Pengertian VPN (Virtual Private Network)

  • 3 min read
  • Agu 19, 2020
pengertian-vpn

Buat kanca IT yang sering berselancar di internet, pasti tidak asing dengan yang namanya VPN. bagi yang belum tau apa itu VPN, mari kita bahas apa itu pengertian VPN dan bagaimana cara kerjanya begitu juga fungsinya.

Apa itu VPN?

VPN merupakan sebuah jaringan yang dibangun dengan sebuah program yang aman dan ter-enkripsi saat bertukar data atau informasi. VPN biasanya digunakan dalam sebuah jaringan yang kurang aman, seperti Internet karna bersifat public. kanca IT mungkin pernah mengalami, saat berselancar di internet tidak bisa mengakses sebuah website atau IP address. hal tersebut biasanya disebabkan karna website tersebut tidak aman, di-blok (tidak tersedia dinegara kita) atau IP address tersebut bersifat privete (intranet), disinilah VPN berperan. dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses sebuah website yang tidak aman atau ter-blok, dan juga mengakses sebuah intranet atau sistem sebuah perusahaan dengan menggunakan jaringan yang berbeda. terkadang VPN juga digunakan untuk mengakses sebuah aplikasi atau sebuah hosting. Untuk bisa menggunakan VPN untuk mengakses website, sistem atau aplikasi kita memerlukan sebuah izin berupa otentikasi. biasanya berupa kata sandi atau token.

Bagaimana VPN Bekerja?

Pada level dasar, tunneling VPN membuat koneksi point-to-point yang tidak bisa di akses oleh pengguna tidak diketahui. Pada saat sebuah komputer klien mengirim sebuah data ke klien tujuan, atau bahkan ke server host, data akan di-enkripsi. Enkripsi bekerja dengan membuat semua data yang dikirim dari suatu komputer, hanya akan bisa di dekripsi oleh komputer atau server host tujuan.

Protokol Jaringan VPN

Mengacu pada pengertian VPN di atas, VPN mempunyai 3 protokol jaringan yang umum digunakan pada VPN antara lain PPTP, L2TP, dan IPSec. Protokol ini tentunya tidak kompatibel satu sama lain. berikut jenisnya:

PPTP

PPTP singkatan dari Point-to-Point Tunneling Protocol adalah sebuah teknologi VPN yang dikembangkan microsoft dan beberapa perusahaan vendor jaringan. PPTP bisa dibilang jenis protokol VPN tua, beberapa perusahaan atau vendor sudah mulai meninggalkan protokol jenis ini, karna tingkat keamanan yang sangat dasar. Protokol jenis ini biasanya hanya menggunakan otentikasi username dan password.

L2TP

L2TP – Layer Two(2) Tunneling Protocol merupakan perkembangan dari PPTP, berbeda dengan PPTP protokol jenis ini menggunakan otentikasi tambahan berupa pre-shared key atau secret.

IPSec

IPSec merupakan teknologi VPN dengan keamanan yang berlapis dari sebuah IP. IPSec sudah secara luas digunakan dalam implementasi sebuah VPN. IPSec bisa digunakan dengan dua mode : Transport dan Tunnel.

Fungsi VPN

VPN sendiri di rancang menggunakan protokol tunneling yang ter-enkripsi, untuk mengirimkan data antara pengguna jarak jauh dan juga intranet dalam sebuah perusahaan. Data atau informasi yang dikirimkan melalui VPN tidak akan bisa di baca atau dilihat oleh orang lain.

Bagi pengguna umum VPN biasanya digunakan untuk melindungi identitas atau data pribadi saat berselancar di internet. dengan menggunakan VPN lalu lintas data kita akan ter-enkripsi, yang akan mencegah adanya tindakan penyadapan. VPN akan sangat berguna saat kita menggunakan Wi-fi umum atau hotspot yang kita tidak tau tingkat keamanannya. apalagi saat kita sedang melakukan sebuah transaksi perbankan.

Perusahaan atau organisasi besar biasanya menggunakan VPN untuk berkomunikasi atau bertukar data melalui jaringan public. Penggunaan VPN adalah pilihan yang bagus untuk perusahaan. Terutama saat karyawannya melakukan pekerjaan jarak jauh ataupun WFH (Work From Home). seperti yang sekarang banyak dilakukan dimasa pandemi ini.

Layanan VPN Umum

Layanan VPN umum sangatlah banyak, dari yang gratis hingga berbayar (berlangganan). Mungkin kanca IT ada yang pernah menggunakan layanan umum VPN, biasanya buat apakan kalian menggunakan VPN umum?. Saya termasuk salah satu pengguna layanan VPN umum. Biasanya saya menggunakan VPN untuk mengakses forum-forum  yang tidak bisa diakses di indonesia seperti reddit. Atau saat mengakses sebuah website yang saya rasa tidak aman. Selain hal itu biasanya saya menggunakan VPN untuk menghindari tracking data pada sebuah iklan-iklan di website.

Kesimpulan

VPN merupakan jaringan yang dibangun menggunakan enkripsi untuk tujuan keamanan. Tapi setiap VPN mempunyai tingkat keamanan yang berbeda, jadi tidak ada jaminan aman 100%. Jika kanca IT ada yang yang baru berencana menggunakan VPN, pilihlah layanan VPN yang tepat. Dan juga gunakan dengan bijak, baik pada layanan VPN umum maupun VPN dalam perusahaan. Semoga artikel tentang pengertian vpn ini bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *