Review Qwords

Review Qwords

Qwords adalah salah satu web hoster populer di Indonesia, yang berdiri sekitar tahun 2005 lalu. Review Qwords ini harus Kanca IT baca jika sedang mencari-cari web hoster untuk website atau ingin migrasi dari hosting lama.

Sejauh ini, Qwords menempati urutan kelima sebagai web hoster terpopuler sekaligus terbanyak jumlah pelanggannya. Tentu Qwords memiliki kelebihan maupun kekurangan, yang akan sama-sama kitas bahas untuk menjadi bahan pertimbangan Kanca IT semuanya.

Tampilan Website Qwords
Tampilan Website Qwords

Review Qwords, Kelebihan Layanan Produk Qwords

Dua Opsi Control Panel

1. Uptime

Qwords menyediakan dua opsi control panel yang bisa Kanca IT pilih sesuai kebutuhan, yaitu cPanel dan DirectAdmin. Jelas, kedua fungsi control panel ini tidak jauh berbeda, karena yang membedakannya adalah performanya.

Ya, meski selisih setiap paket dari dua control panel ini hanya berbeda sebesar Rp14.500,00, namun kualitas dan performanya jauh berbeda. Misalnya soal uptime, yang bisa menjadi indikasi apakah sebuah website mampu online terus tanpa pernah down.

Perbedaanya adalah :

  • cPanel memiliki uptime rata-rata 99,85%, yang memungkinkan website masih bisa down selama 1 jam 5 menit 44 detik setiap bulannya.
  • DirectAdmin memiliki uptime rata-rata 99,64%, yang akan membuat website down selama 2 jam 37 menit 47 detik.

2. Load Page Time

Load page time adalah kemampuan website untuk memuat sebuah page hingga sempurna, yang mana juga berbeda di cPanel dan DirectAdmin. Detailnya adalah sebagai berikut :

  • cPanel memiliki rata-rata load page time yang sangat baik, yaitu 862ms, terbaik ke 4 di antara 18 provider populer di Indonesia.
  • DirectAdmin memiliki rata-rata load page time 1,150 detik, yang tidak terlalu baik untuk menilai kualitas hosting.

3. Tes Load Impact

Tes Load impact adalah untuk mengetahui performa website ketika dikunjungi oleh beberapa user sekaligus dalam waktu bersamaan. Logikanya, semakin banyak user yang mencoba mengakses, semakin banyak pula resource hosting yang digunakan.

Sayangnya, tes yang dilakukan di cPanel maupun DirectAdmin tidak menghasilkan sesuatu yang baik. Artinya, hosting milik Qwords ini akan membuat performa website menurun jika diakses oleh banyak orang sekaligus dalam sekali waktu.

Paket Hosting Murah dan Variatif

Berikut beberapa opsi paket cloud hosting yang ditawarkan oleh Qwords :

Cloud Web Hosting E Cloud Web Hosting L Plus Cloud Web Hosting XL Plus Cloud Web Hosting ES
Rp14.500/bulan

1 GB Storage

Bandwidth Unmetered

3 Email

600 MB RAM
0.5 CPU Core

Free SSL

Private Data Center

Rp72.917/bulan

17 GB Storage

Bandwidth Unmetered

Unlimited Email

768 MB RAM

1 CPU Core

Free SSL & Domain

Free Website Builder

Private Data Center

Rp105.000/bulan

32 GB Storage

Bandwidth Unmetered

Unlimited Email

4 Addon + 4 Parked

768 MB RAM

1.5 CPU Core

Free SSL & Domain

Free Website Builder

Private Data Center

Rp29.000/bulan

3 GB Storage

Bandwidth Unmetered

10 Email

2 Addon + 2 Parked

600 MB

1 CPU Core

Free SSL

Free Website Builder

Private Data Center

Layanan Support yang Optimal

Layanan support yang dimiliki oleh Qwords sangat baik, dimana keluhan Kanca IT akan dibalas dalam waktu kurang lebih 5 menit. Meski Kanca IT hanya akan diberi link panduan untuk mengatasi masalah tersebut sendiri, namun hal ini tetap patut diapresiasi.

Namun begitu, ada beberapa error atau keluhan yang akan langsung mereka perbaiki secara instan, yang mana akan langsung diberitahukan kepada Kanca IT. Intinya, support Qwords sangat responsif dan bisa Kanca IT hubungi melalui live chat atau ticket.

Panduan Lengkap

Apakah Kanca IT masih pemula dalam urusan website dan hosting? Jika menggunakan Qwords, Kanca IT bisa mengakses dokumentasi atau panduan mengenai hosting yang lengkap. Kanca IT bisa membaca beberapa hal terkait dengan domain, hosting, cPanel dan lain sebagainya.

Kanca IT juga akan dimudahkan dalam mencari informasi terkait yang belum dipahami. Kanca IT bisa langsung mengetikkan keyword di fitur pencarian yang sudah tersedia. Setelah muncul hasilnya, Kanca IT tinggal mempelajari informasi tersebut.

Gratis Migrasi Hosting

Sepertinya, biaya migrasi memang tidak dikenakan oleh hampir seluruh provider hosting di Indonesia, begitu juga dengan Qwords. Jadi, Kanca IT tidak perlu pusing jika ingin migrasi dari hosting lama ke hosting Qwords, karena mereka akan membantu semuanya hingga tuntas, tidak sampai 24 jam semua file sudah dipindahkan.

Biaya Murah, Resource Besar

Jika Kanca IT lihat dari opsi paket hosting Qwords di atas, maka yang akan didapatkan klien dengan membeli paket Cloud Web Hosting E sangat banyak. Jika melihat fasilitas semacam unlimited bandwidth, 1 GB storage dst, harga Rp14,500,00,- terasa sangat murah.

Kekurangan Qwords yang Harus Diketahui

Tidak Ada Garansi

Tidak seperti provider hosting lainnya yang berani memberikan garansi, Qwords lebih pilih tidak melakukannya. Sebenarnya ada sih garansi selama 30 hari, dengan catatan Kanca IT belum mengaktifkan hosting tersebut.

Ini berarti sama saja, karena untuk mengklaim garansi, kita harus tahu terlebih dahulu performa dari hosting yang kita sewa. Jadi Kanca IT putuskan sendiri apakah ingin menggunakan Qwords atau provider hosting lainnya.

Keterbatasan Dalam Masalah Backup

Proses backup di Qwords masih dilakukan secara manual, berbeda dengan provider lain yang sudah menggunakan JetBackup untuk backup secara otomatis. Jika Kanca IT menggunakan DirectAdmin akan lebih buruk lagi, karena harus backup secara mandiri.

Extended Support yang Mahal

Selain layanan support gratis, Qwords juga menawarkan Extended Support untuk mengatasi masalah-masalah tertentu. Sayangnya, biaya untuk mendapatkan Extended Support ini terlampau mahal, mulai dari Rp75.000,- per aksi.

Review Qwords di atas bisa menjadi bahan pertimbangan Kanca IT ketika ingin menggunakan layanan hosting dari Qwords. Jangan hanya fokus pada kelebihannya saja, karena kekurangannya pun juga harus diperhatikan agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *