Pengertian Website

  • 3 min read
  • Agu 10, 2020
pengertian-website

Seiring dengan terus meningkatnya penggunaan internet, maka orang-orang semakin akrab dengan kata website. Kanca IT pasti pernah mengakses website untuk mendapatkan berbagai informasi, hiburan, hingga belanja. Namun, apakah Kanca IT tahu apa itu website? Walaupun setiap harinya tidak dapat terlepas dari website, tidak sedikti orang yang tidak tahu pengertian website, sejarah, fungsi dan hal lain terkait dengan website. Oleh karena itu, Kanca IT dapat memperoleh informasi selengkapnya hanya di artikel ini.

Pengertian Website Secara Umum

Website adalah sekumpulan informasi atau halaman yang dapat diakses melalui internet sehingga tidak ada batasan waktu, tempat ataupun jarak. Jika dilihat dari segi teknis, website merupakan kumpulan page yang disajikan dalam domain atau subdomain tertentu yang berada di dalam World Wide Web (WWW).

Pengertian Website Menurut para Ahli

Selain mengetahui pengertian website secara umum, Kanca IT juga perlu mengetahui pendapat para ahli mengenai website. Berikut beberapa pengertian website yang dikemukakan oleh para ahli:

Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan setiap file yang terdapat di dalamnya memiliki keterkaitan. Web terdiri dari halaman atau beberapa halaman yang dapat membentuk homepage. Homepage biasanya terdapat dibagian atas dan halaman lain yang terkait berada di bawahnya yang biasa disebut dengan child page dan memiliki hyperlink ke halaman lainnya.

Website merupakan metode yang digunakan untuk menampilkan informasi di internet berupa teks, gambar, video dan suara maupun interaktif yang menghubungkan satu dokumen dengan dokumen lainnya yang dapat diakses melalui browser.

Lukmanul mengemukakan bahwa website adalah fasilitas yang terdapat di internet yang menghubungkan dokumen di lingkup lokal maupun global. Dokumen yang terdapat pada website disebut dengan webpage dan link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu halaman ke halaman lain (hypertext). Halaman dapat diakses dan dibaca melalui browser seperti Internet Explorer, Google Chrome, Mozila Firefox, dan aplikasi browser lainnya.

Sejarah Website

Pengembangan website pertama kali dilakukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee. Tujuan pembuatan website adalah untuk memudahkan pertukaran data sehingga pembaruan informasi dapat di lakukan dengan cepat. Saat itu pemanfaatan website masih sebatas pertukaran informasi saja.  Website dipublikasikan ke publik setelah diumumkan dari CERN pada 30 April 1993. CERN memberikan pernyataan secara gratis oleh semua orang. Sampai saat ini website dapat dimanfaatkan oleh siapa saja kapanpun dan dimanapun.

Fungsi Website

Website yang sangat erat kaitannya dengan internet tentu memiliki banyak manfaat. Baik kita sadari atau tidak, dengan adanya website kita sudah dipermudah hampir dalam setiap aspek kehidupan. Berikut beberapa fungsi dari website:

  • Sebagai sarana hiburan dengan berbagai konten yang tersedia seperti majalah online, berita terkait gaya hidup, streaming film, dan berbagai jenis hiburan lainnya.
  • Sebagai sarana penyedia informasi dengan persebaran yang sangat cepat dan menjangkau skala global
  • Sarana untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi blogger atau influencer
  • Sebagai sarana jual beli secara online sehingga dapat membantu transaksi dapat berjalan dengan lebih mudah dan cepat

Jenis-jenis Website

Sebagai media untuk menyampaikan informasi, saat ini website tidak hanya menampilkan tulisan saja. Kanca IT tentu sering melihat konten yang berupa gambar ataupun video. Konten tersebut tentu tidak terlepas dari jenis webiste yang diantaranya:

  • Website Pribadi yaitu web yang biasanya dikelola untuk keperluan individu. Konten yang terdapat di dalamnya juga bergantung kepada tujuan masing-masing pemilik website.
  • Website E-Commerce, yaitu website yang tujuan pembuatannya untuk melakukan transaksi penjualan secara online. Pengeolaannya tidak memandang skala usaha. Semua lini usaha baik UMKM hingga bisnis regional dapat menggunakannya.
  • Blog yang memiliki tujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan, gagasan, ataupun pengalaman penulis.

Unsur-unsur dalam Website

Terdapat tiga unsur utama pada website sehingga dapat diakses oleh pengguna internet. Berikut penjelasan secara singkat unsur yang terdapat pada website:

Domain

Domain dapat dikatakan seabgai alamat sebuah website. Biasanya domain dibuat menarik, mudah diingat dan mencerminkan konten yang dimiliki. Domain yang mudah diingat akakan memudahkan juga pengunjung website untuk mengakesnya kembali.

Hosting

Hosting menjadi bagian dari website yang berperan untuk menyimpan semua data yang diperlukan seperti gambar, script, teks, video, dan lain sebagainya. Ketika Kanca IT tertarik untuk memiliki website, tidak perlu khawatir terkait hosting, karena di Indonesia pun banyak sekali penyedia jasa untuk hosting dengan harga yang bervariasi juga.

Konten

Terakhir, unsur yang tidak kalah penting adalah konten. Tanpa adanya konten, maka sebuah website tidak berarti. Konten biasanya dapat berupa teks, video dan gambar. Konten dapat bervariasi tergantung dari tujuan pembuatan sebuah website.

Nah Kanca IT, sekarang sudah tahu kan apa itu website, sejarah,  fungsi, jenis dan unsur-unsur yang terdapat didalamnya. Kanca IT juga dapat turut berpartisipasi dalam sharing pengalaman atau informasi melalui website.

0 / 5. 0

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *