Review IDWebHost

  • 3 min read
  • Nov 18, 2020

IDWebHost adalah salah satu layanan penyedia hosting dan domain populer di Indonesia. IDWebHost berdiri pada tahun 2004 dan memiliki lebih dari 75 ribu pengguna aktif dengan 122 ribu domain aktif. Dengan klaim yang dilakukan ini, bagaimana review IDWebHost dari para penggunanya?

tampilan website idwebhost
Tampilan Website IDWebHost

Review IDWebHost: Kelebihan Menurut Pengguna

IDWebHost memiliki 100 shared server yang tersebar di Jakarta, Yogyakarta, dan US. IDWebHost berupaya untuk meningkatkan jumlah shared server yang dimiliki. Selain jumlah shared server yang banyak, berikut ini kelebihan yang dimiliki oleh IDWebHost menurut penggunanya.

Layanan Support Pelanggan yang Baik

IDWebHost sebagai salah satu penyedia layanan hosting dan domain populer menempatkan 20 Customer Care yang melayani semua kebutuhan pelanggan secara ramah selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa berhenti.

Fitur layanan seperti tiket bantuan dan email disediakan kepada pelanggan IDWebHost. Jika Kanca IT merasa kurang, bisa menggunakan bantuan Customer Care melalui live chat selama 24 jam.

Secara keseluruhan, layanan support yang diberikan oleh IDWebHost kurang dari 5 menit sehingga tergolong cepat. Namun untuk pertanyaan teknis akan diarahkan menuju artikel yang IDWebHost tulis.

Namun cara ini adalah cara terbaik untuk melayani pelanggan yang bertanya terkait hal teknis. Karena tidak semua Customer Care mengetahui mengenai pertanyaan teknis, sehingga mengarahkannya menuju artikel tertentu adalah solusi terbaik.

Paket Termurah IDWebHost dengan Kapasitas yang Cukup

Kelebihan kedua yang ditawarkan oleh IDWebHost adalah paket termurah yaitu paket Charming dengan harga mulai Rp. 9.900 per bulan dengan ruang penyimpanan sebesar 400 MB yang cukup untuk membuat sebuah situs baru.

Paket Charming memiliki kelebihan lainnya yaitu bandwidth yang tidak terukur. Kanca IT bisa menggunakan bandwidth sesuai hati. Paket Charming memang yang paling murah dibandingkan dengan paket lainnya dari penyedia layanan lain.

Namun yang perlu diperhatikan adalah perpanjangan paket Charming yang memiliki harga 3x lipat lebih mahal dari harga awal pembelian. Tentu saja ini menjadi pertimbangan untuk memperpanjang paket Charming.

Garansi 30 Hari Tanpa Syarat

Bersaing dengan penyedia layanan hosting lainnya, IDWebHost memberikan garansi uang kembali jika terjadi masalah dengan layanan yang diberikan dalam 30 hari penggunaan. Garansi uang kembali dapat dilakukan tanpa syarat.

Jika Kanca IT merasa kurang nyaman dengan layanan hosting dan domain yang diberikan oleh IDWebHouse, maka Kanca IT dapat melakukan klaim berupa pengembalian uang dengan memberitahukan sebab dari masalah yang dihadapi.

Migrasi Hosting dan Domain secara Gratis untuk Pembelian Baru

Permasalahan yang sering dihadapi oleh banyak pengguna hosting adalah migrasi hosting dan domain. IDWebHost dapat membantu Kanca IT untuk memindahkan situs dari hosting terdahulu menuju hosting IDWebHost secara gratis.

Jika Kanca IT baru memulai dengan membangun situs, maka paket yang cocok digunakan pertama kali adalah paket Cute. Paket Cute yang diberikan oleh IDWebHost termasuk gratis 1 nama domain selama 1 tahun.

Sehingga Kanca IT bisa menggunakan nama domain yang diberikan oleh IDWebHost selama 1 tahun tanpa harus membuat nama baru. Jika ingin menggunakan nama domain berbeda, maka Kanca IT harus melakukan pembelian terlebih dahulu.

Kekurangan Pelayanan IDWebHost

Tidak semua penyedia layanan hosting dan domain selalu memberikan pelayanan yang terbaik, beberapa penyedia hosting dan domain seperti IDWebHost tentu saja memiliki kekurangan dalam pelayanannya. Berikut ini kekurangan pelayanan IDWebHost.

Server yang Tidak Stabil dengan Uptime yang Buruk

Setiap penyedia layanan hosting dan domain memberikan garansi uptime 99,90% per bulannya. Namun IDWebHost tidak dapat memberikan layanan server dengan uptime 99,90% secara konsisten dalam sebulan.

Uptime adalah prioritas pertama dalam memilih penyedia hosting. Uptime berhubungan dengan seberapa sering situs Kanca IT tidak bisa diakses atau down. IDWebHost memiliki rata-rata uptime yang tidak stabil bahkan berada di bawah 99,90%.

Faktor lain yang perlu Kanca IT perhatikan lagi adalah downtime. Downtime menunjukkan berapa lama suatu server tidak dapat diakses. IDWebHost memiliki durasi downtime paling lama sebesar 20 jam dan jumlah downtime terbanyak sebesar 123 kali dalam sebulan.

Page Load Time di atas 1 detik

Tidak stabilnya uptime server yang dimiliki oleh IDWebHost akan berdampak pada keseimbangan server seperti timeout. IDWebHost memiliki server timeout lebih dari 30 detik dengan rata-rata Page Load Time di atas 1 detik.

Idealnya Page Load Time adalah kurang 1 detik. Namun IDWebHost memiliki Page Load Time di atas 1 detik yang menjadikannya cenderung lambat. Sehingga layanan hosting dan domain yang diberikan oleh IDWebHost patut dipertimbangkan kembali.

Ketidakstabilan Waktu Respon dalam Server

Salah satu tes yang bisa dilakukan untuk menggolongkan sebuah server baik atau tidak adalah Load Impact Test. Pengujian dapat dilakukan dengan mencoba salah satu paket layanan yang disediakan oleh IDWebHost.

Server IDWebHost memberikan pelayanan yang kurang prima dalam mengatasi banyak pengunjung dalam satu waktu. Ketidakstabilan waktu respon menjadikan IDWebHost lebih lambat dalam menanggapi permintaan pelanggan.

Waktu respon juga berdampak terhadap error yang terjadi. Semakin banyak penggunanya dalam satu waktu, maka waktu respon menjadi tidak stabil. Akibatnya banyak permintaan yang gagal karena server tidak dapat merespon.

Paket Termurah untuk minimal Langganan 3 Tahun

IDWebHost menyediakan paket termurah dibandingkan layanan hosting dan domain lainnya. Namun layanan termurah ini (Rp. 9.900 per bulan) hanya bisa digunakan jika Kanca IT mengambil langganan minimal 3 tahun.

Jika Kanca IT mengambil waktu langganan kurang dari 3 tahun atau bahkan 1 tahun, harga dari paket termurah ini akan berubah.

Dengan banyaknya review IDWebHost baik positif dan negatif dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan layanan IDWebHost. Meskipun tidak ada penyedia layanan hosting yang sempurna, namun patut untuk dicoba kan?

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *