Review Acer Swift 3 OLED (SF314-71), Laptop Ringkas Bertenaga, Visual Memukau

Fandi Fabriyan

Review Acer Swift 3 OLED (SF314-71), Laptop Ringkas Bertenaga, Visual Memukau – Acer kembali menghadirkan anggota baru dari Swift 3 Series yaitu Swift 3 OLED (SF314-71) ke Indonesia. Dengan nama yang sedikit berbeda, laptop Acer terbaru satu ini dirancang untuk pengguna yang ingin mengikuti tren dengan gaya hidup modern, ditambah dengan visual terbaik. Cocok untuk mereka yang mencari laptop dengan perpaduan estetika, kekuatan, dan efisiensi guna memenuhi kebutuhan terkait tugas dan hiburan.

Laptop ini juga cocok untuk pemula dan pekerja dengan mobilitas tinggi, di mana umumnya mereka menginginkan laptop ringkas dan menawarkan pengalaman visual spektakuler sekaligus pengalaman komputasi yang tinggi. Acer Swift 3 OLED hadir dengan desain minimalis, daya tahan baterai yang awet, dan dapat dengan mudah dibawa bersama sepanjang hari. Laptop ini tersedia dalam dua varian prosesor, dengan opsi tertinggi yakni Intel Core i7-12700H. Namun, yang kami review kali ini adalah Intel® Core™ i5-12500H

Acer Swift 3 OLED 3

 

Kombinasi panel layar yang sangat berkualitas, prosesor bertenaga, serta desainnya yang ringkas menjadi sejumlah nilai jual utama dari laptop ini. Plus, sudah tersertifikasi oleh Intel Evo platform. Penasaran dengan fitur unggulan dari Acer Swift 3 OLED (SF314-71)? Yuk, simak ulasannya.

Mudah Dibawa ke Mana Saja

Acer Swift 3 OLED (SF314-71) memiliki ketebalan di kisaran 17,9mm dan bobot cukup ringan yakni 1,4kg. Sehingga cukup tipis dan ringan untuk dibawa ke mana saja, penting terutama bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan harus berpindah dari satu lokasi ke lainnya. Bisa masuk ke dalam tas dan tidak akan memberatkan saat harus aktif bergerak.

Dengan material aluminium yang digunakan pada sasis, memberikan kesan kokoh pada laptop ini. Sementara varian warna Luxury Gold membuatnya terlihat lebih mewah. Menariknya, touchpad pada laptop ini dibuat dengan teknologi OceanGlass yang ramah lingkungan. Meski memakai material daur ulang, tetap terasa mulus seperti menyentuh permukaan kaca pada umumnya.

Acer Swift 3 OLED 6

Pada bagian depan, terdapat layar 2.8K OLED berukuran 14 inci dan sebuah webcam beresolusi FHD. Rasio layar ke bodinya mencapai 92%, sehingga bezelnya terlihat sangat tipis pada keempat sisinya. Menemani webcam, terdapat sejumlah mikrofon pada bezel atas. Sementara di bagian bawahnya, tentu terdapat touchpad dan keyboard yang juga dilengkapi oleh sensor sidik jari, terintegrasi pada tombol power.

Sementara di sisi kanan dan kiri terdapat sebuah port USB Type-C yang mendukung standar Thunderbolt 4 40Gbps, DC-in port 20 V; 65 W, dua port USB-A 3.2 Gen 1 yang sekaligus berfungsi sebagai port charging, Headphone/speaker jack, dan port HDMI 2.1.

Layar OLED Membuat Mata Nyaman

Layar OLED 14 inci pada Acer Swift 3 OLED ini memiliki resolusi hingga WQXGA+ 2.880 x 2800 piksel, dengan cakupan warna akurasi tinggi 100% DCI-P3. Selain itu, layarnya juga telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland EyeSafe yang menandakan layar memiliki kadar sinar biru (bluelight) minim. Dengan begitu, mata kamu tetap terlindungi meski menatap layar laptop dalam waktu lama, namun tetap menghadirkan akurasi warna yang tinggi.

Selain itu, layar Acer Swift 3 OLED juga sudah didukung refresh rate 90Hz dan response time 1ms untuk transisi super halus yang sangat nyaman ketika digunakan untuk bermain game casual. Terdapat pula fitur DisplayHDR™ True Black 500, rasio kontras 1.000.000:1 dan Acer Swift 3 OLED 2tingkat kecerahan 500 nits yang akan membuat warna menjadi lebih hidup serupa dengan objek nyatanya.

 

 

Secara keseluruhan, spesifikasi layar Acer Swift 3 OLED membuat laptop ini jadi sangat nyaman untuk digunakan dalam berbagai skenario penggunaan. Mulai dari edit foto dan video, sampai penggunaan luar ruangan berkat panelnya yang sangat cerah. Ditambah dengan warna yang kaya dan hitam pekat khas OLED, sehingga menonton konten seperti film bakal terasa lebih imersif.

Performa dan Fitur Menarik Lainnya

Seperti disebutkan di atas, laptop ini punya dua pilihan prosesor yaitu Intel Core i5-12500H dan i7-12700H. Varian Intel® Core™ i5-12500H sendiri memiliki kecepatan hingga 4.5 GHz. Sedangkan opsi tertinggi dengan prosesor Intel® Core™ i7-12700H memiliki kecepatan maksimum 4.7 GHz. Guna menunjang performanya, laptop ini didukung SSD NVMe 512GB hingga 1TB serta LPDDR5 SDRAM 16GB.

Dengan kartu grafis Intel Iris Xe Graphics, Acer Swift 3 OLED masih bisa digunakan untuk jalankan sejumlah judul game kasual. Sementara untuk penggunaan aplikasi kantoran seperti mengetik dokumen, edit foto dan video ringan, maupun hiburan seperti menonton film tentu sudah lebih dari cukup. Multitasking pun tidak masalah berkat kapasitas RAM yang cukup lega.

Acer Swift 3 OLED 7

Ditambah dukungan platform Intel Evo, kamu bisa merasakan respon yang luar biasa, masa pakai baterai tahan lama, pengisian daya cepat, dan instant wake alias waktu instan untuk menyalakan perangkat kembali. Selain fitur tersebut, Swift 3 OLED juga memiliki fitur panggilan virtual terbaik, berkat FHD Camera dengan Acer Temporal Noise Reduction yang akan membantu meminimalisir gambar noise saat situasi minim pencahayaan.

Sementara teknologi Acer PurifiedVoice yang akan membantu untuk mengurangi suara bising yang terekam oleh mikrofon saat aktivitas panggilan sedang berlangsung. Acer Swift 3 OLED juga memiliki baterai Li-ion 3-cell berkapasitas 57 Wh yang didukung fitur fast charging. Hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk durasi penggunaan hingga 4 jam.

Acer Swift 3 OLED juga sudah didukung oleh fitur Windows Hello, memanfaatkan sensor fingerprint yang terintegrasi dengan tombol power. Sehingga memudahkan kamu untuk membuka kunci layar tanpa perlu repot memasukkan password. Cukup sekali tekan tombol, laptop akan menyala sekaligus membawa sidik jari untuk melewati kunci layar secara otomatis.

Soal konektivitas, laptop ini dilengkapi dengan konektivitas Killer WiFi 6E yang mampu berbagi file dengan kecepatan tinggi dan streaming mulus hingga resolusi 4K. Serta sambungan port USB-C yang sudah memiliki standar Thunderbolt 4 untuk kecepatan transfer data tinggi serta mendukung monitor eksternal beresolusi tinggi.

Kesimpulan 

Dengan segudang fitur yang dimiliki, Acer Swift 3 OLED cocok digunakan para pekerja dengan mobilitas tinggi yang bisa bekerja di mana saja, dan tentunya termasuk para kreator konten. Apalagi Dimensinya yang tergolong ringan dan tipis yang membuatnya mudah dibawa ke mana saja. Semua varian prosesor Intel Core H-Series generasi ke-12 yang diusungnya juga memungkinkan perangkat untuk menjalankan beragam software dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. 

Acer Swift 3 OLED (SF314-71) dibanderol dengan harga mulai dari Rp 13.499.000 untuk varian Intel Intel® Core™ i5. Sedangkan varian Intel® Core™ i7 bisa didapatkan seharga Rp 16.499.000. Keduanya sudah tersedia di Indonesia melalui Acer Official Store Indonesia secara online dan offline.

Artikel Lainnya

Bagikan:

Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan komentar