Contoh Teks Inspiratif Panjang & Pendek untuk Tugas Sekolah

  • Bagikan

Contoh Teks Inspiratif – Halo, Kanca IT! Membaca kisah inspiratif adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan semangat. Disadari atau tidak, setiap orang memiliki kisah inspiratif yang bermanfaat dan menginspirasi bagi orang lain. Karena itulah pentingnya materi membuat teks inspiratif di sekolah sebagai bekal pengetahuan jika suatu hari Kanca IT ingin menulis kisah inspiratif di masa depan.

Alasan sekolah mengajarkan pembuatan teks inspiratif yaitu agar makna cerita yang Kanca IT buat dapat tersampaikan dengan baik. Itu sebabnya dalam pembuatan teksnya diperlukan pengetahuan tentang struktur teks yang bisa dilihat dalam tulisan contoh teks inspiratif ini.

Contoh teks yang menginspirasi berikut dapat dijadikan sebagai referensi pembuatan cerita inspiratif untuk tugas sekolah.

Contoh Teks Inspiratif Panjang

Apabila sedang mencari contoh teks inspiratif yang panjang, berikut adalah contoh cerita dari seorang artis K-pop. Kancah IT dapat menerapkan kisah serupa dan mengganti dengan kisah idola yang menginspirasi. Berikut kisahnya.

Orientasi

Kang Young Hyun merupakan remaja keturunan Korea Selatan yang besar di Canada. Dia suka bermain musik dan memiliki band bersama dengan teman sekelasnya.

Suatu hari, pengumuman pembukaan audisi dari sebuah agensi Korea Selatan bernama JYP Entertainment terdengar hingga ke telinga Kang. Bersama dengan teman-teman band, ia membuat video menyanyikan sebuah lagu dan mengirimkannya sebagai portofolio untuk mendaftar audisi tersebut.

Agensi sangat menyukai penampilan bernyanyi Kang dan mengundangnya untuk datang ke Korea Selatan menjalani pelatihan trainee. Akhirnya, ia terbang ke Korea Selatan dan menjalani pelatihan menjadi idola K-pop.

Kerumitan Peristiwa

Hari demi hari ia menjalani pelatihan dengan penuh semangat. Seiring berjalannya waktu, selalu ada anggota trainee baru yang masuk ke dalam agensi dan membuatnya merasa terancam. Mereka muda, tampan serta berbakat. Pagi, siang, dan malam ia jalani pelatihan tersebut hingga tidak terasa sudah bertahun-tahun terlewati.

Pemilihan anggota grup yang belum pasti dari agensi membuat dirinya selalu merasa cemas akan apa yang sudah ia jalani. Setiap 2 kali dalam setahun selama masa trainee, ia selalu menelepon ayahnya dan mengatakan ingin menyerah.

Komplikasi

Rasa cemas itu makin diperparah dengan pengumuman debut trainee yang masih muda. Ia masih menunggu hingga tahun keenam agensinya mengatakan hanya akan mempertahankan trainee yang bisa melakukan backflip. Sayangnya, Kang tidak bisa melakukan gerakan itu.

Resolusi

Kang yang ambisius tidak mudah menyerah. Kemudian, ia menghabiskan waktu 1 minggu dari pagi sampai malam untuk berlatih melakukan gerakan tersebut, dan akhirnya berhasil.

Koda

Melihat kegigihan dan talenta tersebut, agensi memutuskan untuk memasukan Kang pada grup K-pop yang akan debut tepat di tahun keenam dirinya menjadi trainee.

Pelatihan masa trainee selama 6 tahun berhasil membentuk Kang menjadi seorang penyanyi dengan talenta yang setara dengan seniornya. Saat ini, ia merupakan salah satu penyanyi terpopuler di Korea Selatan serta menciptakan lagu-lagu hits untuk grupnya yang bernama Day6. Kesungguhan Kang menggapai impiannya menjadi bukti yang patut ditiru anak-anak muda.

Contoh Teks Inspiratif Singkat

Selain kisah inspiratif dari idola, persahabatan adalah tema menarik untuk membuat kisah inspiratif. Pada bagian ini, teks lebih singkat dibandingkan sebelumnya.

Orientasi

Suatu hari, Anisa sangat bersemangat mengundang teman-temannya pada perayaan sweet seventeen-nya pada tanggal 29 Februari, tanggal yang hanya muncul 4 tahun sekali. Teman satu kelasnya diundang untuk menghadiri acara tersebut.

Kerumitan Peristiwa

Perayaan diadakan siang hari, namun hujan turun dengan lebat hari itu. Ia menunggu selama berjam-jam di dekat kue ulang tahunnya.

Komplikasi

Satu persatu pesan dari teman-temannya masuk dan menunjukkan tanda-tanda tidak akan datang. Sebagian lainnya berjanji akan datang begitu hujan reda.

Resolusi

Sekitar sore hari, hujan baru reda.

Koda

Hanya 5 dari 40 teman sekelasnya yang datang. Padahal, ia telah mempersiapkan banyak makanan. Dari kisah ini dapat kita pelajari bahwa tidak peduli berapa banyak teman yang datang, melainkan seberapa besar mereka peduli. Mereka yang benar-benar hadir adalah teman sesungguhnya. Jagalah mereka yang menghargai sampai suatu saat nanti.

Itulah tadi 2 contoh teks inspiratif yang dapat diadaptasi dengan cerita inspiratif versi Kancah IT. Lihat dalam web https://mamikos.com/info/ untuk mendapatkan informasi menarik lainnya serta bermanfaat yang dapat membuka wawasan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.