Apa itu Command Prompt?

Command-Prompt-Apa-itu-dan-bagaimana-cara-menggunakannya

Apa itu Command Prompt? – Command prompt adalah aplikasi penerjemah Command Line yang tersedia secara default pada sistem operasi Windows. Command Prompt sendiri digunakan untuk menjalankan perintah/command yang dimasukan. Perintah-perintah tersebut bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan secara otomatis dengan membuatnya menjadi file batch.

Command prompt terkadang disebut Windows command proscessor, ada juga yang menyebutnya sebagai shell atau cmd prompt atau bahkan cmd saja. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai DOS Prompt aau MS-DOS. Command prompt memang sebuah program yang meng-Emulasi-kan dari baris-baris perintah yang sudah tersedia pada MS-DOS, tetapi command prompt bukanlah MS-DOS.

Cara mengakses Command Prompt

Ada beberapa cara untuk membuka command prompt, tetapi normalnya adalah melalui shortcut command prompt yang terletak pada menu start, tergantung dari versi windows yang kanca IT gunakan. Ada juga cara membuka command prompt melalui run. Kanca IT juga bisa membukannya langsung dari lokasi aslinya yaitu :

C:\Windows\system32\cmd.exe

  1. Akses Command Prompt dengan cara klik menu start, lalu ketikan “command prompt”.
    Command-Prompt-Apa-itu-dan-bagaimana-cara-menggunakannya
  2. Akses Command Prompt dengan cara klik menu start, lalu ketikan “cmd”.
    Command-Prompt-Apa-itu-dan-bagaimana-cara-menggunakannya
  3. Akses Command Prompt dengan cara tekan tombol windows + R pada keyboard, kemudian ketikan “cmd”.
    Command-Prompt-Apa-itu-dan-bagaimana-cara-menggunakannya

Cara menggunakan Command Prompt

Untuk mengunakan command prompt, kanca IT perlu memasukan perintah Command promptyang valid bersamaan dengan parameter opsional yang tersedia. Command prompt kemudian akan menjalankan perintah seperti yang kanca IT masukan dan melakukan tugas atau fungsi yang diperintahkan.

Misalnya, kanca IT menjalankan perintah command prompt berikut didalam sebuah folder yang terdapat file MP3.

del *.mp3

Perintah harus dimasukan ke command prompt dengan tepat, jika kanca IT ada salah ketik atau ejaan dapat menyebabkan gagal atau terjadi hal yang buruk.

Sebagai contoh, kanca IT menjalankan perintah dir maka akan menampilkan daftar file dan folder yang ada dilokasi tertentu di komputer. Namun jika kanca IT merubah menjadi peintah del, maka file pada folder tersebut akan terhapus. Penulisan perintah pada command prompt sangatlah kompleks, jika terdapat perbedaan satu sepasi saja pada penulisan perintah, maka fungsinya sudah berbeda.

Perintah pada Command Prompt

Disetiap versi windows, perintah-perintah pada command prompt memiliki ketersediaan yang berbeda-beda. kanca IT dapat melihat perintah command prompt yang kompatible dengan sistem operasi tertentu :

Daftar perintah tersebut tersedia sangat banyak, Akan tetapi tidak semuanya akan digunakan dengan sering oleh kanca IT. Berikut ini beberapa perintah command prompt yang lebih umum digunakan : chkdsk, copy, ftp, del, format, ping, attrib, net, dir, help dan shutdown.

Ketersediaan Command Prompt

Command Prompt sudah menjadi bawaan default dari sistem operasi berbasis Windows NT, yang mencakup Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10 serta Windows Server 2003, 2008 dan 2012 sampai yang terbaru.

Ada juga aplikasi Command yang lebih advance, yaitu PowerShell. PowerShell sudah ada dibeberapa windows terbaru. PowerShell memang dirancang agar bisa menggantikan Command Prompt dimasa yang akan datang, itulah kenapa PowerShell memiliki kemampuan yang lebih dari command prompt.

Penulis: Catur Hidayat

Jika kamu kalah PINTAR, Cobalah untuk menang RAJIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *