Review JogjaHost

review jogjahost

Review JogjaHost – JogjaHost adalah penyedia layanan hosting dan domain yang memiliki reputasi cukup baik di industri web hosting Indonesia. JogjaHost memiliki dua anak perusahaan yaitu ArdetaMedia dan Nusantara Host. Meskipun memiliki dua anak perusahaan, bagaimana review JogjaHost menurut pelanggan?

Simak kelebihan dan kekurangan dari layanan hosting dan domain yang disediakan oleh JogjaHost.

Review JogjaHost: Kelebihan Pelayanan JogjaHost

Sebagai salah satu penyedia hosting populer dan cukup lama, JogjaHost memiliki banyak pelanggan yang memberikan respon positif terkait kinerja dari server JogjaHost. Berikut ini kelebihan yang dimiliki oleh JogjaHost

tampilan website jogjahost
Tampilan Website Jogjahost

Layanan Support Pelanggan Selama 24/7

JogjaHost sebagai salah penyedia hosting dan domain terbesar di Indonesia memberikan bantuan kepada para pelanggannya selama 24/7. Beberapa pilihan layanan support yang diberikan JogjaHost adalah live chat, email/tiket, dan kunjungan ke kantor.

Layanan yang diberikan oleh JogjaHost melalui live chat hanya informasi berupa produk. Untuk pertanyaan teknis dapat melalui email atau tiket yang disediakan. Meskipun Kanca IT bertanya pada jam tidak produktif, layanan JogjaHost akan menanggapi dengan responsif.

Sumber Daya yang Besar pada Paket Termurah

Keunggulan kedua yang diberikan oleh JogjaHost adalah jumlah sumber daya yang diberikan tergolong besar meskipun pada paket paling murah yaitu paket Basic. Paket Basic menawarkan jumlah resources yang tidak terbatas seperti SSD Storage dan Bandwidth.

Jumlah CPU, RAM, Entry Process, dan Inode tergolong sama untuk semua jenis paket. Namun yang membedakan setiap paket adalah fitur premium. Pada paket Max, Kanca IT akan mendapatkan fitur premium Rapid SSL, prioritas support, dan unlimited website.

Untuk paket Basic dapat dibeli dengan harga Rp. 14.000 per bulan. JogjaHost juga menyediakan diskon sebesar 30% untuk pembelian dengan jangka sewa yang cukup panjang pada semua jenis paket.

Garansi 30 Hari Tanpa Syarat dan Mudah

Ketidakpuasan terhadap sebuah pelayanan memang hal yang wajar. JogjaHost sebagai penyedia jasa layanan hosting dan domain juga memberikan pelayanan terbaik dengan memberikan garansi 30 hari pertama jika tidak puas dengan JogjaHost.

JogjaHost bersedia untuk mengembalikan uang pelanggannya 100% tanpa syarat dan mudah. JogjaHost adalah salah satu dari beberapa penyedia layanan hosting yang berani untuk memberikan garansi uang kembali 100% dalam 30 hari jika tidak puas dengan JogjaHost.

Gratis Migrasi Hosting terdahulu menuju JogjaHost

Jika sebelum Kanca IT pernah menggunakan hosting atau domain di penyedia lain, JogjaHost menawarkan bantuan untuk migrasi hosting dan domain pada JogjaHost dengan gratis. Jadi Kanca IT tidak mengeluarkan biaya tambahan.

Selain itu, bantuan diberikan hingga website yang dimiliki Kanca IT dapat berjalan dengan aktif. Untuk ketentuan migrasi hosting dan domain, Kanca IT dapat melihatnya di situs JogjaHost secara lebih lengkap.

Halaman Tutorial Penggunaan yang Lengkap

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak pengguna domain dan hosting termasuk pemula. JogjaHost memberikan panduan atau tutorial yang lengkap bagi semua pelanggannya. Semua tutorial tersedia lengkap di situs JogjaHost.

Kanca IT sebagai seorang pemula tidak perlu kebingungan dengan apa yang harus dikerjakan. Semua informasi secara ringkas dan mudah dipahami telah tersedia di situs JogjaHost dan bisa diakses kapan saja.

Kekurangan JogjaHost dengan Uptime, Load Time, dan Respon Time yang Buruk

Meskipun JogjaHost adalah salah satu penyedia hosting dan domain yang populer di Indonesia, namun JogjaHost memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan dengan cermat. Terutama faktor yang berhubungan dengan performa JogjaHost seperti di bawah ini.

Rata-Rata Uptime per Bulan yang Buruk

Pertimbangan pertama yang perlu diperhatikan oleh Kanca IT adalah uptime yang dimiliki oleh server JogjaHost. JogjaHost memberikan garansi uptime sebesar 99%. Angka ini tergolong rendah dikarenakan rata-rata uptime penyedia lainnya adalah 99,90%

Dengan nilai uptime 99%, maka dalam satu bulan website yang Kanca IT miliki mengalami downtime selama 7 jam 18 menit 17 detik. Website yang tidak bisa diakses selama 7 jam berpotensi untuk kehilangan sebagian besar pendapatan.

Sejauh ini, JogjaHost memiliki nilai uptime yang tidak stabil dengan jumlah downtime terbanyak sebesar 127 kali dalam sebulan.

Load Time sangat Lambat dan Tidak Responsif

Nilai uptime server JogjaHost yang lambat ternyata didukung oleh Load Time server yang tidak responsif. Nilai waktu respon server yang dimiliki oleh JogjaHost adalah lebih dari 1 detik yaitu 1,15 detik.

Nilai waktu respon yang ideal adalah di bawah satu detik. Nilai respon yang lambat tentu akan mempengaruhi performa website Kanca IT yang menggunakan server JogjaHost.

Harga Murah namun Sewa Langganan minimal 3 Tahun

JogjaHost memberikan layanan yang cukup murah untuk paket Basic. Namun layanan ini dapat dirasakan jika Kanca IT menggunakannya dalam 3 tahun. Tentu saja ini tidak memberikan kesempatan kepada Kanca IT untuk menguji coba server JogjaHost.

Jika Kanca IT berencana untuk menggunakannya dalam kurun waktu 1 bulan, maka biaya yang dikeluarkan cukup mahal yaitu Rp. 31.500 per bulan. Sehingga harga yang ditawarkan tentu saja berbeda dengan paket bulanan.

Keterbatasan Dalam Backup

Salah satu keterbatasan yang dimiliki oleh JogjaHost adalah tidak adanya backup harian. JogjaHost hanya melakukan backup secara mingguan. Tentu saja ini berdampak data yang dimiliki oleh Website Kanca IT.

Tidak adanya backup harian berpotensi untuk menghilangkan data yang dimiliki sehingga Kanca IT menjadi lebih rugi. Untuk mengakses data backup tersebut, Kanca IT harus meminta kepada Technical Support JogjaHost melalui tiket.

Itulah beberapa review JogjaHost yang dilakukan oleh pelanggannya. Secara keseluruhan performa yang diberikan JogjaHost kepada pelanggannya cukup buruk dikarenakan memiliki nilai uptime dan load time di bawah nilai ideal.

Baca Juga:

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *