Pengertian Sistem Operasi

  • 4 min read
  • Agu 18, 2020
pengertian-sistem-operasi

Sistem operasi, pasti sudah tidak asing lagi mendengar istilah itu. Sekarang ini semua komputer, smartphone bahkan jam tangan juga sudah menggunakan sistem operasi. Tapi tahu ga sih,? pengertian sistem operasi, sejarah sistem operasi, fungsi sistem operasi dan juga tujuan dibuatnya sistem operasi. Cari tahu selengkapnya di ITKampus

Pengertian Sistem Operasi secara umum

Sistem operasi adalah sistem perangkat lunak yang mengatur sumberdaya (resources) dari perangkat keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software) untuk perangkat komputer yang berjalan di latar belakang (daemon).

Tanpa adanya sistem operasi di perangkat komputer pengguna tidak dapat menjalankan program pada komputer mereka.

Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli

Selain pengertian sistem operasi secara umum, IT kampus juga akan menjelaskan Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli.

Berikut ini pengertian sistem operasi menurut para ahli:

Sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang dapat melakukan tugas mengontrol dan mengatur perangkat keras sekaligus operasi dasar sistem lainnya dan juga bisa untuk menjalankan program aplikasi.

Sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri atas beberapa komponen perangkat lunak atau software yang memiliki fungsi untuk mengontrol seluruh aktivitas yang sudah dilakukan komputer.

Sistem operasi adalah program-program komputer yang mengatur sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak komputer kita

Sistem operasi adalah software pada tahap pertama yang dimasukan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan

Sistem operasi adalah sebuah sistem yang dibutuhkan agar dapat menjalankan semua palikasi program/software yang ada di komputer.

Sejarah Sistem Operasi

Perkembangan sistem operasi sangat pesat sekarang ini, menurut Tanenbaum sistem operasi dibagi menjadi kedalam 4 Generasi:

Generasi Pertama (1945-1955)

Generasi pertama adalah pada awalnya perkembangan sistem operasi dibuat menggunakan sistem komputasi mekanik dan digantikan menjadi sistem komputasi elektronik, karena untuk membantu manusia yang memiliki keterbatasan unuk menghitung secara cepat dan juga manusia sangat mudah membuat kecerobohan dan kesalahan. Tetapi pada generasi awal belum ada sitem operasi, sistem komputer akan diberikan intruksi langsung untuk dikerjakan.

Generasi Kedua (1955-1965)

Pada Generasi Kedua Sistem operasi dikembangkan sistem JOB yang dapat mengerjakan satu rangkaian dan akan dieksekusi secara berurutan sistem ini disebut juga Batch Processing System.

Pada generasi ini sudah memiliki fungsi FMS dan IBYS sebagai fungsi yang akan diterpkan pada sistem operasi

Generasi Ketiga (1965-1980)

Pada generasi ketiga sistem operasi sudah dikembangkan untuk dapat digunakan oleh banyak pengguna sekaligus (multi user) selain itu juga dapat digunakan pada melayani banyak program (multi programming). Dengan adanya sistem multi-user, pengguna dapat beriteraksi dan berkomunikasi menggunkaan terminal secara on-line ke komputer.

Generasi Keempat (Pasca 1980an)

Pada generasi keempat sistem operasi sudah banyak digunakan komputer dan membentuk jaringan komputer dimana komputer-komputer bisa saling terhubung satu dengan yang lain. Di generasi keempat ini juga diperkenalkan sebuah sistem antar-muka komputer atau bisa disebut Graphical User Interface. Komputer mancapai kinerja sangat baik karena pada masa ini komputasi-komputasi tidak lagi tersentral pada satu tempat, tetapi dibagi-bagi dibanyak komputer untuk meningkatkan kinerjanya.

Fungsi Sistem Operasi

  1. Mengatur Perangkat Keras
  2. Mampu Menjalakan perintah dasar komputer
  3. Mengatur dan mengorganisir bermacam-macam Aplikasi
  4. Menterjemahkan bahasa Program ke dalam antar muka (Graphic user interface/GUI)
  5. Mengoptimalkan perangkat komputer

Jenis Sistem Operasi Komputer

Ada beberapa jenis sistem operasi komputer yang cukup terkenal. Berikut ini beberapa jenis-jenis sistem operasi yang dijalankan di komputer:

  1. Sistem Operasi Stand Alone

Stand Alone dapat digunakan oleh single user maupun multi user, sistem operasi ini juga memliki fitur-fitur yang cukup lengkap dan dapat berdiri sendiri. Contoh sistem operasi stand alone adalah Microsoft windows, linux, dan Mac OS

  1. Sistem Operasi Live CD

Live CD hanya membutuhkan perangkat CD/DVD room tanpa perlu menginstal secara permanen di komputer untuk menjalankannya. Sistem operasi ini sangat ringan karena ukurannya yang cukup kecil. Tetapi sistem operasi live CD tidak memiliki banyak fitur dibandingkan sistem operasi stand alone. Inilah contoh sistem operasi live CD yaitu Knoppix, Centos, Linux Mint, Win XP live CD dan lainnya.

  1. Sistem Operasi Embedded

Sistem ini langsung ditanam di komputer dan tidak bisa berdiri sendiri, memiliki fungsi khusus dan spesefikasi khusus. Contoh dari Sistem Operasi Embedded adalah eCOS, LynxOS, JavaOS dan Embedded Linux.

  1. Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi jenis ini dibuat khusus untuk menangani keperluan jaringan komputer. Beberapa layanan yang dapat ditangani oleh sistem operasi jarngan adalah HTTP Service, DNS Service, Sharing Printer, Proxy Server, dan masih banyak lagi. Beberapa contoh sistem operasi jaringan adalah Red Hat, Centos Server, Cloud Linux dan lain sebagainya.

Macam-macam Sistem Operasi

Ada berbagai macam sistem operasi yang telah dibuat guna memaksimalkan kinerja komputer. Berikut ini bebapa contoh macam-macam sistem komputer:

  1. Unix

Unix adalah sistem operasi tertua dan pertama dibuat, sistem operasi baku yang dapat berjalan disemua jenis komputer termasuk komputer mini. Sistem operasi ini bisa berjalan sangat baik untuk keperluan jaringan baik sebagai server maupun client.

  1. Dos

Ms.Dos adalah cikal bakal dari sistem operasi windows yang sangat terkenal itu, nama DOS sendiri adalah singkatan dari Disk Operating System. Untuk menjalakan Ms.Dos kita memerlukan pengetahuan tentang perintah-perintah Command Prompt agar bisa menggunakan sistem operasi ini, agak susah memang.

  1. Windows

Windows adalah sistem operasi perbaikan dan pengembangan dari Ms.Dos, perbaikan yang paling jelas terlihat adalah dari segi kemudahan penggunaan. Karena sistem operasi windows sudah menggunakan sistem antarmuka GUI (grafic user interface), Microsoft windows juga paling banyak digunakan diseluruh dunia.

  1. Linux

Linux adalah sistem operasi yang dikembangkan dari sistem operasi Unix, dan sistem operasi Linux ini bersifat Open Source. Jadi siapapun dapat menggunakan dan mengembangkan sistem operasi linux secara gratis.

  1. Mac OS

Mac Os adalah sistem operasi yang hanya digunakan oleh perangkat Komputer keluaran Apple, tidak ada komputer lain yang boleh menggunakan sistem operasi ini. Sistem operasi Mac Os pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 dan sampai sekarang Apple masih menggunakan Mac OS untuk Laptop dan Komputer mereka.

Komponen Utama Sistem Operasi

Berikut ini adalah komponen utama yang ada di sistem operasi komputer

  1. Kernel adalah bagian utama perangkat lunak dari sistem operasi komuter. Kernel juga bertugas membuat komunikasi dan mediator dari perangkat keras dengan aplikasi
  2. File adalah data atau berkas yang dibentuk dan dijalankan oleh sistem operasi
  3. User Interface adalah sebuah tampilan grafis yang menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, yang nantinya komputer tersebit dapat digunakan

Tujuan Sistem Operasi

Secara umum tujuan dibuatnya sistem operasi adalah untuk mengontrol, mengeksekusi program-program aplikasi. Selain itu juga sistem operasi bertujuan untuk:

  1. Mengelola sumberdaya sistem komuter agar berjalan lebih efisien
  2. Membuat komputer menjadi mudah digunakan oleh pengguna
  3. Memungkinkan untuk dikembangkan agar lebih efektif dan efisien tanpa mengganggu layana yang telah ada.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *