Penjelasan Penamaan Prosesor Intel

Penjelasan-penamaan-prosesor-intel!

Penamaan Prosesor Intel – Setiap penamaan suatu produk teknologi memiliki maksud dan tujuan. Intel, adalah perusahaan prosesor yang paling terkenal didunia. Raksasa semikonduktor ini sudah punya peran besar dalam mengubah dunia dan kehidupan kita berkat prosesor Desktop dan Laptop. Meski demikian, ada kelemahan pada CPU intel seperti GPU integrated yang lemah dll. Namun Intel terus memperbaiki GPU integrated miliknya. Pada CPU intel gen-11 nya intel membuat lompatan yang cukup besar pada GPU integratednya.

Selain kelemahan atau kekurangan pada kemampuan CPU nya, ada satu kekurangan yang cukup besar menurut saya, yaitu penamaan prosesornya yang membuat kebingungan disetiap tahunnya. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan sekema penamaan prosesor intel agar kanca IT tidak bingung, dan juga membantu kanca IT dalam memutuskan prosesor mana yang cocok untuk kanca IT gunakan sesuai keperluan.

Meskipun intel pemain besar dan memonopoli pasar selama bertahun-tahun, kini monopoli intel mulai berkurang berkat AMD yang masuk dengan serie barunya, yaitu CPU Ryzen.

Jenis Prosesor Intel

Jajaran prosesor intel dibagi menjadi enam segmen – Core i3, Core i5, Core i7, Core i9, Celeron dan penteium. Saya hanya akan membahas serie empat pertama dari daftar yang saya sebutkan, karna itu yang sangat umum dan sering kanca IT jumpai.

Core i3

Core i3 adalah opsi paling dasar untuk kanca IT. Prosesor ini ditargetkan untuk orang-orang yang tidak melakukan banyak multi tasking maupun bermain game. Prosesor ini cocok untuk kanca IT gunakan jika keperluannya hanya Browsing internet atau menggunakan Microsoft Office. Prosesor Core i3 Generasi terbaru sudah cukup untuk kebutuhan yang saya sebutkan.

Core i5

Core i5 pilihan yang pas untuk multi tasking dan bermain game sedang. Core i5 dibekali Core lebih banyak dari Core i3, itulah mengapa core i5 sedikit lebih mahal dari core i3.

Core i7

Prosesor Core i7 dirancang untuk pengguna yang membutuhkan tenaga extra. Yaitu untuk penggemar game maupun pembuat konten. Jika core i7 dipasangkan dengan GPU yang tepat, seharusnya core i7 bisa melakukan apapun yang kanca IT butuhkan. Termasuk menjalankan game AAA, Edit video 4k dan rendering 3D.

Core i9

Prosesor Core i9 dirancang lebih cepat dari core i7, yang membedakan i9 dengan i7 adalah kemampuan Hyperthreading yang lebih baik, yang mampu meningkatkan komputasi paralel. Core i9 pun dibekali jumlah core yang lebih tinggi, lebih banyak cache dan kecepatan clock yang tinggi.

Perlu dicatat bahwa intel mempunyai 2 varian untuk setiap jenisnya, varian prosesor untuk desktop dan mobile(laptop) mempunyai kinerja yang berbeda. Prosesor desktop i7/i9 akan lebih unggul dari i7/i9 untuk mobile. Hal tersebut dikarenakan prosesor untuk dekstop mempunyai solusi pendingin yang lebih baik dan efisien, misal : Liquid Cooling. Sebaliknya, i7/i9 untuk mobile, karena tidak ada ruang lebih di laptop untuk sistem pendinigin yang baik, maka tidak ada kinerja yang lebih. intel harus menurunkan kinerja pada prosesor mobile untuk menghasilkan panas yang sedikit.

Skema penamaan prosesor Intel

Dari Generasi ke-6 Sampai generasi ke-9

Sebelum Prosesor generasi ke-10 penamaan prosesor intel sangat berantakan. Saya akan menjelaskan dan memberikan contoh untuk memahami bagaimana intel menamai prosesor mereka.

Penjelasan-penamaan-prosesor-intel!

Jajaran Coffee Lake intel merupakan jajaran yang paling populer. Intel 8th gen Core i5 8250U dibuat untuk laptop dengan kriteria slim dan ringan. Disini, “8” pada “Core i5 8250U” adalah generasi prosesor dan diikuti oleh 3 digit angka lainnya “250”, dimana angka tersebut mewakili kinerja prosesor. SKU lain seperti 8265U dan 8350U akan memiliki kinerja yang lebih ketimbang 8250U. Setiap lini penamaan prosesor diakhiri dengan huruf, dimana pada contoh diatas adalah prosesor U. Intel seri U memiliki kecepatan clock yang lebih rendah, sehingga akan meningkatkan daya tahan baterai pada laptop secara keseluruhan. Seri U ini hanya digunakan pada prosesor varian mobile (laptop).

Ada banyak sufix lain yang digunakan di prosesor desktop dan laptop. berikut adalah daftar huruf diakhir prosesor Intel.

Arti akhiran prosesor intel – Apa artinya?

Penjelasan-penamaan-prosesor-intel!

Dimulai dengan jajaran prosesor H, HK dan HQ. Ini adalah jajaran prosesor dengan kinerja tinggi. HK merupakan singkatan dari High performance & Overclockable. Artinya prosesor ini mempunyai kinerja tinggi dan bisa di overclock. Ada juga prosesor yang menggunakan kata kuci campuran pada prosesor desktop, seperti KF, yang berarti “Overclockable with no discrete graphics“. Prosesor ini dapat di overclock akan tetapi tidak disertakan grafik card discret. Untuk lebih detail kanca IT bisa cek langsung di website intel.

Dari generasi ke-10 dan seterusnya

Intel mengubah skema penamaannya pada generasi 10. Penamaan prosesor intel menjadi sedikit aneh. bahakan membuat bingung para fanboy intel. Raksasa intel menambahkan huruf baru pada penamaan prosesor digenerasi barunya. Yaitu huruf baru “G” diikuti dengan angka dari 1-7 di prosesor “Ice lake” yang hadir dengan Intel Iris Graphics baru. Sebaliknya, Prosesor “Comet Lake” yang lebih baru menggunakan skema penamaan lama yang diakhiri dengan 1 huruf alfabet.

Penjelasan-penamaan-prosesor-intel!

Disini “G” adalah singkatan dari Graphics, dan kanca IT juga hanya akan menemukan varian ini pada Prosesor mobile. Angka setelah huruf “G” adalah indikator performa dari grafik yang ada di prosesor tersebut, misalkan G7 akan memiliki kinerja grafis yang lebih unggul dari G1. Anehnya penambahan huruf “G” hanya ada pada varian mobile, untuk varian desktop intel tetap menggunakan skema penamaan lama seperti generasi sebelumnya.

Mungkin kanca IT bertanya, “Bukankan penamaan seperti itu cukup mudah? bagian mana yang membingungkan intel fanboy?”. Baik, saya akan memberikan contoh. DI Prosesor Ice Lake untuk mobile, penamaan prosesor dengan nilai SKU lebih tinggi tidak berarti memiliki kinerja lebih tinggi.

Penjelasan-penamaan-prosesor-intel!

Mari kita ambil contoh dari beberapa prosesor Ice Lake.

i5-1035G7
i5-1030G7
i5-1065G7
i5-1060G7

Jika saya minta kanca IT untuk mengurutkan prosesor diatas berdasarkan kinerja yang tinggi ke yang rendah, mungkin kanca IT akan mengurutkan seperti ini :

i5-1065G7
i5-1060G7
i5-1035G7
i5-1030G7

Jika menggunakan skema lama, SKU dengan nilai yang tinggi berarti mempunyai kinerja yang tinggi. Pada jajaran prosesor Ice Lake ini tidak berlaku. Karena pada prosesor Ice lake, digit angka ke 4 adalah untuk menentukan seri huruf terakhir prosesor, Jika angka digit ke 4 adalah 5/8 makan prosesor seri U dan angka 0 untuk seri Y. jadi urutan yang benar adalah :

i5-1065G7
i5-1035G7
i5-1060G7
i5-1030G7

Menurut saya, skema seperti ini sangat membingungkan, terutama saat mau mambeli laptop, Jika salah mengambil keputusan saat membeli sebuah laptop, maka kinerja tidak sesuai yang kita harapkan dengan laptop yang sudah kita beli.

Dari sudut pandang antusias, intel perlu merubah skema penamaan prosesor mereka agar lebih mudah dipahami, baik untuk para antusias atau awam. Tapi pada intinya, penamaan seperti apapun tidak akan diperhatikan oleh semua orang. karna ada juga pengguna yang tidak memperdulikan angka-angka pada prosesor saat membeli sebuah laptop.

Dibandikan dengan intel, menurut saya penamaan prosesor AMD jauh lebih baik dari waktu ke waktum meskipun sama-sama membingungkan bagi awam. Untuk skema penamaan prosesor AMD saya akan membahas pada artikel terpisah.

Penulis: Catur Hidayat

Jika kamu kalah PINTAR, Cobalah untuk menang RAJIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *