Pengertian Proxy

  • 3 min read
  • Agu 27, 2020

Kanca IT mungkin pernah menggunakan Proxy atau VPN untuk mengakses website yang diblokir, Tapi Kanca IT tau ga sih? Pengertian Proxy, Cara Kerja Proxy Fungsi Proxy, Manfaat Proxy dan Jenis – jenis proxy. Simak penjelasan Proxy selangkapnya di IT Kampus

Pengertian Proxy

Apa itu Pengertian Proxy? Proxy adalah sebuah sistem yang bisa kita gunakan agar dapat mengakses sebuah jaringan internet menggunakan IP yang berbeda dari IP asli yang diterima oleh perangkat. Sistem ini dapat bekerja menggunakan proxy server. Proxy server bisa diartikan sebagai komputer atau perangkat yang dapat digunakan untuk menyediakan layanan proxy.

Proxy Server adalah suatu aplikasi komputer yang dapat berfungsi sebagai komputer yang lain, untuk melakukan permintaankonten ke server dari internet atau intranet. Oleh karena itu untuk dapat menggunakan layanan proxy kita tetap menggunakan jaringan internet atau intranet.IP Address digunakan untuk mengindetifikasi server yang dituju harus mengirimkan konten website.

Proxy server juga bertugas untuk menghubungkan dan mengendalikan kegiatan dari paket data yang dilewati. Proxy server bisa memonitor dan mengendalikan pada layanan FTP, web server, web browser setiap aplikasi client dan aplikasi server.

Cara Kerja Proxy

Setelah mengetahi pengertian proxy, Kanca IT perlu juga mengetahui alur atau cara kerja dari Proxy. Cara kerja proxy server yaitu komputer client yang sudah terhubung dengan proxy server dan me-request layanan ke server seperti koneksi, halaman web dan file. Proxy server yang dituju akan melakukan monitoring permintaan layanan tersebut sesuai dengan settingan yang terlah dibuat di proxy server.

Contohnya untuk proxy server dapat melakukan penyaringan trafik yang masuk berdasarkan IP Address. Apabila ada permintaan yang masuk dan divalidasi oleh rule proxy server, maka proxy server dapat menyiapkan apa yang diminta dengan cara menghubungkan ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut unuk client.

Layanan proxy server mempunyai banyak sekali fungsi dari router yang menggunakan fitur packet filtering, memiliki kontrol yang lebih luas dari akses jaringan yang masuk sebab memiliki sistem operasi yang lebih tinggi. Layer aplikasi adalah sistem yang diajakankan pada sistem proxy server dan juga berjalan pada level sirkuit.

Fungsi proxy

Fungsi layanan proxy di dalam jaringan komputer menjadi sangat penting dengan menggunakan layanan proxy, seperti server proxy dapat melakukakan blokir dan menfilter sebuah website atau ip tertentu. Proxy juga dapat berfungsi untuk menyembunyikan alamat IP Address Public yang kita gunakan. Selain itu juga dalam jaringan proxy berfungsi sebagai berikut.

  1. Connecting Sharing. Layanan proxy ini berguna untuk menghubungkan dan sebagai perantara dalam mengambil data dari alamat IP Address tertentu dengan menggunakan alamat IP server Proxy.
  2. Filtering berguna untuk memblokir alamat IP address atau website tertentu agar user tidak bisa mengakses web tersebut.filtering sendiri berjalan pada layer network sehingga proxy bisa berfungsi sebagai firewall berguna untuk melindungi jaringan lokal dari serangan cyber
  3. Caching pada layanan proxy server terdapat fungsi caching yang dapat menyimpan data dari website sehingga komputer user dapat mengakses halaman website lebih cepat yang sudah di cache. Proxy memiliki cara kerja dengan menyimpan asset-asset objek website yang telah dimnta oleh user dari server yang ada di internet, dengan cara ini maka akan melakukan penyimpanan asset yang merupakan permintaan dari client yang diperoleh dari internet.

Manfaat Proxy Server

Proxy server juga memilki banyak manfaat yang bisa kita gunakan dalam jaringan komputer seperti :

  1. Blokir website

Proxy dapat melakukaan blokir website-website tertentu yang kita masukan pada list rule yang kita mau. Seperti memblokir situs situs yang mengandung konten sara, pornografi dan kekerasan. Selain itu juga ada beberapa perusahaan menggunakan untuk memblokir website sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya.

  1. Keamanan jaringan komputer

Dengan memanfaatkan proxy server kita dapat membuat list rule agar meningkatkan keamanan jaringan komputer yang kita miliki seperti serangan cyber, serangan virus dan serangan malware.

  1. Menghemat Bandwith

Proxy server dapat berfungsi sebagai caching yang dapat menyimpan asset-asset dari website yang telah user kunjungi, dan ketika kita mengunjungi ulang tidak perlu mengambil semua konten dari server, cukup memanfaatkan cache yang ada di proxy server.

  1. Meningkatkan kinerja internet

Proxy server bisa meningkatkan kinerja internet dengan memanfaatkan dari cache yang ada di proxy server.

  1. Akses internet lebih cepat

Seperti poin nomer 4. Dengan meningkatnya kinerja internet maka koneksi internet juga menjadi lebih cepat.

Jenis-Jenis Proxy Server

Di proxy juga ada beberapa macam jenis-jenis proxy yang berbeda dari teknologi dan juga manfaatnya, berikut ini jenis jenis proxy :

  1. Transparant Proxy

Proxy transparan adalah jenis proxy yang tidak menyembunyikan alamat IP pengguna. Oleh sebab itu jenis proxy ini perlu kita hindari karena tidak merahasakan alamat IP yang kita gunakan. Bahkan penggunaan proxy transparan beresiko membuat alamat IP kita dapat di blokir oleh website-website tertentu

Perusahaan biasanya menggunakan transparan proxy untuk jaringan komputer mereka guna mengakses informasi lokal untuk menjaga informasi rahasia. Contohnya karyawan dapat mengakses informasi perusahaan di sekitar lokasi perusahaan saja.

  1. Proxy Anonim (Anonymous Proxy)

Proxy Anonim (Anonymous Proxy) adalah proxy yang dapat merahasiakan alamat IP Address yang kita gunakan dan hanya akan terlihat alamat IP proxy.

  1. High Anonymity Proxy

High Anonymity Proxy adalah versi lebih tinggi dari Proxy Anonim (Anonymous Proxy), proxy jenis ini sangat merahasiakan alamat IP Address yang kita gunakan. Ketika pengguna mengakses sebuah situs, maka alamat IP pengguna tidak akan terbaca oleh situs bersangkutan maupun internet, namun justru terbaca sebagai sebuah klien.

  1. Distorting Proxy

Distorting Proxy adalah Proxy jenis ini hampir sama seperti proxy anonim bedanya alamat IP Address asli bisa dilihat pada HTTP HEADER.

  1. Reverse Proxy

Reverse Proxy adalah proxy jenis ini berguna untuk menjaga informasi sensitif client yang terhubung ke server tujuan.

Demikian informasi mengenai pengertian proxy. Semoga bermanfaat

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *