Review Ardhosting

review ardhosting

Review Ardhosting ini dipersembahkan untuk Kanca IT yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan layanan hosting milik Ardhosting. Sebagai salah satu web hoster tertua di tanah air (didirikan tahun 2000), Ardhosting tentu sudah berpengalaman dalam menangani banyak klien.

Namun begitu, pengalaman yang lama tidak menentukan apakah sebuah hosting patut dipertimbangkan atau tidak. Ardhosting tentu memiliki banyak kelebihan, namun tetap tidak sempurna, karena masih ada beberapa kekurangan yang harus Kanca IT ketahui.

tampilan website ardhosting
Tampilan Website Ardhosting

Review Ardhosting, Kelebihan Layanan Produk Ardhosting

Uptime Stabil

Kelebihan Ardhosting yang pertama terletak pada uptime yang stabil. Meskipun tidak 100%, Ardhosting memiliki uptime 99,90%, yang akan membuat website jarang down. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan yang utama ketika Kanca IT ingin menyewa hosting untuk website bisnis.

Kenapa uptime website sangat penting? Ya, jika website tidak pernah atau jarang down, kinerja bisnis atau blogging Kanca IT tidak akan terganggu. Lebih-lebih jika Kanca IT memiliki website online shop, yang harus selalu online untuk melayani kebutuhan customer yang banyak setiap harinya.

Layanan Support yang Responsif

Kelebihan Ardhosting berikutnya terletak pada layanan support, yang sangat responsif karena mereka langsung menjawab keluhan klien. Ya, meskipun jawaban yang mereka beri masih standar (berupa link panduan), namun setidaknya mereka merespon dengan cepat.

Sebenarnya layanan support semacam ini sudah menjadi standar mayoritas provider seluruh Indonesia. Meskipun tidak ideal, namun tetap lebih baik daripada respon lama atau tidak ditanggapi sama sekali. Kanca IT bisa menghubungi layanan support Ardhosting melalui email dan live chat,

Backup Harian

Kanca IT tidak perlu khawatir kehilangan data website jika memang ingin menggunakan layanan hosting dari Ardhosting. Mereka menawarkan program backup harian, demi kenyamanan dan keamanan data klien yang mempercayakan hosting kepada mereka.

Fitur backup yang tersedia adalah dua harian dan tiga harian, dimana tersedia hingga 7 file backup, yang mana sangat bagus. Meski dibebaskan untuk tidak backup sendiri, Kanca IT disarankan untuk melakukan backup secara mandiri.

Gratis Migrasi Hosting & Gratis Domain

Apakah Kanca IT ingin migrasi hosting lama ke Ardhosting? Kabar baiknya, sama seperti web hoster lainnya, Ardhosting juga tidak mengenakan biaya migrasi. Jadi Kanca IT bisa lega karena proses migrasi akan dibantu hingga tuntas tanpa biaya tambahan oleh Ardhosting.

Selain itu, Kanca IT juga berhak mendapatkan domain gratis dengan membeli paket apapun yang tersedia di sana, bahkan yang paling murah sekalipun. Sayangnya, fitur free domain ini tidak bisa didapatkan di shared hosting dengan Windows.

Beberapa free domain yang akan Kanca IT dapatkan adalah seperti di bawah ini :

  • .com
  • .net
  • .org
  • .info
  • .web.id
  • .or.id

Opsi Paket Hosting Melimpah

Ardhosting memiliki server Indonesia, Singapura dan USA, yang bisa Kanca IT pilih sesuai dengan segmentasi dan target pasar. Banyak pilihan paket hosting yang bisa Kanca IT pilih, yaitu :

  • UKM
  • Corporate
  • Unlimited Hosting
  • Ecommerce Web
  • Email Hosting
  • WordPress Hosting
  • Reseller
  • VPS Hosting
  • Dedicated Server

Nah, jika Kanca IT baru pemula dan belum menganggarkan budget yang terlalu banyak, maka bisa menggunakan paket hosting UKM, rinciannya bisa dilihat di bawah ini (untuk server Indonesia):

UKM-A UKM-B UKM-C UKM-D UKM-E
Rp260.000/tahun

500 MB Storage

Bandwidth Unmetered

Email Unlimited

Web Builder

Cloudlinux

Litespeed

Free SSL

Free Domain

Rp300.000/tahun

1000 MB Storage

Bandwidth Unmetered

Email Unlimited

Web Builder

Cloudlinux

Litespeed

Free SSL

Free Domain

Rp340.000/tahun

1500 MB Storage

Bandwidth Unmetered

Email Unlimited

Web Builder

Cloudlinux

Litespeed

Free SSL

Free Domain

Rp375.000/tahun

2000 MB Storage

Bandwidth Unmetered

Email Unlimited

Web Builder

Cloudlinux

Litespeed

Free SSL

Free Domain

Rp400.000/tahun

2500 MB Storage

Bandwidth Unmetered

Email Unlimited

Web Builder

Cloudlinux

Litespeed

Free SSL

Free Domain

Kekurangan Ardhosting yang Harus Diketahui

Load Page Time Tidak Terlalu Bagus

Load page time adalah kecepatan yang dimiliki website untuk memuat satu halaman hingga sempurna. Rata-rata kecepatan load page time yang dimiliki oleh Ardhosting adalah 1,36 detik, hasil yang tidak terlalu bagus karena yang terbaik adalah di bawah 1 detik.

Performa Menurun Ketika Diakses Banyak User

Layanan hosting dari Ardhosting membuat performa website tetap optimal ketika dikunjungi beberapa user dalam waktu yang berbeda-beda. Masalahnya adalah, ketika banyak user yang mengakses website dalam bersamaan, performa website berangsur-angsur melambat.

Ini bukan kabar yang baik, khususnya bagi Kanca IT yang mengharapkan website tetap optimal meski disesaki banyak traffic. Meskipun website masih tetap online, tentu pengunjung akan merasakan ketidakpuasan.

Garansi Hanya Berlaku 7 Hari

Berbeda dengan web hoster kebanyakan yang berani memberikan garansi selama 14 hari atau 30 hari, di Ardhosting Kanca IT hanya bisa mengklaim garansi jika ada masalah selama 7 hari saja. Ada ketentuan lain yang juga harus diperhatikan agar klaim garansi berhasil, yaitu penggunaan bandwidth tidak boleh lebih dari 50%.

Banyak Biaya Tambahan

Ada beberapa biaya tambahan di Ardhosting yang harus Kanca IT tahu, yaitu :

  • Downgrade paket hosting sebesar Rp50.000,-.
  • Pergantian server sebesar Rp50.000,-.
  • Penggantian main domain sebesar Rp50.000,-.

Jadi sebelum membeli hosting di Ardhosting, pastikan Kanca IT tahu apa yang dibutuhkan, agar tidak ada pembengkakan biaya.

Tidak Opsi Langganan Bulanan di Paket UKM

Jika Kanca IT berniat membeli paket UKM, maka harus berlangganan selama 1 tahun (minimal). Berbeda dengan paket lainnya yang bisa berlangganan selama 1, 3 dan 6 bulan. Meskipun murah, hal ini seperti tidak memberikan opsi bebas bagi klien.

Melalui review Ardhosting di atas, Kanca IT diharapkan bisa menemukan insight apakah ingin berlangganan paket hosting di Ardhosting atau tidak. Pelajari masak-masak kelebihan dan kekurangan Ardhosting di atas dan jadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan.

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *