camera meggunakan koneksi internet. Hal itu membuat tingkat ketajaman yang dimiliki berbeda. Selain itu, analisa dan efisiensi yang dimiliki juga berbeda.

  • Kualitas Gambar

Kualitas gambar yang dimiliki IP Camera tentunya berbeda dengan CCTV. Perbedaan kualitas dapat dibilang cukup jauh. Kualitas IP Camera yang rendah masih jauh lebih baik jika dibandingkan kualitas gambar dari CCTV terbaik.

Field of view dari IP Camera juga lebih luas jika dibandingkan dengan CCTV. IP Camera memiliki fitur Zoom yang lebih luas dengan dilengkapi audio full duplex. Tentunya IP Camera dapat menangkap gambar dengan lebih detail jika dibandingkan dengan CCTV.

  • Penyimpanan Rekaman

Lama waktu penyimpanan IP Camera lebih lama jika dibandingkan dengan CCTV. CCTV biasanya hanya menyimpan hasil rekaman selama beberapa saat saja. Hal itu membuat analisa video lebih mudah dilakukan jika menggunakan IP Camera.

  • Efisiensi Penggunaan

IP Camera memiliki tingkat efisiensi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan CCTV. Hal itu dapat terlihat dari penggunaan kabel dan perangkat keras yang digunakan saat menggnakan CCTV. Konfigurasi dengan DVR juga bukanlah hal yang mudah. Selain itu, konfigurasi dengan layar monitor juga dibutuhkan.

Sedangkan penggunaan IP Camera jauh lebih mudah. Setting hanya diperlukan pada switch yang akan langsung memberikan transfer data ke Network Video Recorder. Pengaturan awal untuk penggunaan IP Camera jauh lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan CCTV.

  • Pemanfaatan

CCTV tentu dapat digunakan untuk memantau ruangan. Hal itu tentu sama dengan IP Camera, namun untuk IP Camera mendukung untuk penggunaan smart home. Selain dirumah, IP Camera juga dapat dimanfaatkan untuk mengawasi gudang, ataupun area perkantoran.

Penggunaan IP Camera atau CCTV sebenarnya memiliki kesamaan yaitu untuk mengawasi suatu ruangan. Namun, jika IP Camera merupakan kamera pengawas yang memilki fitur lengkap dengan instalasi yang mudah.

Saat ini Kanca IT tidak perlu bingung lagi ya untuk menentukan perbedaan IP Camera dan CCTV. Tentunya dengan mengetahui perbedaannya, Kanca IT akan lebih mudah menentukan akan menggunakan IP Camera atau CCTV untuk kebutuhan pengawasan.

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *