Perbedaan Internet dan Intranet

  • 3 min read
  • Agu 14, 2020
perbedaan-internet-dan-intranet

Internet dan intranet merupakan dua istilah yang sangat mirip namun makna dari dua kata itu berbeda. Masih banyak orang yang keliru memaknai kedua istilah ini. Walaupun internet dan intranet memiliki persamaan, namun jika dilihat dari maknanya akan sangat berbeda. Nah, agar Kanca IT tidak salah mengartikan dua kata ini, maka artikel ini akan membahas tentang pengertian internet dan intranet secara singkat dari berbagai aspek.

Apa Itu Internet?

Agar Kanca IT dapat memahami dengan baik terkait internet dan intranet, maka hal pertama yang perlu diketahui adalah dari segi pengertiannya. Secara umum, internet merupakan jaringan yang menghubungkan antar komputer dengan standar sistem global Transmission Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol Suite (IP). Sistem tersebut berperan sebagai protokol untuk melakukan pertukaran data sehingga setiap orang dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi tanpa mengenal jarak. Pemanfaatan internet juga sangat luas dan tanpa batas, hal itulah yang membuat timbulnya kesadaran untuk adanya jaringan yang bersifat lebih privasi. Agar Kanca IT lebih paham mengenai internet, silahkan baca postingan IT Kampus tentang pengertian internet.

Apa Itu Intranet?

Intranet merupakan jaringan pribadi yang memanfaatkan internet untuk berinteraksi dan bertukar informasi dalam jaringan lokal. Intranet biasanya digunakan pada perusahaan, universitas, dan kantor dengan jangkauan jarak tertentu. Intranet termasuk dalam Local Area Network (LAN) yang mencakup wilayah kecil saja. Jadi bisa dikatakan bahwa intranet merupakan bagian dari internet, walaupun tidak berlaku sebaliknya.

Perbedaan Internet dan Intranet

Jika dilihat dari pengertiannya, internet dan intranet tentu memiliki perbedaan terutama dari segi jangkauan. Penggunaan intranet juga biasanya memiliki tujuan tertentu terkait dengan keamanan data, efektifitas, dan alasan lain yang menjadi kebijakan suatu kelompok atau organisasi. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan internet dan intranet dari berbagai aspek.

Jenis Jaringan

Jenis jaringan yang digunakan internet bersifat umum dalam artian internet bukan menjadi milik satu kelompk atau ogranisasi tertentu sehingga membuat siapa saja dapat mengaksesnya. Sedangkan intranet bersifat privat yang kepemilikannya berada atas satu organisasi atau kelompok tertentu.

Aksesibilitas

Dilihat dari segi aksesibilitasnya, internet tentu memiliki akses yang tak terbatas. Setiap orang dimanapun berada dapat mengaksesnya kapan saja. Sedangkan intranet biasanya akan dibatasi untuk anggota organisasi atau kelompok tertentu. Biasanya untuk mengakses intranet juga memerlukan password.

Informasi yang Diberikan

Sebagai jaringan global yang tak terbatas, informasi yang diberikan internet tentu tak terbatas pula. Kontributor informasi di internet pun sangat banyak dari seluruh penjuru dunia. Sedangkan untuk intranet, informasi yang diberikan sebatas antar anggota organisasi atau komunitas saja.

Penggunaan Jaringan

Intranet terdiri dari satu Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), atau Local Area Network. Sedangkan untuk internet terdiri dari beberapa MAN, WAN, dan LAN yang dapat terhubung secara global. Penggunaan jaringan internet tentu lebih luas jika dibandingkan dengan intranet.

Koneksi

Jika dilihat dari segi koneksinya, internet lebih lambat jika dibandingkan dengan intranet. Penggunaan intranet yang sebatas dalam lingkungan atau wilayah tertentu membuat koneksisnya lebih cepat.

Keamanan

Dari segi keamanan, internet tentu lebih rawan dari segala tindak kejahatan di dunia maya (Cybercrime). Hal ini dikarenakan internet memiliki aksesibiltias yang sangat tinggi sehingga lebih rentan terhadap kebocoran pada proses transfer informasi kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. Sedangkan intranet akan lebih aman karena memang didesain untuk digunakan oleh sekelompok orang tertentu saja.

Jumlah Pengguna

Jumlah pengguna internet tentu tak terbatas (unlimited). Seluruh orang di dunia ini dapat menggunakan internet dengan bebas sehingga jumlahnya pun menjadi tak terhingga. Hal itu tentu berbeda dengan intranet dimana penggunanya dibatasi (limited) hanya anggota suatu organisasi atau kelompok saja.

Lalu Lintas Pengunjung

Dari segi lalu lintas pengunjung, sudah pasti internet memiliki jumlah yang lebih banyak karena tidak ada batasan pengguna dan jaringan tersedia secara global. Sedangkan untuk intranet, pengunjung hanya sebatas anggota kelompok suatu organisasi saja yang memiliki hak akses.

Konten

Internet memiliki segala bentuk konten tanpa adanya batasan baik file, dokumen, gambar, video maupun audio. Sumber konten juga dapat siapa saja tanpa adanya batasan. Sedangkan intranet dapat diatur untuk membatasi pertukaran konten yang terjadi didalamnya temasuk kontributor konten dalam jaringan. Konten intranet lebih spesifik yang mengarah pada kepentingan organisasi, perusahan atupun kelompok tertentu.

Penyimpanan Data

Data pada internet tersimpan pada server hosting yang memiliki sifat umum atau share global. Sedangkan pada intranet, data akan disimpan pada sever milik pribadi, organisasi atau kelompok yang tidak bersifat share global. Hal itu tentu dikaitkan dengan keamanan dalam akses data ataupun informasi.

Kanca IT, itulah perbedaan dari internet dan intranet. Setelah ini Kanca IT tidak boleh salah sebut atau salah dalam mengartikannya lagi ya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk lebih memahami internet dan intranet.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *