Google Memperkenalkan “SoundSteam” : Neural Audio Codec

google-memperkenalkan-soundsteam-neural-audio-codec

Google Memperkenalkan “SoundSteam” : Neural Audio Codec – Beberapa hari yang lalu google memperkenalkan “SoundSteam”, Sebuah end-to-end Neural audio codec yang didasarkan pada neural engine. Codec ini mendukung AI, Sampai-sampai google mengklaim bahwa codec ini adalah codec audio bertenaga AI pertama di dunia yang bekerja secara real-time pada smartphone.

Apa itu Codec Audio?

Audio Codec pada dasarnya adalah tools yang meng-commpress file audio agar ukurannya menjadi kecil tetapi dengan kualitas yang dipertahankan. Audio Codec ini sangat penting dalam urusan streaming atau transmisi audio melalui apapun seperti streaming YouTube, Video Call dll. Selama beberapa tahun terakhir, Audio Codec telah berkembang dengan pesat.Audio dengan kualitas yang jernih dan tajam saat kanca IT melakukan Video Call atau Audio Call adalah salah satu imbas dari perkembangan Audio Codec.

Apa itu Google SoundSteam?

google-memperkenalkan-soundsteam-neural-audio-codec
Source: Google Blog

Pada awal tahun ini google merilis Lyra, Neural audio codec untuk audio dengan bitrate rendah. Untuk SoundSteam sendiri adalah Lyra yang dikembangkan lebih luas lagi oleh google. Yang berarti semua fitur yang ada di Lyra sudah ada di SooundSteam. Tujuannya adalah untuk menyediakan audio berkualitas tinggi dan memperluas dukungan banyak format audio. SoundSteam dibangun dalam Neural engine system yang terdiri dari encoder, decoder dan equalizer. Encoder mengubah audio menjadi sinyal yang di commpress menggunakan equalizer dan diubah kembali menjadi audio menggunakan decoder.

Kompresi Audio

Beberapa platform Video atau aplikasi video conference populer, seperti Google Meet dan Google Duo atau layanan streaming YouTube saat ini masih menggunakan audio codec Opus. Dengan datangnya SoundSteam google mengharapkan perubahan yang drastis pada transmisi audio online di platform dan layanan yang ada saat ini. Google sendiri mengklaim bahwa kualitas kompresi pada audio yang menggunakan SoundSteam sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan audio codec lainnya. Google telah memposting beberapa sample kompresi audio menggunakan SoundSteam yang di bandingkan dengan Lyra dan juga Opus, Kanca IT bisa mencobanya melalui situs ini. Setelah saya mencoba mendengarkan sample yang ada di web tersebut, menurut saya hasilnya sangat luar biasa. Dengan bitrate audio yang sama yaitu pada 3 kbps, kompresi dengan SoundSteam mempunyai kualitas audio yang tajam dibandingkan dengan Lyra. Bahkan kualitas 3kbps pada SoundSteam Lebih jernih dan tajam dari kompresi 6kbps Opus.

Kesimpulannya, SoundSteam bakal bersaing dengan audio codec saat ini, atau bahkan menjadi audio Codec terbaik dalam waktu dekat. Google sendiri akan merilis SounSteam sebagai versi upgrade dari Lyra. Yang pada akhirnya SoundSteam dan Lyra akan terintegrasi untuk membantu para pengembang agar menjadi lebih baik.

Penulis: Catur Hidayat

Jika kamu kalah PINTAR, Cobalah untuk menang RAJIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *