Review Rumahweb

  • 3 min read
  • Nov 17, 2020

Nama Rumahweb dalam dunia per-hosting-an sudah tidak diragukan kembali di kalangan jasa domain. Rumahweb yang berdiri semenjak 2002 di Yogyakarta ini, telah memiliki lebih dari 14.000 pelanggan dan mendapatkan banyak review Rumahweb secara positif.

Penasaran dengan layanan hosting yang diberikan oleh Rumahweb? Simak kelebihan dan kekurangan dari Rumahweb di bawah ini.

tampilan-webiste-rumahweb
Tampilan Website Rumahweb

Review Rumahweb, Kelebihan Layanan Rumahweb dibandingkan Produk Serupa

Jika Kanca IT pernah menggunakan layanan dari Rumahweb, sudah pasti beberapa mengerti beberapa poin keunggulan di bawah ini. Namun bagi Kanca IT yang tergolong baru, simak dengan baik beberapa kelemahan Rumahweb sebagai penyedia layanan hosting dan domain di bawah ini.

Layanan Support yang Baik dan Cepat

Kelebihan pertama yang ditawarkan oleh Rumahweb bagi Kanca IT adalah layanan support selama 24/7. Dengan jargon ‘Orang Rumah’, Rumahweb berupaya untuk menyediakan pelayanan kepada penggunanya melalui berbagai media seperti live chat dan telepon.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada Customer Service dilayani kurang dari 5 menit dengan sikap yang ramah. Hal ini menjadikan layanan support Customer Service sebagai salah satu yang terbaik dengan nilai 8/10.

Kekuatan dalam Handle Test Load Impact 15 dan 25 Virtual User

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih penyedia hosting dan domain adalah kemampuan untuk mengatasi traffic yang ramai. Untuk mengetahui kemampuan server Rumahweb, maka Kanca IT harus melihat hasil Load Impact yang dimiliki.

Load Impact Test digunakan untuk mengetahui stabilitas waktu respon dari server Rumahweb. Berdasarkan Load Impact Test, maksimal waktu respon untuk 15 Virtual User dan 25 Virtual User di bawah 1 detik.

Tes ini menunjukkan bahwa server Rumahweb mampu mengatasi traffic dengan jumlah 25 user secara bagus. Namun seiring bertambahnya jumlah pengunjung pada satu waktu, server Rumahweb mengalami waktu respon mendekati 1 detik.

Langganan Hosting bisa per Bulan

Salah satu pertimbangan yang wajib Kanca IT perhatikan adalah jangka langganan layanan. Banyak penyedia layanan hosting dan domain namun memberikan jangka layanan yang cenderung lama.

Rumahweb memberikan kemudahan dan kenyamanan layanan hosting dan domain kepada para pelanggannya dengan jangka waktu per bulan. Secara harga, langganan per bulan memang lebih mahal dibandingkan biaya per tahun.

Namun langganan per bulan memberikan kemudahan bagi Kanca IT untuk melakukan trial layanan yang diberikan oleh Rumahweb. Sehingga ketika Kanca IT merasa cocok dengan layanan Rumahweb, bisa mengganti langganan per tahun.

Migrasi Hosting secara Gratis

Permasalahan umum yang sering dialami oleh pengguna hosting dan domain adalah migrasi hosting. Beberapa penyedia layanan memberikan biaya untuk pemindahan atau migrasi hosting.

Rumahweb memberikan layanan migrasi hosting secara gratis dan mudah. Selain itu, Rumahweb juga memberikan gratis sewa hosting pada bulan pertama dan memberikan diskon sebesar 50% jika melakukan langganan selama 1 tahun.

Web Builder dan Domain secara Gratis

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh Rumahweb kepada Kanca IT adalah gratis domain dan web builder. Pada paket hosting Profesional ke atas, maka setiap pembelian akan mendapatkan gratis 1 domain dan web builder.

Terdapat 2 jenis web builder yang ditawarkan oleh Rumahweb yaitu layanan Weebly atau Rumahweb Sitebuilder. Layanan web builder akan dibantu oleh Rumahweb hingga terbentuk secara baik.

Kekurangan Rumahweb yang Wajib di Ketahui

Setelah Kanca IT memahami kelebihan dari Rumahweb, maka review Rumahweb selanjutnya adalah kekurangan dari layanan yang diberikan. Meskipun Rumahweb memiliki support yang cukup baik, namun beberapa kekurangan ini wajib Kanca IT pertimbangkan sebelum memilih Rumahweb.

Tidak Ada Garansi Pada Saat Pembelian Hosting

Kekurangan pertama yang cukup fatal dari Rumahweb adalah tidak adanya garansi pada saat pembelian hosting. Penyedia layanan hosting dan domain lainnya memberikan garansi selama 30 hari jika terjadi masalah.

Rumahweb tidak memberikan garansi kepada para pelanggannya jika terjadi masalah dengan paket yang dibeli. Hal ini menjadi pertimbangan utama karena ketika terjadi masalah dengan paket yang dibeli Kanca IT, maka Rumahweb tidak memberikan layanan klaim.

Paket Paling Murah serba Terbatas

Kekurangan kedua yang dimiliki oleh Rumahweb adalah paket paling mudah pada kategori Profesional serba terbatas. Pada paket ‘Profesional 250 MB’, Rumahweb hanya memberikan kapasitas 250 MB dengan host sebanyak 1 situs saja.

Paket ini tidak menjadi masalah jika Kanca IT hanya menggunakan paket ini untuk personal blog. Namun paket ini tidak cocok jika digunakan untuk layanan bisnis atau layanan yang lebih besar dikarenakan keterbatasan memori dan host situs.

Tidak ada Fitur Backup Rumahweb

Kekurangan terakhir yang wajib diperhatikan adalah tidak adanya fitur backup hosting dari Rumahweb. Bagi Kanca IT yang ingin melakukan setup hosting, secara default Rumahweb memberikan layanan daily backup.

Namun daily backup yang ditawarkan adalah add-on berbayar. Sehingga jika Kanca IT tidak melakukan pembelian add-on daily backup, maka hosting yang digunakan tidak memiliki fitur backup dan berbahaya bagi data yang dimiliki.

Berdasarkan keunggulan dan kekurangan dari review Rumahweb, beberapa poin penting seperti garansi dan backup adalah hal krusial yang perlu diperhatikan. Jadi jika Kanca IT ingin menggunakan Rumahweb harus berpikir lebih matang.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *