Pengertian Internet

  • 3 min read
  • Sep 16, 2020
pengertian-internet

Internet adalah sebuah kata yang sering kita dengar sehari-hari. Kanca IT pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Internet bukan? Tentu saja semua orang pasti sudah pernah mendengar istilah ini. Pasalnya, aktifitas kita sehari-hari saat ini hampir tidak bisa terlepas dari Internet. Tanpa kita sadari, dalam akses berbagai informasipun kita bergantung kepada internet seperti mencari berita, resep makanan, belanja, dan sebagainya. Lalu apakah Kanca IT tahu apa itu internet? Bagaimana sejarahnya? Apa fungsi dan manfaat internet? Adakah dampak posistif dan negatifnya untuk kehidupan? Yuk simak informasi lengkapnya hanya di IT Kampus.

1. Pengertian Internet Secara Umum

Secara umum internet dapat dikatakan sebagai sebuah jaringan komunikasi yang menghubungkan media elektronik secara global yang menggunakan sistem TCP (Transmission Control Protocol) atau IPS (Internet Protocol Suite). Teknologit TCP/IP yang membuat adanya pertukaran data sehingga komunikasi, interaksi dan akses informasi dapat dilakukan tanpa mempedulikan jarak. Hal itu membuat tidak terbatasnya akses berbagai informasi di seluruh dunia. Secara tidak langsung internet telah membuka batasan antar negara dari segi informasi.

2. Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum, beberapa ahli juga telah memberikan pendapat mereka terkait pengertian Internet. Pendapat dari para ahli ini akan membantu Kanca IT untuk lebih memahami terkait dengan internet. Berikut beberapa definisi Internet yang dikemukakan oleh para ahli:

  • Menurut Sarwono (2012) Internet merupakan suatu kumpulan jaringan skala global sehingga tidak ada orang yang mampu bertanggunjawab untuk penggunaan internet itu sendiri. Pada awalnya internet digunakan untuk kepentingan militer saja, namuns aat ini penggunaan internet menjadi kebutuhan setiap orang mulai dari akses informasi hingga hiburan.
  • Menurut Sibero (2011) Internet merupakan interconnected Network atau sebuah jaringan komputer yang saling terhubung antar komputer satu dengan lainnya secara global. Internet dapat bekerjasama dalam jaringan komputer baik skala lokal hingga mendunia dengan menggunakan protokol komunkasi TCP/IP.
  • Harjono (2009) mengemukakan bahwa internet adalah kumpulan dari beberapa hingga jutaan komputer di seluruh dunia yang saring terhubung satu dengan lainnya dengan menggunakan media kabel atau serat optik, satelit, maupun jaringan telepon.

3. Sejarah Internet

Pada awalnya internet adalah jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969. Pengembangan internet dilakukan melalui proyek lembaga ARPA yang dinamakan Advanced Research Project Agency Network (ARPANET). Tujuan awal pengembangan proyek adalah untuk keperluan militer.

ARPANET yang awalnya hanya menghubungkan 4 situs (University of California, Stanford Research Institute, University of Utah, University of California) kemudian diperkenalkan secara umum di tahun 1972 tepatnya di bulan Oktober. Tidak lama setelah diumumkan proyek berkembang dengan pesat dan seluruh universitas bergabung yang membaut penggunaan internet dipecah menjadi dua yaitu MILNET dan ARPANET. Kemudian gabungan itu dikenal dengan DARPA Internet dan disederhanakan menjadi Internet yang dikenal hingga saat ini.

4. Fungsi Internet

Terdapat beberapa fungsi internet yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk kehdupan sehari-hari. Berikut beberapa fungsi internet yang perlu Kanca IT ketahui.

  • Mempercepat akses berbagai informasi secara global
  • Mempermudah komunikasi dan interaksi seluruh individu tanpa adanya batasan waktu dan wilayah
  • Mempermudah pekerjaan karena dengan adanya internet pertukaran data dapat dilakukan dengan cepat

5. Manfaat Internet

  • Internet menjadi sarana belajar tanpa batas. Semua hal yang ingin diketahui dapat ditemuakn diinternet. Selein itu internet juga dapat menjadi sarana untuk pembelajaran secara daring.
  • Perluasan jangkauan bisnis juga dapat dilakukan dengan internet karena informasi tentang bisnis yang dijalankan dapat tersebar luas dalam jangka waktu yang cepat
  • Sebagai sarana hiburan dengan berbagai akses ke sosial media seperti facebook, instagram, youtube, dsb.

6. Dampak Positif dan Negatif Internet

Penggunaan internet tentu akan memiliki dampak untuk kehidupan sehari-hari. Selain banyak dampak positif, tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan internet juga dapat memberikan dampak negatif. Berikut dampak negatif dan positif penggunaan internet.

Dampak Positif

  • Internet menghubungkan semua orang diseluruh dunia sehingga menjadikan akses berbagai informasi tanpa batas. Informasi yang diperoleh juga akan selalu up to date.
  • Membantu dalam penyelesaian tugas karena berbagai informasi tersedia di internet
  • Sebagai sarana untuk hiburan
  • Sebagai sarana untuk komunikasi tanpa mengenal batas

Dampak Negatif

  • Maraknya Cyberbullying karena privasi sangat sulit untuk disembunyikan di internet
  • Banyaknya berita hoax atau berita palsu yang tak jarang menimbulkan keresahan di masyarakat
  • Terdapat konten negatif yang dapat diakses dengan mudah
  • Adanya tindakan Cybercrime seperti penipuan, pengambilan data tanpa izin, dan tindakan kejahatan lainnya.
  • Teknologi yang berkembang dengan pesat membuat budaya semain ditinggalkan

Kanca IT, peran internet memang sangat penting untuk kehidupan kita. Tidak bisa kita bayangkan jika sehari saja tanpa adanya akses internet. Namun, alangkah lebih baik jika kita dapat dengan bijak memanfaatkannya. Dalam mengakses informasi, Kanca IT juga harus cermat agar terhindar dari berita hoax.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *