Perbedaan Headphone, Headset, Earphone dan Handsfree

Perbedaan Headphone, Headset, Earphone dan Handsfree

Perbedaan Headphone, Headset, Earphone dan Handsfree – Headphone, Headset, Earphone dan Handsfree merupakan benda yang sering Kanca IT gunakan. Namun, apakah Kanca IT tahu bahwa ketika alat tersebut berbeda lho. Jadi apa perbedaan antara Headphone, Headset, Earphone dan Handsfree? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Headphone, headset, earphone dan handsfree jika dillihat dari fugsinya tentu memiliki kesamaan yaitu sebagai alat bantu dengar yang dipasang di telinga agar audio dapat di dengar dengan lebih jelas. Keempat perangkat tersebut memiliki fungsi output, namun tentunya terdapat beberapa perbedaan.

Perbedaan Headphone, Headset, Earphone dan Handsfree

Kanca IT terkadang masih salah menyebutkan antara headphone, headset, earphone dan handsfree. Karena fungsinya yang serupa, tentu membuat banyak orang salah dalam penyebutannya.

Headphone

Headphone adalah aksesori yang dimanfaatkan sebagai alat dengar sederhana yang hanya dapat digunakan untuk mendengar saja, tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi. Biasanya headphone digunakan untuk mendengarkan musik saja. Saat ini, Kanca IT dapat menemukan headphone dengan berbagai model yang bervariatif. Headphone juga dibuat dengan warna-warna yang menarik. Bentuk headphone pada umumnya seperti bando dengan dua penutup telinga yang berfungsi untuk memusatkan audio.

Headphone memiliki kabel yang berfungsi untuk menghubungkannya dengan gadget. Jika Kanca IT menginginkan yang lebih simpel, maka Kanca IT dapat memilih model headset yang tanpa kabel atau wireless. Headphone tanpa kabel biasanya menggunaan bluetooth untuk dapat terhubung ke perangkat. Pada umumnya terdapat dua tipe dari headphone yaitu:

  • On Ear Headphone

Headphone jenis ini biasanya lebih diminati karena ukurannya lebih kecil walaupun tidak terlalu nyaman dipakai.

  • Over Ear Headphone

Ukuran over ear hedphone yang besar dapat menutup telinga denagan sempurna sehingga lebih nyaman dipakai, namun Kanca IT memerlukan space lebih untuk membawa headphone tipe ini.

Headset

Headset adalah headphone yang memiliki microphone sehingga dapat digunakan untuk berkomunikasi. Biasanya headset lebih sering digunakan pada laptop atau PC. Ciri khas dari headset adalah memilki 2 jack audio, jack yang pertama berfungsi sebagai speaker atau output, sedangkan jack yang kedua berfungsi sebagai mikrofon atau input.  Headset cocok digunakan untuk berkomunikasi melalui skype, zoom, google meet, atau aplikasi video conference lainnya.

Bentuk dan model dari headset juga sangat bervariasi. Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini juga sudah banyak ditemukan headset tanpa kabel atau menggunakan bluetooth dan USB untuk mengintegrasikannya. Harga untuk headset juga bervariasi, tergantung pada kualitas yang dimiliki.

Handsfree

Handsfree merupakan earphone yang memiliki fungsi mikrofon sehingga dapat digunakan untuk bertukar informasi. Saat ini terdapat banyak pilihan handsfree yang dapat Kanca IT gunakan. Dari handsfree dengan kabel hingga tanpa kabel. Selain itu, dalam memiilh handsfree tentu dapat disesuaikan dengan kenyamanan, apalagi jika Kanca IT senang mendengarkan menggunakan handsfree dalam waktu yang lama.

Earphone

Setiap pengguna smartphone tentu tidak asing dengan akesoris ini. Walaupun fungsinya tidak terlalu berbeda dengan headphone, namun earphone memiliki bentuk yang lebih kecil dan mudah untuk dibawa kemana saja. Seperti headphone, earphone juga tidak memiliki fungsi input atau mikrofon.

Walaupun mudah digunakan dan dibawa kemanapun, Kanca IT tetap harus berhati-hati saat menggunakan perangkat ini. Penggunaan yang terlalu lama dapat mengakibatkan sedikit rasa sakit pada permukaan lubang telinga. Hal itu dapat dipengaruhi oleh desain Earphone, sehingga memilih bentuk yang sesuai dan nyaman digunakan menjadi prioritas. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna, secara umum terdapat dua tipe earphone yaitu:

  • Earphone In-Ear

In-ear menjadi salah satu jenis earphone yang populer karena model ini lebih nyaman digunakan. Earphone in-ear juga memiliki output dengan kualitas yang jernih. Ukuran dari perangkat in-ear biasanya juga lebih kecil. Dengan model yang variatif, tentu kamu dapat memilih jenis yang kamu sukai.

Sesuai dengan namanya, model ini dapat digunakan dengan masuk ke telinga. Tentunya, ini akan menimbulkan sedikit kekhawatiran dapat membahayakan telinga. Hal itu dapat diatasi dengan mengatur volume agar tidak terlalu keras.

  • Earphone Earbud

Earbud dapat dikatakan sebagai model yang lebih singkat jika dibandingkan dengan in-ear. Model ini tidak memiliki kabel sehingga Kanca IT tidak perlu khawatir kabel kusut. Model ini lebih praktis karena lebih mudah dibawa kemanapun, namu resikonya adalah lebih mudah hilang jika kamu tidak hati-hati saat menyimpannya.

Jika kamu menggunakan earphone sambil berolahraga, tipe ini kurang cocok jika tidak dapat mencengkeram telinga sebaik in-ear. Namun saat ini, kamu dapat memilih berbagai model yang telah disediakan. Saat ini Kanca IT tidak perlu khawatir kareana berbagai tipe tersedia untuk jenis ini. Kanca IT dapat memilih model yang nyaman digunakan.

Kanca IT, sakarang sudah tidak salah sebut lagi ya karena headphone, headset, earphone dan handsfree adalah hal yang berbeda. Jadi, mana yang Kanca IT punya dan sering gunakan? Kini tidak boleh salah sebut lagi ya.

Baca Juga:

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *