Perbedaan SEO dan Google Ads

  • 4 min read
  • Sep 17, 2020
perbedaan seo dan google ads

Sejak Google menerapkan sistem Page Ranks dalam mengurutkan peringkat di mesin penelusuran. Para webmaster berlomba supaya bisa menduduki posisi peringkat pertama, halaman pertama. Untuk meraihnya, salah satu satu caranya adalah dengan menggunakan iklan Google, dan Optimasi SEO. Sayangnya, ternyata tidak sedikit yang belum paham perbedaan SEO dan Google Ads.

Dalam praktik penggunaannya, SEO maupun Google Ads sebenarnya memiliki sebuah kolaborasi yang bisa mendatangkan trafik tinggi. Sedangkan perbedaan paling mencolok dari keduanya adalah Google Ads merupakan layanan berbayar, sementara SEO layanan optimasi keyword secara organik. Tidak mengherankan, kalau opsi optimasi dengan search engine optimization banyak diminati.

SEO (Search Engine Optimization) dan Pola Kerjanya

SEO merupakan rangkaian proses yang dikerjakan secara sistematis oleh ahli seo atau web master. Tujuannya adalah meningkatkan traffic, serta kualitas konten di suatu website sehingga bisa menempati posisi terbaik, yakni peringkat pertama di Page One mesin penelusuran Google, dan sejenisnya.

Apa Tujuan SEO?

Secara umum, SEO bertujuan menempatkan suatu situs website supaya berada di posisi paling atas, maupun halaman pertama hasil mesin penelusuran dengan fokus pada kata kunci atau keyword tertentu yang sudah di riset sebelumnya. Secara logis, apabila web ada di posisi teratas, maka potensi untuk mendapatkan pengunjung akan meningkat.

Untuk para pelaku bisnis, pengunjung bisa dikonversi menjadi calon konsumen. Supaya tepat mengenai sasaran, tentunya saat melakukan analisis keyword Kanca IT harus menentukan kata kunci yang bagus, sehingga isi kontennya juga berkualitas. Seperti diketahui, seiring dengan tingginya pemanfaatan internet sebagai media bisnis, kebutuhan akan SEO juga semakin meningkat.

Kelebihan SEO

  1. Promosi Gratis 24 Jam. Dengan teknik SEO, maka Kanca IT seolah mempunyai mesin promosi gratis yang bisa bekerja secara non stop. Sehingga situs tetap tayang pada halaman mesin penelusuran Google.
  2. Income Meningkat. Jumlah per klik atau kunjungan web tidak terbatas akan membuat Kanca IT mendapatkan hasil profit tidak terbatas. Selain itu, hasil ROI juga lebih tinggi kalau dibandingkan Google Ads.
  3. Hanya Perlu Sekali Bayar. Supaya hasil SEO bagus, maka Kanca IT membutuhkan bantuan dari pakar seo. Khususnya untuk menentukan keyword yang benar-benar ampuh dan clickbait. Tapi anggaran yang dibutuhkan masih terbilang murah, dan terjangkau oleh semua kalangan. Terutama para pengusaha UKM atau kelas kecil lainnya.

Kekurangan SEO

  1. Membutuhkan Waktu Cukup Lama. Perlu diingat, kalau SEO tidak bisa memberikan hasil instan. Ada proses dan tahapan yang harus dilalui hingga optimasi menunjukkan hasil, dan website tampil di laman pertama secara konsisten. Hasil progres SEO tentu tidak akan nampak hanya dalam hitungan jam saja, Kanca IT mungkin perlu waktu berbulan-bulan sampai mendapatkan hasil maksimal.
  2. Membutuhkan Perhatian Khusus. Dalam proses mengoptimalkan SEO, Kanca IT harus memberikan perhatian khusus dalam merawat situs blog atau website. Misalnya saja, dengan update konten artikel berkualitas setiap hari, kemudian share ke berbagai platform sosial media supaya lebih dikenal, membangun link, dan lain sebagainya.
  3. Umur Website Tidak Boleh Kurang dari 3 Bulan. Penggunaan SEO hanya disarankan untuk situs website/ blog yang berusia lebih dari 3 bulan. Jadi, kalau website Kanca IT masih baru, sebaiknya tunggu dulu masa transisi tersebut.

Google Ads merupakan suatu strategi marketing periklanan terbaru yang menggunakan Google mesin pencarian sebagai media iklan. Google Ads juga dikenal dengan sebutan SEM, atau Search Engine Marketing, yakni pemasaran yang berbasis mesin penelusuran.

Jenis-jenis Google Ads

  1. Sistem Pay Per Click / PPC. Pihak pengiklan membayar iklan dengan berdasarkan pada jumlah klik yang didapatkan. Jadi, kalau tidak ada yang klik iklan Kanca IT, maka tidak akan diminta untuk membayar biaya iklan tayang.
  2. Sistem Pay Per Million Impressions / CPM. Bayaran ditentukan berdasarkan jumlah dari per seribu impression (tayangan iklan).

Kelebihan Google Ads

  1. Iklan Langsung Tayang Pada Posisi Atas. Kanca IT tidak perlu bersusah payah berusaha dan menunggu waktu lama untuk menaikkan peringkat website supaya tampil di halaman pertama Google. Website akan langsung tayang menggunakan kata kunci yang Kanca IT inginkan hanya dalam beberapa saja.
  2. Hemat Waktu. Menggunakan layanan Google Ads sudah pasti bisa menghemat waktu, sehingga pekerjaan jadi jauh lebih ringan. Selain itu, hasilnya juga terjamin. Jadi, Kanca IT tidak harus membuang waktu, tenaga, dan pikiran untuk meningkatkan traffic.
  3. Target Tercapai. Google Ads memberikan jaminan tercapainya target pengunjung situs blog atau website. Dengan catatan, Kanca IT terus berlangganan layanan ini.

Kekurangan Google Ads

  1. Membutuhkan Anggaran Besar. Semua kemudahan dan hasil instan yang ditawarkan Google Ads sangat sebanding dengan harganya. Pekerjaan Kanca IT memang akan lebih mudah, tapi anggaran yang dibutuhkan juga lumayan mahal. Tidak heran, kalau mayoritas klien Google Ads berasal dari kalangan atas.
  2. Iklan Tidak Bersifat Permanen. Perlu diketahui, bahwa iklan Kanca IT hanya akan ditayangkan jika terus berlangganan. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk yang memiliki budget pas-pasan.
  3. Pengelolaan Iklan Harus Tepat. Uang akan terus mengalir selama menggunakan layanan Google Ads. Karenanya, pastikan riset keyword yang dilakukan benar-benar tepat sehingga uang tidak habis percuma.

Tips Kolaborasi SEO dan Google Ads

Perbedaan SEO dan Google Ads memang cukup signifikan. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun Kanca IT bisa mengatasinya dengan cara menggabungkan 2 teknik digital marketing tersebut di atas. Berikut adalah langkah-langkah panduannya :

  1. Di bulan pertama membangun bisnis, Kanca IT bisa support dengan Google Ads untuk mempromosikan dan membangun brand.
  2. Selain menggunakan Google Ads, Kanca IT juga bisa menerapkan teknik SEO pada saat bersamaan. Setelah kelihatan hasilnya, maka bisa mengurangi iklan Google, dan bahkan menghentikan sepenuhnya.
  3. Beberapa bulan kemudian, bisnis Kanca IT bisa berdiri sendiri hanya dengan mengandalkan teknik SEO.

Efektivitas Penggunaan SEO dan Google Ads Berdasarkan Jenis Usaha

Setelah mengetahui apa perbedaan SEO dan Google Ads serta pola kerja keduanya. Sekarang Kanca IT juga harus tahu, kalau ternyata tidak semua bisnis cocok menggunakan teknik SEO, atau Ads. Supaya lebih gampang mengenali kebutuhan teknik yang sesuai dengan bisnis Kanca IT, maka referensi contoh di bawah ini bisa dijadikan sebagai panduan:

Search Engine Optimization / SEOGoogle Ads / Iklan Google
Semua jenis usaha yang menawarkan produk jasa, namun tidak menonjolkan nama brand.

 

Contoh : Jasa Pembuatan Case HP Custom

 

Explanation : Pembaca hanya membutuhkan case hp custom saja, dan mayoritas tidak peduli pada perusahaan pembuatnya. Karena kualitas yang ditawarkan dianggap sama saja.

Produk fashion skala besar (bukan dropshiper)

 

Fotografer

 

Produk barang branded / original

 

Semua jenis UKM

 

Umumnya, meliputi semua jenis bisnis

Dengan mengetahui secara detail mengenai perbedaan SEO dan Google Ads, maka Kanca IT bisa lebih mudah menentukan mana jenis teknik yang paling sesuai dengan website dan bisnis. Apalagi, peningkatan trafik organik dengan SEO, atau melalui iklan berbayar Google Ads membutuhkan biaya tidak sedikit. Oleh sebab itu, Kanca IT harus bijaksana dalam mengambil keputusan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *