Mengenal Teknologi 5G

Teknologi 5G

Mengenal Teknologi 5G – Kanca IT, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah 5G. Di beberapa negara, 5G sudah dapat dignakan. 5G menjadi teknologi seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan akses jaringan perangkat nirkabel. Lalu apa itu 5G? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu Jaringan 5G?

5G merupakan jaringan konektivitas internet dengan menawarkan koneksi yang lebih cepat. 5G digadang-gadang memiliki kemampuan untuk membawa data yang lebih besar. Jaringan 5G tentu lebih unggul jika dibandingkan dengan 4G LTE. Transfer data di jaringan 5G dapat mencapai kecepatan 10Gbps. Kecepatan maksimum pada jaringan ini memang cukup besar, namun kecepatan sebenarnya dapat mencapai 100Mbps dan kecepatan unggahnya 50Mbps.

Teknologi 5G di desain untuk memiliki kemampuan untuk melakukan transmisi data dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, penyesuaian ponsel yang digunakan untuk dapat menikmati jaringan 5G juga diperlukan. Ponsel untuk menikmati jaringan 5G saat ini masih memiliki harga yang fantastis, namun ketika teknologi menjadi lebih umum, maka harga juga akan lebih terjangkau.

Sebelumnya tentu telah terdapat beberapa teknologi jaringan yang digunkaan yaitu jaringan 1G, 2G, 3G, dan 4G. Jaringan 1G merupakan jaringan yang dapat mengantarkan suara analog. Kemudian suara digital mulai dapat dikenali dengan menggunakan jaringan 2G. Selanjutnya data 3G membuat penggunanya dapat mengakses data mobile. Hingga akhirnya dengan 4G LTE telah membawa pengguna mengarah pada era mobile internet.

Siapakah Penemu Teknologi 5G

Teknologi 5G dikembangkan sejak tahun 2008. Saat itu, Korea Selatan telah melakukan riset untuk teknologi yang dapat digunakan dalam komunikasi seluler. Ditahun yang sama, NASA membentuk kerjasama dengan perusahaan M2Mi Corporation. Tujuan dari kerjasama tersebut adalah untuk melakukan pengembangan terhadap teknologi 5G.

Setelah 4 tahun melakukan riset tepatnya di tahun 2012, New York University membentuk NYU Wireless yang merupakan sebuah badan riset. Pembentukan NYU Wireless tidak lain adalah untuk mengembangkan jaringan 5G nirkabel. Akses terhadap teknologi tersebut mulai dapat dilakukan pada tahun 2018.

Keunggulan Menggunakan Jaringan 5G

Menggunakan jaringan generasi ke 5 tentu lebih baik jika dibandingkan dengan genarasi sebelumnya. Berikut beberapa keunggulan yang dapat diperoleh dengan  menggunakan jaringan 5G.

  • Kelancaran virtual reality menjadi salah satu hal yang ditawarkan sebagai salah satu fitur jaringan 5G. Dengan kelancaran virtual reality, tentunya Kanca IT dapat menonton live sreaming dengan lebih lancar.
  • Lebih nyaman saat bermain game karena tidak akan terjeda karena masalah jaringan.
  • Download film dengan singkat karena jaringan 5G dapat memiliki speed unduh yang sangat cepat.
  • Memudahkan dalam menghubungkan beberapa perangkat karena jaringan 5G lebih stabil.

Target Pengembangan Jaringan 5G

Dikembangkannya jaringan 5G tentu memiliki target agar dapat lebih baik dari jaringan sebelumnya (4G LTE). Berikut beberapa hal yang menjadi target dari dikembangkannya teknologi 5G.

  • Memiliki rata-rata kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan sebelumnya. Dalam hal ini, jaringan 5G digadang memiliki kecepatan 50 Gb per detik dan rata-rata 100Mb per detik.
  • Mengurangi latensi atau interval antara pengirim dan penerima secara signifikan agar informasi yang diterima benar-benar real time.
  • Lebih menghemat energy dan mengurangi biaya dengan menggunakan konsep yang serupa dengan cloudhosting.
  • Dapat menabah kapasitas sistem dengan support seratus kali lipat untuk kapasitas traffic dan efisiensi jaringan.
  • Memiliki konektivitas perangkat secara massive.

Dampak Teknologi 5G

Kehadiran teknologi baru tentu menjadi hal yang ditunggu apalagi menawarkan berbagai kelebihan pada kecepatan jaringan. Saat ini, setiap orang membutuhkan akses informasi secara daring. Kebutuhan itu pun semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Teknologi 5G tentu mendapat sambutan yang baik dari seluruh penduduk di muka bumi karena dapat memberika jaminan untuk akses internet yang lebih baik.

Secara tidak langsung, teknologi 5G memberikan beberapa dampak terutama di bidang ekonomi yang diperkirakan akan dicapai pada tahun 2035. Dampak akan dirasakan oleh para operator, pembuat konten, rantei OEMs, developer, dan konsumen. Dengan akses internet yang cepat dan lancar, tentunya setiap pengguna akan semakin haus akan informasi.

Jaringan 5G di Indonesia

Peluncuran jaringan 5G telah dilakukan oleh Verizon di Amerika Serikat. Lalu, bagaimana dengan tanah air? Di Indonesia, Telkomsel menjadi provider yang pertama kali mencoba menerapkan jaringan 5G  dengan spektrum 800 MHz. Hal itu membuat troughtput mencapai 16 Gbps.

Walaupun percobaan jaringan 5G telah dilakukan oleh Telkomsel di tahun 2018, namun masyarakat baru dapat menikmati jaringan 5G di tahun 2021. Hingga saat ini belum semua provider dapat menggunakan teknologi 5G. Ketersediaan device yang mendukung jaringan 5G juga masih sedikit.

Kanca IT, sudah siapkah untuk menggunakan teknologi 5G? Jika Kanca IT ingin menikmati fitur di jaringan 5G, maka hal yang perlu dipersiapkan adalah device yang compatibel. Selain itu, pemilihan provider juga penting karena saat ini tidak semua provider tersedia untuk 5G.

Baca Juga:

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *