Apa Perbedaan Windows 11 dan Windows 365?

apa-perbedaan-windows-11-dan-windows-365

Perbedaan Windows 11 dan Windows 365 – Beberapa bulan terakhir ini sedang ramai berita mengenai kemunculan Windows 11. Raksasa teknologi Microsoft telah mengumumkan windows 11, Tidak lama kemudian microsoft meluncurkan produk windows berbasis cloud dengan sistem langganan, yaitu Windows 365.

Kehadiran windows 11 mengejutkan sebagian besar orang, pasalnya windows 10 seharusnya menjadi versi final windows. Namun Windows 11 hadir dengan menawarkan kinerja yang optimal selama PC/laptop kanca IT masih memenuhi persyaratan minimum. Karena kebanyakan PC dan Laptop lama tidak support untuk Windows 11, alih-alih Microsoft membuat rencana agar pengguna dengan perangkat keras lama tidak merasa ketinggalan.

apa-perbedaan-windows-11-dan-windows-365

Apa itu Windows 11?

Windows 11 adalah sebuah ide besar dari Microsoft. Kanca IT mungkin tau bahwa lebih dari 6 tahun UI Windows 10 selalu sama, Microsoft tidak melakukan perubahan yang berarti. Windows 11 hadir dengan visual yang baru, Microsoft merombak total design language di Windows 11 mulai dari taskbar, start menu dan komponen sistem. Tak hanya tampilan saja yang baru, Peningkatan dari kinerja di Windows 11 pun ditingkatkan. Microsoft juga menghadirkan fitur-fitur baru seperti Snap Layout, Widgets dll. Namun, ada satu fitur baru di Windows 11 yang menjadi sorotan saat pengumumannya, Yaitu Windows 11 dapat menjalankan aplikasi android secara native.

Masih banyak fitur-fitur dan perlu di explore lebih dalam lagi untuk tau fitur apa saja yang dihadirkan windows 11. Singkatnya, Windows 11 adalah sistem operasi yang kaya akan fitur yang dapat kanca IT install di PC atau Laptop kanca IT jika memenuhi syarat minimun.

Windows 365?

Berita mengenaik PC Cloud Microsoft sudah beredar di internet beberapa bulan terakhir ini. Awal minggu ini, tepatnya tanggal 2 Agustus Microsoft resmi membuka layanan PC Cloudnya. Microsoft menamai layanan tersebut sebagai Windows 365 Cloud PC. PC Cloud dapat kanca IT akses dari Perangkat apapun. Windows 365 berjalan di Microsoft Azure Virtual Desktop.

apa-perbedaan-windows-11-dan-windows-365

Perbedaan utama dari Windows 11 dan Windows 365 adalah, Kanca IT tidak bisa menginstal langsung di perangkat kanca IT. Tetapi kanca IT bisa menggunakannya dari perangkat apapun. Karna Windows 365 berjalan di cloud, bukan di Lokal komputer.

Pada dasarnya, Windows 365 sama dengan windows seperti pada umumnya, kanca IT bisa menginstall aplikasi atau menyimpan data. Yang perlu diketahui adalah layanan ini adalah berbasis langganan. Artinya, kanca IT harus membayar ke Microsoft setiap bulannya untuk menggunakannya.

Windows 11 vs Windows 365 : Pilih mana?

Untuk menentukan harus memilih yang mana antara Windows 11 dan Windows 354 adalah berdasarkan preferensi dan kemampuan dari perangkan keras yang kanca IT gunakan. Jika kanca IT membutuhkan PC untuk pekerjaan dasar sehari-hari, bisa digunakan dimana saja dan menggunakan perangkat apa saja, maka Windows 365 lebih cocok. Apalagi jika perangkat keras kanca IT tidak kompatibel dengan persyaratan minimum windows 11, maka Windows 365 menjadi opsi yang patut untuk dipertimbangkan.

Jika perangkat keras yang kanca IT gunakan mendukun persyaratan minimum windows 11 dan kanca IT membutuhkan file-file pekerjaan tetap bisa digunakan tanpa harus terhubung ke internet, maka windows 11 menjadi opsi yang cocok.

Selain itu, Jika perangkat keras kanca IT tidak mendukung persyaratan minimum Windows 11 tetapi kanca IT enggan untuk berlanggana Windows 365, Kanca IT dapat memilih untuk tetap menggunakan Windows 10. Meski begitu, keputusan akhir tergantung pada jenis perangkat keras yang kanca IT gunakan dan kebutuhan kanca IT.

Pertanyaan umum tentang Windows 365

Bisakan saya menginstall aplikasi di Windows 365?

Tentu saja bisa, Windows 365 adalah sistem operasi lengkap dan utuh yang berada di cloud. Jadi apapun yang bisa dilakukan di Windows 10 atau 11 bisa dilakukan di Windows 354.

Apakah saya memerlukan PC/Laptop untuk menggunakan Windows 365?

Tidak. Windows 365 adalah cloud PC yang dapat diakses dari perangkat keras apapun yang menjalankan sistem operasi apapun seperti Tablet dan Handphone baik android maupun iOS.

Apakah saya dapat mengelola BIOS di Windows 365?

Tidak bisa. Karena Windows 365 bekerja seperti Virtual machine di CLoud. Jadi kanca IT tidak dapat mengakses pengaturan BIOS/UEDI.

Penulis: Catur Hidayat

Jika kamu kalah PINTAR, Cobalah untuk menang RAJIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *