Review Niagahoster

  • 4 min read
  • Sep 16, 2020

Kanca IT pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Niagahoster, bukan? Dalam dunia perhostingan, Niagahoster merupakan salah satu perusahaan industri web hosting paling populer di Indonesia. Sejak namanya mencuat pada tahun 2014 lalu, Niagahoster terus mengembangkan sayapnya hingga bisa dikenal berbagai kalangan. Review Niagahoster bisa ditemukan dengan mudah di dunia maya.

Niagahoster adalah bagian dari Hostinger Group, yang merupakan grup hosting berskala internasional, dan sudah berpengalaman menangani kurang lebih 500 server di berbagai belahan dunia. Tidak mengherankan, saat pertama kali dikenalkan di Indonesia, peminatnya langsung membludak. Karena sepak terjang Hostinger Group memang sudah sangat dikenal.

Review Niagahoster, Kelebihan Menggunakan Layanan Produk Niagahoster

Kalau Kanca IT sudah pernah menggunakan layanan dari Niagahoster sebelumnya, pasti akan langsung notice dengan beberapa poin yang akan dijelaskan di bawah ini. Namun, bagi Kanca IT yang masih baru terjun ke dunia website, atau belum pernah mencoba Niagahoster, maka berikut ini adalah beberapa keunggulannya yang bisa dijadikan bahan referensi :

Page Load Time Super Cepat (0,770 Detik)

Selain server hosting yang handal, dalam dunia bisnis melalui dunia maya Kanca IT juga membutuhkan server hosting yang cepat. Terlebih lagi, saat ini Google sudah memasukkan kecepatan loading website sebagai salah satu kriteria dalam sistem algoritma untuk menentukan peringkat web di search engine.

Niagahoster termasuk server hosting yang memiliki kecepatan page load time sangat bagus, bahkan merupakan yang terbaik di antara semua server hosting di Indonesia. Kecepatan loading Niagahoster berada di kisaran angka 0,473 detik – 0,880 detik. Jadi, sangat ideal karena masih di bawah 1 detik.

Uptime Stabil

Seiring dengan semakin meningkatnya persaingan di bidang layanan hosting, nyaris semua provider web hosting memberikan garansi uptime. Tidak tanggung-tanggung, beberapa diantaranya bahkan berani menjamin 100%. Sayangnya, hal tersebut tidak diikuti dengan data akurat mengenai rata-rata uptime setiap bulannya, sehingga menimbulkan keraguan.

Dalam hal ini, Niagahoster memberikan jaminan uptime hingga 99,98%. Setelah dimonitoring, faktanya uptime keseluruhan provider ini memang stabil, dan sesuai dengan apa yang dijanjikan. Kesalahan fatal yang terjadi hanya 1 kali pada Oktober 2019 silam, ketika Niagahoster melakukan maintenance selama enam jam non stop.

Dapat Menahan Beban Hingga 25 Visitor Online dalam Waktu Bersamaan

Provider hosting memiliki peran besar dalam menjaga supaya beban server bisa tetap seimbang. Dalam hal ini, load impact yang akan mengukur mengenai respon server saat harus menerima beban banyak, dengan kata lain pengunjung situs website Kanca IT. Idealnya, kecepatan web harus tetap stabil, meskipun jumlah visitor sangat banyak.

Niagahoster terbukti bisa menahan lonjakan jumlah pengunjung. Meskipun terjadi, namun rekor tertingginya hanya 0,638 detik. Dibandingkan provider hosting lain, Niagahoster bisa dikatakan merupakan yang paling stabil hingga saat ini.

Tampilan Dashboard Ramah dan Fitur Lengkap

Seperti yang mungkin sudah Kanca IT ketahui, kalau sebagian besar provider hosting masih menggunakan tampilan dashboard WHMCS. Namun berbeda dengan Niagahoster, yang membuat custom dashboard dengan tampilan lebih sederhana, dan gampang di navigasi. Pihak Niagahoster bahkan punya WordPress Management, untuk memanjakan klien.

Dengan fitur ini, maka Kanca IT bisa melakukan berbagai hal untuk situs website berbasis WordPress, contohnya sebagai berikut :

  1. Login otomatis ke WordPress (tanpa memasukkan username dan password)
  2. Upgrade versi WordPress
  3. Force HTTPS
  4. Install WordPress
  5. Speed test
  6. Backup and restore
  7. Clone website WordPress
  8. Membuat web staging
  9. Auto update WordPress
  10. Menghapus WordPress

Pilihan Paket Hosting Banyak

Saat ini, Niagahoster sudah menghadirkan 4 pilihan paket shared hosting yang bisa dijadikan pertimbangan oleh calon kliennya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan lihat di bawah ini :

  1. Paket Bisnis. Ini adalah paket terlengkap dari Niagahoster yang sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh para pebisnis. Menawarkan berbagai fitur tambahan yang tidak ada di paket lain, paket bisnis hadir dengan mengusung sumber daya lebih besar.
  2. Paket Personal. Hingga saat ini, mayoritas pengguna Niagahoster menggunakan paket personal. Selain memiliki fitur terbaru, paket personal juga diluncurkan dengan harga ramah di saku. Tidak heran kalau begitu diminati oleh berbagai kalangan.
  3. Paket Pelajar. Paket ini sangat cocok sekali untuk digunakan oleh pengguna blog dengan trafik rendah hingga sedang. Dengan kata lain, kalau situs blog atau web Kanca IT masih berskala kecil – menengah.
  4. Paket Bayi. Direkomendasikan untuk situs baru yang belum mempunyai begitu banyak visitor, serta tidak memerlukan resource berkapasitas besar. Contohnya, blog personal.

Dilengkapi Video Tutorial

Dalam berbagai review Niagahoster, para konsumen mengaku puas dengan adanya tutorial video dan panduan yang disertakan setiap pembelian paket hosting. Karena tidak bisa dipungkiri, kalau keberadaan help and support berupa tutorial dasar akan sangat membantu. Setidaknya, ada ratusan panduan mengenai hosting, domain, WordPress, dan sebagainya.

Gratis Domain dan Gratis Pindah Hosting

Kanca IT yang membeli paket bisnis, personal, dan pelajar akan langsung mendapatkan gratisan 1 domain di tahun pertama. Seperti kebanyakan web hoster lain, Kanca IT juga akan dibantu untuk memindahkan berbagai file dari hosting lama, ke yang baru secara cuma-cuma.

Kekurangan Niagahoster Yang Harus Diketahui

Selain menawarkan beragam keunggulan menggiurkan, Niagahoster juga tidak sempurna. Web hoster ini mempunyai beberapa kelemahan yang sudah seharusnya diketahui oleh calon klien. Kalau Kanca IT berniat menggunakan provider ini, yuk cari tahu apa saja kekurangannya :

Response Support Lama

Dalam beberapa tahun terakhir, pihak Niagahoster sudah menghentikan layanan bantuan via tiket. Jadi, semua pertanyaan, komplain, keluhan, serta bantuan teknis/ non teknis dilayani melalui live chat. Meskipun pada awalnya berjalan lancar tanpa kendala, namun belakangan ini banyak klien yang mengeluhkan lambatnya jawaban dari pihak Niagahoster.

Keterbatasan Fitur Backup

Salah satu fitur yang disediakan Niagahoster adalah “Instant Backup”. Namun fitur ini memiliki beberapa keterbatasan. Salah satunya adalah pembatasan backup untuk paket selain bisnis, yang hanya mencapai 10 GB saja. Sementara untuk paket bisnis, Kanca IT bisa menggunakan backup kapasitas hingga 15 GB.

Durasi Waktu Berlangganan Lama

Berbeda dengan web hoster kebanyakan, Niagahoster tidak menyediakan opsi berlangganan bulanan. Misalnya saja untuk Paket Bayi, maka Kanca IT diharuskan berlangganan dalam jangka waktu 3 tahun, dengan biaya Rp. 10.000 per bulan. Jadi, kalau dihitung secara keseluruhan, maka jatuhnya tetap mahal juga menggunakan Niagahoster.

Paket Bayi Mempunyai Banyak Keterbatasan

Tidak bisa disangkal, bahwa harga memang mempengaruhi kualitas, termasuk juga Paket Bayi dari Niagahoster. Paket ini hanya bisa digunakan oleh 1 web, dengan maksimal disk space 500 mb, dan Kanca IT juga cuma bisa membuat 1 akun email saja. Selain itu, Kanca IT tidak akan mendapatkan gratis domain.

Review Niagahoster di atas dapat Kanca IT gunakan sebagai bahan referensi sebelum memutuskan menggunakan produk dari web hoster tersebut. Terlebih lagi dengan jangka waktu berlangganan yang cukup lama, sebaiknya dipikir dengan matang karena anggaran yang dibutuhkan akan cukup besar. Selain itu, pastikan Kanca IT memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan.

Post Terkait :

One thought on “Review Niagahoster

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *