Pengertian Artificial Intelligence

Pengertian Artificial Intelligence

Pengertian Artificial Intelligence – Kanca IT, saat ini Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) menjadi salah satu teknologi yang sedang populer. Banyak orang memperbincangkan istliah satu ini. Beberapa bidang juga sudah memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence atau yang lebih populer dengan sebutan AI. Lalu apakah Artificial Intelligence itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Artificial Intelligence

Saat ini, Artificial Intelligence sudah banyak diterapkan untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan Artificial Intelligence telah merambah pada media untuk komunikasi, belanja, menemukan lokasi, dan berbagai kebutuhan lainnya. Artificial Intelligence atau biasa disebut dengan kecerdasan buatan adalah suatu sistem komputer yang dapat melakukan tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia.

Artificial Intelligence dirancang untuk dapat membuat keputusan berdasarkan analisis yang dilakukan berdasarkan data yang tersedia. Proses yang terjadi pada Artificial Intelligence mencakup learning, reasoning, dan self correction. Berdasarkan dengan kecerdasan manusia, tentunya Artificial Intelligence dirancang untuk dapat melakukan analisa sesuai dengan yang dilakukan oleh manusia pada umumnya.

Jenis Artificial Intelligence

Artificial Intelligence dapat dikategorikan menjadi 4 jenis yang dikelompokan oleh salah seorang asistem professor biologi integrative dan ilmu komputer dan Teknik, Aren Hindtze. Berikut empat jenis Artificial Intelligence.

  1. Mesin Reaktif

Jenis ini diterapkan pada Deep Blue, program Catur IBM. Deep Blue memiliki kemapuan identifikasi pada bagian papan catur dan membuat suatu prediksi. Sistem ini tidak memiliki ingatan dan tidak dapat memanfaatkan pengalaman sebelumnya untuk menentukan langkah selanjutnya.

  1. Memori Terbatas

Sistem ini menggunakan pengalaman yang diperoleh sebelumnya untuk memberikan informasi dan mempengaruhi keputusan yang diambil di masa mendatang. Pengamatan yang dilakukan tidak tersimpan secara permanen.

  1. Teori Pikiran

Sistem ini mengarah pada istiliah psikologi yang memiliki pemahaman tentang kemampuan orang lain dalam memberikan keyakinan, niat, dan mempengaruhi keputusan yang akan dibuat.

  1. Kesadaran Diri

AI pada kategori ini memiliki kesadaran untuk memahami keadaan diri sendiri dan menggunakan informasi yang di peroleh untuk membuat suatu kesimpulan.

Manfaat Artificial Intelligence

Artificial Intelligence terus dikembangkan untuk menciptakan teknologi mutakhir. Tentunya, Artificial Intelligence akan sangat membantu dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut beberapa manfaat dari Artificial Intelligence.

  • Artificial Intelligence melakukan automatisasi dalam pembelajaran yang berbeda dengan automatisasi robotic. Selain itu, Artificial Intelligence juga dapat melakukan penemuan berulang melalui data yang disajikan. Artificial Intelligence dapat melakukan tugas yang sering, memiliki volume tinggi, terkomputerisasi tanpa lelah.
  • Artificial Intelligence melakukan adaptasi melalui algoritma pembelajaran secara progresif agar data dapat melakukan pemrograman. AI dapat mengajarkan produk yang direkomendasikan secara online dengan model adaptasi ketika tersedia data yang baru.
  • Artificial Intelligence dapat meningkatkan kecerdasan pada produk yang ada. Beberapa fitur yang telah menggunakan Artificial Intelligence diantaranya adalah automasi, bot, platform percakapan, dan mesin pintar yang dikombinasikan dengan data berjumlah besar. Tentunya pemanfaatan ini bertujuan untuk meningkatkan teknologi baik dari segi keamanan hingga anlisis untuk investasi.
  • AI dirancang untuk dapat melakukan analisis data dalam jumlah yang lebih banyak dan mendalam. Proses ini dilakukan dengan jaringan neural. Untuk melatih model, tentunya dapat dilakukan dengan menggunakan banyak data. Semakin banyak data yang digunakan untuk berlatih, maka model yang dibentuk dapat menjadi lebih akurat.

Contoh Penerapan Artificial Intelligence

Agar Kanca IT dapat lebih memahami tentang Artificial Intelligence, maka berikut beberapa contoh dari penggunaan AI.

  1. Chatbox untuk Bisnis Online

Pada chatbox untuk bisnis online, Artificial Intelligence diterapkan dalam kemampuan untuk memahami, menganalisa, dan merespon pertanyaan konsumen. Dengan Neural Language Processing, respon yang diberikan dapat sesuai dikarenakan sistem akan terus belajar dari percakapan sebelumnya. Artificial Intelligence mampu memberikan jawaban untuk beberapa pertanyaan dan mengarahkan untuk menerima pesanan, memberikan jadwal, menjawab pertanyaan tagihan, dan sebagainya.

  1. Prediksi Mesin Pencari Google

Ketika kamu mengetik di kolom search, Google akan memberikan rekomendasi berdasarkan kata yang diketikkan. Untuk memperoleh hasil, Artificial Intelligence dilibatkan berdasarkan analisis yang telah dilakukan. Analisis diperoleh berdasarkan beberapa informasi seperti lokasi, usia, dan informasi detail lainnya.

  1. Pengenal Wajah pada Facebook

Pengenal wajah pada Facebook juga telah menerapkan Artificial Intelligence. Teknologi yang digunakan adalah DeepFace untuk mengenali wajah yang ada di foto. Dengan teknologi ini, pengguna tidak perlu menandai orang di dalam foto secara manual. Artificial Intelligence akan memberikan rekomendasi pengguna yang terdapat pada foto yang akan diposting.

  1. Filter Gmail

Organisir email pada Gmail juga menggunakan Artificial Intelligence untuk menganalisa email dan mengelompokannya dalam beberapa kategori seperti social, primary, promotions, spam, forums dan updates. Dengan teknologi ini, pengguna dapat menemukan email penting dengan lebih cepat. Filter berbasis Artificial Intelligence ini juga dapat mencegah lebih dari 90% email spam masuk ke inbox.

Pengambangan Artificial Intelligence masih terus dilakukan untuk menciptakan sebuah sistem yang berkualitas. Tentunya dengan AI, akan membantu lebih banyak aspek dalam kehidupan. Jika Kanca IT memiliki ketertarikan di bidang IT, tidak ada salahnya untuk belajar lebih dalam tentang Artificial Intelligence.

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *