Pengertian Flash Drive atau Flash Disk

Flash Drive atau Flash Disk

Pengertian Flash Drive atau Flash Disk – Flash Drive atau Flash Disk menjadi salah satu alat yang sering digunakan sebagai penyimpanan yang dapat dibawa kemanapun kanca IT pergi. Tentunya kanca IT sudah tidak asing lagi dengan perangkat satu ini. Jika Kanca IT ingin mengetahui lebih lanjut tentang Flash Drive atau Flash Disk, maka simak informasi berikut ini.

Pengertian Flash Drive atau Flash Disk

Walaupun perangkat satu ini sudah tidak asing lagi dengan kehidupan kita, namun sebagian besar orang belum mengatahui dengan pasti apa itu Flash Drive atau Flash Disk. Tentunya banyak sekali media penyimpanan yang dapat digunakan, namun Flash Drive atau Flash Disk ini banyak dipilih karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa kemanapun.

Flash Disk adalah alat penyimpanan data yang dihubungkan dengan prot USB. Flash Disk dapat digunakan untuk menyimpan data dengan berbagai format. Kapasitas penyimpanan dari Flash Disk juga lumayan besar. Kanca IT dapat memilih kapasitas penyimpanan yang tersedia sehingga dapat menentukan Flash Disk yang sesuai dengan kebutuhan.

Kapasitas penyimpanan Flash Disk terdiri dari 2 GB hingga 2 TB. Namun, saat ini mungkin akan.sulit untuk menemukan Flash Drive dengan kapasitas di bawah 8 GB. Dengan menggunakan Flash Drive tentu akan lebih mudah dibawa jika dibandingkan dengan membawa kepingan CD. Membawa hard disk eksternal juga lebih rentan dan memakan ruang.

Saat ini, banyak sekali brand yang mengeluarkan produk Flash Disk dengan berbagai model dan kapasitas yang beragam. Saat ini, produsen Flash Disk juga telah menyediakan fitur OTG sehingga Flash Disk dapat juga digunakan di ponsel. Dengan bentuk yang lebih kecil, tentunya OTG dapat menjadi pilihan penyimpanan yang tepat.

Di pasaran, Kanca IT dapat menemukan berbagai brand Flash Drive dengan kapasitas yang beragam. Kanca IT dapat mempertimbangkan merk yang digunakan sebagai bahan pertimbangan. Tentunya mendapatkan flash disk kualitas terbaik akan membuatnya lebih awet. Beberapa merk Flash Drive yang saat ini berada di pasaran diantaranya SanDisk, Toshiba, Kingston, Sony, HP, dan sebagainya.

Manfaat Flash Drive atau Flash Disk

Kanca IT pasti sudah tahu jika Flash Disk bermanfaat untuk menyimpan data dengan kapasitas tertentu. Dengan adanya Flash Disk tentu proses perpindahan data dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, Flash Drive juga dapat dimanfaatkan untuk menjalankan sistem operasi portabel.

Jika Kanca IT akan melakukan instalasi sistem operasi pada perangkat komputer, maka Flashdisk juga dapat dimanfaatkan. Jika biasanya proses instalasi menggunakan DVD, maka saat ini, Flash Drive dapat digunakan karena akan lebih simpel dan tidak ribet. Biasanya penggunaan Flash Drive juga dilakukan untuk perangkat laptop yang tidak memiliki CD Case.

Kelebihan dan Kekurangan Flash Drive atau Flash Disk

Kanca IT, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Flash Drive atau Flash Disk. Hal itu dapat digunakan sebagai pertimbangan sebelum menggunakan Flash Disk. Berikut bebrapa kelebihan dan kekurangan dari Flash Drive atau Flash Disk.

Kelebihan Flash Drive atau Flash Disk

  • Kapasitas penyimpanan yang dimiliki Flash Drive cukup besar
  • Memiliki ukuran yang kecil sehingga lebih mudah untuk disimpan dan dibawa kemanapun
  • Mudah digunakan tanpa ribet dan tidak membutuhkan instalasi drive
  • Flash Drive dapat bertahan hingga 10 tahun dengan penggunaan yang tepat seperti menghindari pencabutan flash drive secara paksa sehingga Kanca IT harus selalu menggunakan flash disk sesuai dengan aturan sebagai bentuk perawatan sepserti melakuan eject flash disk dengan aman
  • Harga Flash Drive cenderung bervariasi namun masih sangat terjangkau sehingga dapat digunakan oleh semua kalangan
  • Dalam penggunaannya, Flash Drive membutuhkan daya yang kecil

Kekurangan Flash Drive atau Flash Disk

  • Ukurannya yang kecil membuat Flash Drive rentan untuk hilang sehingga Kanca IT perlu berhati-hati dan teliti saat menyimpannya
  • Flash Disk mudah rusak jika terkena atau terendam air
  • Mudah terkena virus sehingga diperlukan perawatan atau scan dari virus secara berkala

Cara Agar Flash Drive atau Flash Disk Awet

Lama tidaknya suatu perangkat dapat dimanfaatkan akan bergantung kepada perawatan yang dilakukan. Saat ini, Kanca IT dapat meperhatikan beberapa hal berikut agar Flash Drive dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Pastikan Kanca IT menggunakan Flash Drive dengan benar dengan memasangkan pada port yang sesuai.
  • Melepaskan Flash Disk dengan benar dengan menggunakan fitur Safe to Remove Hardware, biasanya fitur ini sudah menjadi fitur bawaan dari Sistem Operasi yang digunakan.
  • Pastikan Kanca IT menyimpan Flash Disk di tempat yang tepat untuk menghindari benturan atau kerusakan.
  • Hindari Flash Drive dari air, terkadang untuk Flash Disk tertentu tidak dapat digunakan kembali ketika terkena air.

Kanca IT, saat ini tidak perlu ribet untuk menyimpan atau memindahkan data karena dengan Flash Drive proses perpindahan data dapat lebih efisien. Selain itu, flash drive dapat menjadi solusi untuk media penyimpanan yang dapat dibawa kemanapun Kanca IT pergi.

Baca Juga:

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *