Review  

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition: Aktivitas Editing Foto dan Video Lebih Mantap Dengan Adanya NVidia Geforce MX 550

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition – Pada umumnya laptop biasanya dirancang untuk memperlancar atau mendukung proses kegiatan baik belajar maupun bekerja dengan menggunakan komputasi sehari-hari yang praktis dibawa kemana saja. Namun, Acer telah mengupgrade laptopnya untuk seri Aspire 5 Slim dilengkapi dengan kartu grafis NVidia GeForce MX550 yang tidak hanya digunakan secara mainstream untuk bekerja dan belajar saja namun juga dapat diunggulkan dalam mengerjakan desain, editing foto dan video maupun aktivitas multimedia lainnya. Para kreator saat melakukan editing foto maupun video makin produktif berkat dukungan fitur CUDA pada GeForce MX550.

Prosesor yang terbenam pada Acer Aspire 5 Slim ini adalah Intel® Core™ Generasi ke-12 i7-1255U yang mengusung 12 core dan 16 thread dengan RAM 8GB yang dapat diupgrade sesuai kebutuhan. Harga yang ditawarkan cukup kompetitif dan hadir dengan body tipis yang cukup ringkas sehingga mendukung untuk penggunanya yang bermobilitas tinggi.

Masih penasaran kehebatan lainnya Acer Aspire 5 Slim yang kami coba ini, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain dan Layar

Bagi Anda yang bekerja dengan mobilitas tinggi dan tidak menetap lama pastinya membutuhkan perangkat laptop yang ringkas serta mudah dibawa. Jika laptop tersebut berukuran besar dan berat, pastinya akan sangat merepotkan dan membuat Anda malas beranjak dari tempat. Acer Aspire 5 Slim menawarkan kemudahan untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Dengan bobot 1,4 kg dan ketebalannya yang tak sampai 17mm membuatnya mudah dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke mana pun Anda perlukan. Dari berat dan ketebalan untuk seri ini lebih tipis dan lebih ringan dari seri sebelumnya. Laptop berbahan dasar sasis aluminium pada covernya dengan dibalut warna silver pada seluruh bodynya termasuk keyboardnya, sudah mengusung desain slim bezel atau narrow bezel yang kekinian dan dapat memangkas dimensi secara keseluruhan.

Baca Juga: Acer Aspire 5 Slim, Laptop Colorful Penunjang Aktivitas Pekerjaan

Aspire 5 Slim ini sudah berlayar IPS dengan ukuran 14 inci dan sudah beresolusi full HD (1920 x 1080 piksel). Layarnya sudah didukung color garmut 60% sRGB dengan dukungan teknologi Acer Color Intelligence dan Acer ComfyView akan memberikan tampilan warna yang cerah, alami dan mendekati aslinya sehingga akan tetap nyaman digunakan bekerja sehari-hari dalam waktu yang lama.

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition - 1

Laptop ini juga memiliki sistem pendingin yang bisa diandalkan melalui desain air inlet keyboard, ukuran kipas yang lebih besar dan elevated hinge design sehingga performanya tetap optimal, efektif, dan efisien. Bahkan, Anda bisa mengatur mode performa sistem pendingin melalui fitur multiple cooling modes.

Performa

Kinerja yang ditawarkan oleh laptop Aspire 5 Slim ini memadai untuk mengerjakan berbagai tugas dan editing foto maupun video karena sudah ditenagai prosesor Intel® Core™ i7-1255 U 12 core dan 16 thread.  Kinerjanya juga didukung dengan RAM 8 GB DDR4 yang bisa ditingkatkan hingga 24 GB dan penyimpanan berjenis SSD NVMe dengan kinerja cepat yang memiliki kapasitas bawaan sebesar 512 GB.

Pilihan kartu grafis NVidia GeForce MX550 ini memang cocok menemani aktivitas para editor dan casual gamer. Kartu grafis NVidia GeForce MX550 ini berbasis chip TU117 yang mengandalkan 1024 shader core berteknologi arsitektur Turing dengan kecepatan 1065MHz dengan Turbo 1320MHz yang dipadukan dengan 32 TMUs, dan 16 ROPs. NVidia GeForce MX550 memberikan kemampuan editing foto dan video, serta gaming lebih cepat jika dibandingkan dengan integrated graphics terbaru. Kinerjanya lebih lancar dengan teknologi NVIDIA Optimus yang menawarkan performa sempurna dari kombinasi baterai tahan lama dan performa yang optimal.

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition - 4

Sektor media penyimpanan, Acer Aspire 5 Slim Creator Edition ini dibekali media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) PCIe 3.0 x4 M.2 NVMe dengan kapasitas 512GB yang cukup lega untuk menampung data pengguna. Solusi SSD menawarkan transfer rate yang cepat dan konsumsi daya yang efisien guna mendongkrak performa secara keseluruhan.

Baca Juga: Review Acer Swift 5 Aerospace (SF514-56T), Desain Mewah, Performa Wah

Konektivitas dan Fitur Lain

Konektivitas pada Acer Aspire 5 Slim ini didukung oleh Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.1. Selain itu juga tersedia port pada sisi samping kiri dan kanan laptop. Port yang tersedia di sisi kanan laptop mencakup port USB 2.0, port Kensington, port audio untuk headphone atau mikrofon dan lampu indikasi daya dan baterai. Sementara sisi kanan mencakup port USB 3.2 2 port, HDMI, USB tipe-C, ethernet dan port adapter.

Teknologi Thunderbolt 4 yang digunakan di dalam laptop ini menghadirkan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi dengan bandwidth 40 Gbps mampu memindahkan data antara penyimpanan internal dan eksternal dengan lebih cepat.  Teknologi WiFi 6E yang memiliki kemampuan  3 kali lebih cepat dan dengan tingkat data puncak 40% lebih tinggi dibandingkan WiFi 802.22ac 2×2 standar.

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition 3

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition 2

Teknologi Acer TNR Solution mampu menangkap gambar yang lebih baik dari webcam. Teknologi ini mendeteksi dan mendiagnosis noise dan menyatukannya dengan frame lain untuk menghasilkan gambar berkualitas lebih baik, bahkan dalam kondisi cahaya rendah. Untuk mendukung aktivitas work from home atau work from anywhere, kualitas suara juga menjadi sesuatu yang bisa diandalkan dari Acer Aspire 5 Slim, utamanya ketika melakukan conference call. Teknologi Acer PurifedVoice™ generasi terbaru dengan AI Noise Reduction dapat secara aktif mengurangi kebisingan di latar belakang dan kompatibel dengan headphone serta mikrofon eksternal.

Tak hanya itu, laptop Aspire 5 Slim Creator Edition sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 11 Home dan Microsoft Office Home and Student 2021 original berlisensi, sehingga pengguna tidak perlu repot membeli lisensi dan melakukan instalasi sistem operasi lagi.

Kesimpulan dan Harga

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition adalah laptop mainstream yang masih cukup kompeten untuk menangani tugas seperti editing foto dan video maupun bermain game dengan kartu grafis dari Nvidia GeForce MX550. Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari Acer Store untuk harga laptop ini dengan varian RAM 8GB adalah Rp. 12.999.000 merupakan harga yang worth to buy bagi kamu yang mencari laptop bukan hanya untuk bekerja dan belajar melainkan juga untuk aktivitas multimedia seperti editing foto dan video.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *