Perbedaan Linux dan Windows

Perbedaan Linux dan Windows

Perbedaan Linux dan Windows – Kanca IT, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Linux dan Windows. Jika Kanca IT menggunakan perangkat komputer, tentunya sudah tidak asing lagi dengan dua kata itu bukan. Lalu apa perbedaan Linux dan Widnows? Jika Kanca IT ingin mengtahui perbedaannya, maka simak beberapa informasi berikut ini.

Apa itu Linux dan Windows?

Linux dan Windows merupakan sistem operasi yang biasanya dipasang untuk perangkat komputer agar dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Sistem informasi merupakan hal yang penting, karena komputer tidak dapat dioperasikan jika tidak ada sistem operasi yang terpasang. Dengan kata lain, sistem operasi menjadi perantara antara pengguna dengan komputer agar komputer dapat dimanfaatkan.

Linux dan Windows merupakan sistem operasi yang pada umumnya digunakan. Linux memiliki beberapa jenis varian walalupun dengan kernel yang sama. Disisi lain, Windows memiliki beberapa versi yang terus dikembangkan. Hingga saat ini, windows telah meluncurkan Windows 10 sebagai versi terbaru.

Memutuskan untuk menggunakan Linux atau Windows menjadi hal yang penting ketika Kanca IT membutuhkan penggunaan sistem operasi untuk suatu perangkat. Sebelum memutuskan penggunaan Linux atau Windows, Kanca IT sudah mengetahui penggunaan komputer atau PC baik untuk bekerja, gaming, atau penggunaan lainnya. Instalasi Linux ataupun Windows tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan PC.

Perbedaan Linux dan Windows

Sebagai sesama sistem operasi, tentunya Linux dan Window memiliki beberapa perbedaan. Agar Kanca IT lebih mudah untuk menentukan akan menggunakan Linux atau Windows, maka  berikut informasi tentang perbedaan Linux dan Windows.

  1. User Interface

Dari segi antar muka, Windows lebih diminati oleh pengguna sistem operasi. Interface yang ramah dan mudah dipahami, membuat sistem operasi Windows lebih banyak digunakan. Walaupun demikian, baik Windows maupun Linux terus dikembangkan untuk menciptakan user interface yang friendly. Hal itu juga dipengaruhi oleh kebiasaan pengguna. Jika user sudah terbiasa menggunakan windows, maka akan kurang familiar jika berailih ke sistem operasi Linux.

  1. Harga yang Ditawarkan

Windows menjadi sistem operasi berbayar, oleh karena itu banyak yang menggunakan operasi sistem ini dengan crack. Berbeda dengan Windows, Linux menjadi sistem operasi open source sehingga dapat digunakan secara gratis. Walaupun demikian, kebanyakan orang lebih familiar untuk menggunakan windows.

  1. Keamanan Sistem

Windows menjadi sistem operasi yang populer sehingga banyak virus yang dibuat untuk sistem operasi ini. Sedangkan Linux lebih aman karena tidak banyak yang mengembangkan virus untuk sistem operasi Linux. Selain itu, Linux juga lebih kebal pada sypware jika dibandingkan dengan Windows.

  1. Penggunaan Sistem Operasi

Windows biasanya digunakan pada PC yang terpasang di perkantoran. Selaini tu, Windows juga biasanya digunakan untuk kebutuhan penggunaan PC sehari-hari seperti untuk mengetik dokumen, membuat presentasi dan menjalankan aplikasi pendukung untuk bekerja atau belajar. Sedangkan Linux, biasanya digunakan untuk penggunaan yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi seprti administrasi LAN, komputer server, layanan SSH, dan lainnya.

  1. Pengembangan Kode

Jika dilihat dari pengembangan kodenya, Windows lebih tertutup karena dikembangkan oleh orang-orang tertentu saja. Sedangkan Linux, pengembangan dapat dilakukan oleh siapa saja karena memiliki sifat open source. Pengembangan yang melibatkan beberapa orang tentu akan lebih mudah. Hasil dari pengembangan Linux disebut dengan distro Linux.

  1. Ketersediaan Perangkat Lunak

Jika dilihat dari segi ketersediaan perangkat, tentunya aplikasi yang compatible dengan Windows lebih banyak dan beragam. Hal itu dikarenakan pengembang software lebih tertantang untuk menyediakan aplikasi untuk sistem operasi yang memilki banyak pengguna.

  1. Dukungan Hardware

Beberapa perangkat keras memerlukan driver yang dipasang pada sistem operasi agar hardware tersebut dapat dijalankan. Tentunya untuk windows, banyak driver yang sudah compatible. Untuk Linux, biasanya ada beberapa driver yang tidak dapat dipasang. Performa driver untuk sistem informasi Windows dapat lebih unggul jika dibandingkan dengan Linux.

  1. Partisi Sistem

Penggunaan partisi sistem pada Linux dan Windows tentu berbeda. Linux biasanya menggunakan ext2, ext3, NTFS, FAT32, xfs, jfs, reserfs, dan lainnya. Sedangkan Windows biasanya memakai partisi FAT, FAT32, NTFS, dan exFAT. Hal itu membuat adanya kemungkan adanya file sistem Linux yang tidak terbaca pada Windows. Namun, sistem operasi Linux masih ada kemungkinan untuk membaca file sistem yang dibuat Windows.

  1. HAKI

Linux adalah sistem operasi open source sehingga dapat digunakan secara gratis. Hal itu pula yang membuat siapa saja dapat menggunakan sistem operasi ini tanpa dibebankan biaya. Sedangkan Windows, setiap aplikasinya memungkinkan untuk adanya lisensi sehingga untuk mendapatkan pembaruan diperlukan pembiayaan tertentu.

Kanca IT, sekarang sudah mengetahui perbedaan Linux dan Windows. Menentukan sistem operasi dari perangkat menjadi salah satu cara untuk mempermudah pemanfaatannya. Semoga informasi tentang Linux dan Windows diatas bermanfaat.

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *