Installer Windows 11 Palsu

Installer-Windows-11-Palsu

Installer Windows 11 Palsu? – Akhir-akhir ini sedang beredar berita mengenai installer windows 11 palsu, dimana Installer Windows 11 palsu ini adalah windows 11 yang sudah di bundling dengan malware. Jika kanca IT ingin berencana menginstal windows 11 saat sudah rilis nanti, saya sarankan kanca IT mengunduhnya dari situs resmi. Microsoft sebenarnya belum resmi merilis windows 11, tetapi windows 11 sudah bisa diunduh dengan status beta atau preview, dengan catatan kanca IT terdaftar sebagai Windows insider program. Parahnya ada beberapa oknum yang sengaja menyelipkan malware pada windows 11, dan disebarkan oleh para oknum tersebut. Yang membuat miris, windows 11 yang masih berstatus beta saja sudah ada oknum yang menyisipkan malware, bagaimana nanti jika sudah resmi?

Seperti yang dilansir pada blog resmi kaspersky, Dalam Installer windows 11 palsu ini terdapat file bernama 86307_Windows 11 build 21996.1 x64 + activator.exe. File tesebut berukuran 1,75GB, bagi orang awam, file tersebut mungkin dianggap sebagai bagian dari windows 11 dengan build number 21996.1. File tersebut pun sudah termasuk aplikasi untuk aktifasi, dimana jika kanca IT menginstall windowss 11 menggunakan installer palsu ini, windows akan langsug terkatifasi (crack). Windwos 11 yang sudah disisipkan malware tersebut tidak begitu terlihat perbedaannya, untuk mengetahui perbedaannya kanca IT harus membaca baik-baik pada saat proses pengistallan, karna pada saat proses penginstalan kanca IT akan melihat pada jendela agreement akan ada keterangan bahwa proses penginstallan windows 11 akan sudah di bundle dengan 86307_Windows 11 build 21996.1 x64 + activator.exe.

Installer-Windows-11-Palsu
https://www.kaspersky.com/blog/fake-windows-11-installers/40718/

Malware yang di bundle dengan windows 11 bisa berupa apa saja mulai dari adware hingga virus trojan. Adware biasanya tidak terlalu berbahaya. Malware ini hanya dimaksudkan untuk memasukan iklan ke PC/laptop kanca IT. Virus akan menjadi masalah lebih, dan bisa sulit dihilangkan jika terinveksi.

Solusi?

Karna file ISO dari windows 11 palsu ini sudah beredar, bagaimana untuk mengatasinya?. Sebenarnya sangat mudah, dan diawal artikel saya juga sudah menyinggungnya. Bagi kanca IT yang ingin menginstall windows 11 jika sudah resmi rilis nantinya, kanca IT bisa mengunduh file ISO-nya langsung di situs resmi Microsoft. Atau bisa juga jika PC/laptop kanca IT sudah menggunakan windows 10, cukup mengupgradenya langsung melalui setting, masuk ke Setting lalu klik Update & Security. Jika PC/laptop kanca IT mendukung minimum spek dari windows 10, maka dimenu tersebut akan muncul opsi untuk upgrade ke windows 11. Saya secara pribadi, sangat tidak menyarankan kanca IT untuk menginstall windows 11 dari sumber yang tidak terpercaya.

Sebagai catatan tambahan, Saat windows 11 resmi rilis, kanca IT tidak perlu buru-buru upgrade ke windows 11 hanya karna khawatir windows 10 tidak akan disupport lagi, pasalnya Microsoft masih akan mensupport windows 10 sampai akhir 2025.

Penulis: Catur Hidayat

Jika kamu kalah PINTAR, Cobalah untuk menang RAJIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *