Review Ardetamedia

  • 3 min read
  • Nov 19, 2020

Ardetamedia adalah satu penyedia layanan hosting dan domain yang memang tidak sepopuler Niagahoster dan lainnya. Namun Ardetamedia mampu bersaing untuk menjadi penyedia domain terdepan. Berikut ini review Ardetamedia dari beberapa pelanggan yang menggunakan layanannya.

tampilan website ardetamedia
Tampilan Website Ardetamedia

Review Ardetamedia: Kelebihan Ardetamedia dibandingkan Layanan Hosting Lainnya

Ardetamedia adalah layanan penyedia hosting dan domain yang berada di dalam satu perusahaan yang sama dengan Jogja Host. Beberapa layanan yang diberikan oleh Ardetamedia seperti shared hosting, cloud hosting, VPS hosting, e-learning CBT hosting, hingga dedicated hosting.

Dengan banyaknya layanan yang diberikan oleh Ardetamedia, tentu saja akan menarik pengguna yang lebih banyak. Namun, apakah ada kelebihan lain yang ditawarkan Ardetamedia selain variasi layanan? Berikut ini kelebihan Ardetamedia dibandingkan layanan hosting dan domain lainnya.

Bantuan Pelanggan yang Sangat Baik

Tidak bisa dipungkiri jika bantuan terhadap pertanyaan dan keluhan pelanggan adalah prioritas. Ardetamedia memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan yang membutuhkan bantuan mengenai hosting dan domain yang digunakan.

Kelebihan lainnya dari pelayanan support yang diberikan Ardetamedia adalah bantuan terhadap pertanyaan teknis. Beberapa penyedia layanan hosting hanya mengarahkan pada artikel/tulisan mengenai cara penyelesaiannya.

Ardetamedia membantu pelanggan yang mengalami masalah dalam hal teknis dengan baik. Mulai dari respon yang sangat cepat, pelayanan yang ramah, dan tata cara yang mudah diikuti tanpa harus mengarahkan pelanggan menuju artikel yang dibuat.

Ardetamedia juga memberikan pelayanan 24/7 bagi Kanca IT yang mengalami kesulitan. Namun untuk layanan billing dan marketing hanya tersedia pada jam kerja saja.

Respon yang Baik untuk Traffic di bawah 15 Virtual User

Salah satu indikator penyedia layanan hosting dan domain yang berkualitas adalah hasil pengujian Load Impact Test yang stabil. Berdasarkan pengujian yang dilakukan untuk 15 virtual user, respon server Ardetamedia cenderung stabil dan tidak mengalami penurunan.

Keunggulan lainnya adalah tidak adanya eror atau pemanggilan yang gagal pada server. Menjadikan Ardetamedia sebagai salah satu penyedia layanan hosting dan domain yang wajib untuk digunakan.

Selain itu, maksimal waktu respon dari server Ardetamedia berada di bawah 250 ms. Hal ini menunjukkan bahwa Ardetamedia memiliki respon server yang cukup cepat dibandingkan dengan layanan lain.

Memiliki Paket Murah dengan Layanan yang Komplit

Beberapa penyedia layanan hosting dan domain memberikan penawaran paket termurah dengan banyak keterbatasan. Ardetamedia memberikan paket paling murah dengan layanan yang cenderung tidak terbatas.

Pada paket paling murah yaitu paket Hello, Kanca IT bisa mendapatkan beberapa hal.

  • Gratis host 1 situs
  • Gratis 1 domain
  • Contol panel cPanel
  • Disk Space tidak terbatas
  • Bandwidth tidak terbatas
  • Akun email tidak terbatas
  • Free SSL
  • 1 CPU GHz
  • 500 ribu Inode dan 512 Memory

Garansi 30 Hari Tanpa Syarat untuk Pengembalian Dana

Kelebihan lainnya yang ditawarkan Ardetamedia adalah adanya pengembalian dana 100% dalam 30 hari pertama. Pengembalian dana 100% tidak membutuhkan banyak syarat dan pertanyaan tentang alasan permintaan pengembalian dana.

Gratis Domain dan Hosting sekaligus Migrasi pada Paket Tertentu

Jika Kanca IT pernah menggunakan hosting lainnya dan berencana untuk memindahkan hosting tersebut kepada Ardetamedia, maka biaya yang dikeluarkan adalah nol. Biaya pemindahan domain kepada Ardetamedia tergolong gratis.

Pemindahan maksimal dilakukan dalam kurun waktu kurang dari 72 jam. Setelah pemindahan dilakukan, situs Kanca IT akan aktif pada server Ardetamedia. Selain itu, bagi Kanca IT yang ingin mendapatkan layanan ekstensi .COM secara gratis, dapat menggunakan Ardetamedia.

Pada layanan hosting paket Enterprise, Ardetamedia memberikan domain gratis dengan ekstensi .COM selama satu tahun penuh.

Kekurangan Layanan Hosting Ardetamedia

Meskipun Ardetamedia berhasil lolos 2 faktor penentu layanan hosting yang baik, namun Ardetamedia gagal memenuhi 2 faktor lainnya yaitu uptime yang buruk dan Load Time yang lambat.

Uptime yang di bawah 99,90%

Salah satu kategori penting layanan web hosting adalah uptime. Nilai uptime yang baik adalah di atas 99,90% secara rata-rata dalam satu bulan. Ardetamedia memiliki rata-rata uptime dalam beberapa bulan terakhir sangat tidak stabil.

Nilai uptime terendah dari Ardetamedia adalah 98,84% yang jauh di bawah 99,90%. Selain itu, durasi downtime Ardetamedia adalah 6 jam dengan jumlah downtime sebanyak 13 kali. Namun uptime yang diberikan sesuai dengan janji Ardetamedia yaitu 99% dan bukan 99,90%.

Load Time yang Mencapai 1210 ms

Faktor penting kedua adalah Load Time. Ardetamedia memiliki Load Time yang cukup besar yaitu di atas 1 detik. Rata-rata Load Time yang dimiliki oleh Ardetamedia adalah 1210 ms. Nilai Load Time yang baik berada di bawah 1 detik.

Jika Load Time di atas 1 detik, maka situs yang digunakan berjalan dengan lambat dalam merespon pengguna. Hal ini berdampak buruk pada pengalaman pengguna yang menggunakan situs Kanca IT.

Keterbatasan dalam Backup

Ardetamedia memberikan layanan backup data website dan database Kanca IT secara full dan gratis. Namun backup ini hanya memiliki kapasitas maksimal 10 GB. Selain itu, akses terhadap account backups pada cPanel juga di disable oleh Administrator.

Sehingga Anda perlu mengirimkan email untuk meminta berkas backup yang dilakukan oleh Ardetamedia. Backup yang dilakukan Ardetamedia hanya sekali dalam seminggu sehingga menimbulkan kerentanan hilangnya data pada website Kanca IT.

Banyaknya review Ardetamedia di atas dapat menjadi pertimbangan untuk menggunakan Ardetamedia. Meskipun waktu respon dan kekuatan mengurus traffic cukup baik, namun Load Time yang lambat bisa menjadi pertimbangan penting sebelum menggunakan Ardetamedia.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *