Apa itu Windows 365?

Apa-itu-Windows-365?

Apa itu Windows 365? – Baru-baru ini microsoft memperkenalkan Windows 365, Sebuah layanan baru yang memungkinkan perusahaan memangkas pembelanjaan untuk upgrade perangkat keras mereka, dengan menyediakan PC virtual berbasis Cloud. Saat ini Windows 365 hanya tersedia untuk bisnis, layanan ini akan mulai tersedia mulai 2 agustus 2021. Layanan ini menggunakan sistem langganan bulanan per-user/pengguna. Microsoft sendiri belum merinci detail langganan bulanan sampai peluncurannya bulan depan, tetapi windows 365 sendiri dirancang untuk bisnis satu orang sampai perusahaan ribuan karyawan.

Apa-itu-Windows-365?

Nantinya Windows 365 akan tersedia dalam 2 edisi, yaitu : Business dan Enterprise. Keduanya ditenagai oleh Azure Virtual Desktop yang dapat di konfigurasi sebagai PC individual dengan CPU single core, RAM 2GB dan Media penyimpanan SSD 64GB untuk kelas basic. Pengguna bisa meng-custom spesifikasi sesuai keinginan & kebutuhan nantinya.

Apa-itu-Windows-365?

Windows 365 sangatlah cocok untuk bisnis yang ingin mengurangi kompleksitas pekerjaan jarak jauh, karena dengan adalanya windows 365 ini pengguna bisa mengakses PC virtual mereka dari mana saja selagi bisa terhubung dengan internet, Windows 365 ini bisa diakses melalui browser baik menggunakan handphone, tablet, laptop/PC (tidak harus windows). Microsoft sendiri sudah mempunyai team atau divisi yang mengerjakan proyek ini selama bertahun-tahun. Microsoft awalnya sedang mengerjakan proyek berupa streaming video game dari cloud. Nama proyek ini adalah “Acradia”, sebenernya proyek ini sudah ada sejak microsoft mendemonstrasikan game dengan judul “Halo” pada windows phone tahun 2013 silam. Pengerjaan virtualisasi ini akhirnya mengarah ke windows 365 dan fokus membuatnya agar ramah lingkungan. Dibawah ini adalah perkatan dari Direktur proyek Windows 365.

Apa-itu-Windows-365?

“When we built this team, we brought in a couple of leaders who had experience with virtualization, but for the most part we brought in people who had experience with Windows and experience with consumer experiences because that was the bar we wanted to set,” says Scott Manchester, director of program management for Windows 365.

Dikarenakan adanya pandemi ini, Microsoft mempercepat proyek Windows 365. Microsoft juga terus meningkatkan Microsoft Teams selama satu tahun terakhir ini, dan menetapkan Visi untuk masa depan Meeting atau video conference, Kerja jarak jauh dan banyak lagi. Windows 365 sendiri memiliki potensi mengubah cara komputasi dalam dunia bisnis. Windows 365 juga merupakan langkah penting menuju masa depan dimana kanca IT tidak perlu menggunakan PC windows untuk menggunakan windows.

Penulis: Catur Hidayat

Jika kamu kalah PINTAR, Cobalah untuk menang RAJIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *