Pengertian Hosting

  • 4 min read
  • Sep 16, 2020
pengertian-hosting

Hosting, mungkin beberapa Kanca IT masih kurang familiar dengan istilah ini. Karena memang pengguna internet tidak semua memerlukan layanan ini. Tetapi bagi kita yang akan membuat sebuah website akan sangat memerlukan layanan Hosting ini, selain memiliki nama domain tentunya. Bagi Kanca IT yang akan membangun sebuah website apakah tahu Pengertian Hosting? Cara kerja Hosting, Manfaat layanan Hosting, Serta Perbedaan Jenis-Jenis Hosting seperti Shared Hosting, VPS (Virtual Private Server), Dedicated Server, dan Cloud Hosting? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di IT Kampus

Pengertian Hosting

Hosting adalah sebuah layanan penyedia perangkat komputer serta perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan seluruh data situs website kita seperti Tulisan, gambar, video, dan berbagai macam script PHP, HTML dan lain lain. Hosting juga bisa dikelola melalui jarak jauh meskipun kita berada diujung dunia sekalipun asalkan kita masih terhubung dengan internet, karena hosting menggunakan jaringan internet dan menggunakan protocol TCP/IP untuk layanannya.

Cara Kerja Hosting

Mungkin Kanca IT sudah familiar dengan istilah browsing, yaitu mengakses sebuah layanan website dengan cara memasukan nama domain ke addressbar browser yang kita gunakan. Cara kerja hosting sendiri adalah meneruskan permintaan akses kepada server hosting setelah kita memasukan nama domain ke adressbar browser. Kemudian hosting akan mengirimkan informasi file yang kita minta ke komputer menggunakan jaringan internet dan akan ditampilkan oleh web brwoser seperti mozilla fire fox, google chrome, dll dalam bentuk Gambar, Tulisan, video dan lain sebagainya. Seperti itu gambaran cara kerja hosting menampilkan informasi webite yang kita minta menggunakan web browser.

Manfaat Menggunakan Hosting

Kemudahan Kelola

Hosting sangat mudah untuk di kostumisasi sesuai dengan keinginan penggunanya karena di hosting memliki sistem control panel. Control panel ini bisa digunakan untuk menambah domain, mengganti domain, membuat akun email. Pengguna juga dengan mudah mengupload file dan gambar yang digunakan untuk website mereka.

Murah

Menggunakan layanan penyewaan hosting kita tidak dipusingkan masalah teknis untuk terus mengelola server hosting. Dengan menggunakan hosting, kita bisa menghemat anggaran biaya. Hosting yang digunakan membantu menfasilitasi untuk memasarkan produk melalui website, kita bisa melayani pelanggan kita 24 jam nonstop dan dapat diakses seluruh dunia.

Hemat waktu

Selain murah, dengan menggunakan hosting juga bisa menghemat waktu karena data yang selalu terkoneksi ke server hosting. Karenanya dapat diakses kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan jaringan internet. Jadi tidak harus bertemu langsung karena data yang realtime online dan bisa dikases oleh siapa saja dan lebih menghemat waktu dan tenaga.

Perbedaan Shared Hosting, VPS, Dedicated Server, Cloud Hosting

Shared Hosting

Shared Hosting adalah sebuah server hosting yang digunakan oleh pelenggan secara bersama-sama dan berbagi sumber daya (resource) dengan pengguna shared hosting yang lain. Dengan begini kecepatan, kualitas dan performa website tergantung dari pengguna hosting lainnya dalam satu server yang digunakan. Ketika ada pengguna yang menggunakan sangat banyak sumber daya (resource) maka akan beresiko terhadap website kita yang akan menurun kecepatan dan performanya. Pengguna shared hosting tidak dapat mengelola server, tetapi pihak penyedia shared hosting yang dapat mengelola server yang kta gunakan sebagai shared hosting.

Kelebihan Shared Hosting

  1. Harga Terjangkau.
  2. Mudah, Pengelolan server dilakukan oleh penyedia Hosting.

Kekurangan Shared Hosting

  1. Akses Lebih lambat karena server digunakan secara bersama-sama
  2. Terbatas, banyak batasan pengguna dan sumber daya
  3. Rentan Down. Karena penggunan server bersama-sama jika ada pengguna yang menggunakan sumber daya berlebihan maka pengguna yang lain berpotensi terkena dampak.

VPS

VPS adalah singkatan dari virtual Private server. Layanan VPS menggunakan teknologi virtual resouce dedicated yang digunakan secara pribadi, jadi hanya dipakai oleh satu pengguna saja. Oleh karena itu layanan hosting ini sangat baik dibandingkan dengan shared hosting. Dibanding shared hosting VPS memiliki banyak kelebihan antara lain sangat fleksibel kita dapat menginstall aplikasi atau software ke VPS sesuai dengan kebutuhan kita, kita sebagai pengguna juga memiliki Hak Akses Penuh (root) sehingga sangat seluasa dalam mengelola server yang kita gunakan.

Kelebihan VPS

  1. Dapat melakukan konfigurasi secara pribadi secara penuh sehingga dapat memodifkasi konfigurasi keamanan lebih ketat dibanding shared hosting.
  2. Memiliki akses ke root. Sehingga kita dapat memungkinkan melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan kita.
  3. Dapat menambah atau mengurangi kapasistas sesuai dengan keperluan

Kekurangan VPS

  1. Harus memiliki pengetahuan khusus dalam mengelola server dan sistem operasi linux sistem.
  2. Harga sewa yang lebih mahal dibandingkan shared hosting.

Dedicated Server

Dedicated Server adalah sebuah server yang memiliki sumber daya (resource) dan spesifikasi yang sangat besar dibandingkan dengan VPS. Dibandingkan dengan vps yang menggunakan Virtual Server, Dedicated Server sendiri menggunakan server fisik yang akan kita gunakan sendiri sehingga performanya akan jauh lebih baik dibandingkan VPS

Kelebihan Dedicated Server

  1. Akses penuh, Dedicated Server memberikan kebebasan penuh melakukan konfigurasi.
  2. Aman.
  3. Memiliki akses ke root. Sehingga kita dapat memungkinkan melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan kita.
  4. Tidak Terganggu aktifitas lain

Kekurangan Dedicated Server

  1. Harga mahal
  2. Harus memiliki pengetahuan khusus dalam mengelola server dan sistem operasi linux sistem.

Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah Sejenis layanan hosting yang menggunakan lebih dari 1 server tetapi menggunakan beberapa server untuk membagi beban agar seimbang beban yang ditanggung masing-masing server dan memaksimalkan jam kerja (up time) server. Cloud hosting menggunakan teknologi yang dapat menggabungkan beberapa server dan dapat berjalan seperti satu server secara utuh. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga performa tetap baik.

Kelebihan Cloud hosting

  1. Lebih bebas untuk menaikan dan menurunkan layanan
  2. Dapat menampung traffik yang sangat tinggi
  3. Performa Uptime yang sangat baik

Kekurangan Cloud hosting

  1. Masalah privasi, karena server tidak berada di satu tempat. Cloud provider dapat mengakses data tanpa sepengetahuan kita.
  2. Tidak memiliki akses penuh ke server.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang Pengertian hosting, cara kerja Hosting, manfaat hosting dan perbedaan jenis-jenis Hosting. Dapat disimpulkan bahwa agar kita dapat membuat website yang dapat diakses selama 24 jam nonstop dan dapat diakses dari seluruh dunia maka kita membutuhkan hosting dan juga nama Domain untuk meng-online-kan website kita.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *