5 Alasan Kenapa Harus Pakai SSD

5-Alasan-Kenapa-harus-pakai-SSD

5 Alasan Kenapa Harus Pakai SSD – PC/Laptop kanca IT Lemot? Sering Not Responding? atau sering Hang? padahal Storage masih banyak dan RAM sudah gede? Bisa jadi PC/Laptop kanca IT Mengalami Bottleneck pada storage (HDD). Terus gimana biar gak bottleneck pada storage? SSD Solusinya. Mungkin kacna IT bertanya-anya, kenapa harus pakai SSD? kacna IT Bisa cari tau pada artikel lain di ITkampus mengenai Perbedaan HDD Dan SSD.

Harus banget ya pake SSD? Disini akan saya kasih 5 Alasan kenapa harus pakai SSD.

5-Alasan-Kenapa-harus-pakai-SSD

Hemat Daya

Dikarenakan SSD tidak ada part yang bergerak (disk/piringan) SSD tidak membutuhkan banyak daya untuk beroperasi. SSD pada umumnya mempunyai konsumsi daya rata-rata 2.7W saat digunakan dan 0.005W saat idle. Sedangkan HDD rata-rata 4.1W saat digunakan dan 3W Saat idle. Dengan demikian SSD lebih hemat sekitar 66% dari HDD. Dengan rendahnya konsumsi daya, akan sangat menguntungkan buat kanca IT jika menggunakan laptop.

Kecepatan Read/Write

patrick lindenberg 1iVKwElWrPA unsplash
Kecepatan Read/Write pada SSD berkisaran 10 – 30 kali lipat dari HDD, Tergantng dari jenis soket yang digunakan. Dengan Kecepatan Read/Write yang tinggi, Proses Booting, copy file dan buka aplikasi/file pada PC/Laptop akan semakin cepat.

Tidak Bising

Seperti yang sudah saya singgung pada point 1, SSD tidak ada part yang bergerak seperti piringan/disk. Dengan tidak adanya part yang bergerak SSD jadi tidak bising (tidak bersuara).

Ringan

vincent botta wYD wfifJVs unsplash

Selain cepat dalam read/write, SSD juga sangat ringan dari segi bobot. Hampir semua SSD yang beredar dipasaran menggunakan bahan non metal/besi. SSD menjadi Pilihan yang sangat bangus untuk kanca IT gunakan, terutama jika menggunakan laptop.

Menghemat Wwaktu

Ada sebuah quote “More time for what matters”. Quote tersebut sangat pas untuk value pada SSD. Bagi saya Alasanya sederhana. Karna SSD menghemat waktu saat proses booting, Respon dari Sistem operasi dan membuka aplikasi atau file. Secara tidak langsung, SSD menghemat waktu kanca IT sehingga kanca IT bisa fokus pada hal-hal penting saat mengoperasikan komputer. Bukan lagi memikirkan komputer yang sering not responding dan lain sebagainya.

Karena Komputer digunakan untuk keperluan pribadi maupun profesional (Bekerja), Peningkatan kecepatan dan efisiensi waktu akan sangat berarti buat kanca IT. Kanca IT akan lebih mampu menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu lebih singkat.
Waktu dalam hidup bergerak begitu cepat, Komputer kanca IT pun harus demikian. Yang belum pakai SSD, Ayok pakai SSD. Yang sudah pakai, udah sedari kapan pake SSD?? 😀

Penulis: Catur Hidayat

Jika kamu kalah PINTAR, Cobalah untuk menang RAJIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *