Acer Nitro 5 Intel Gen Terbaru 2022: Laptop Desain Elegan, Performa Menawan, Hemat Cuan!

Fandi Fabriyan

Acer Nitro 5 Intel Gen Terbaru 2022 – Melengkapi lini Nitro 5 Series, Acer kembali meluncurkan laptop gaming terbarunya yaitu Nitro 5 (AN515-58) dengan prosesor terbaru yaitu persembahan dari 12th Generation Intel® Core™ Processors yakni  Intel® Core™ i7-12700H Processor. Acer Nitro 5 dengan prosesor generasi terbaru ini hadir dalam dua varian prosesor yaitu  Intel® Core™ i7-12700H Processor dan Intel® Core™ i5-12500H Processor. Tidak hanya prosesor, ada 3 pilihan kartu grafis yang disediakan laptop gaming ini yaitu NVIDIA® GeForce® RTX™ 3060 dengan GDDR6 VRAM berkapasitas 6GB, NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050 Ti, dan NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050.

Semua varian prosesor dan kartu grafis Acer Nitro 5 (AN515-58) memiliki spesifikasi yang hampir sama. Pastinya, perbedaan tersebut hanya terdapat pada kartu grafis, prosesor dan harga.

Lantas, apakah Acer Nitro 5 (AN515-58) ini hanya cocok digunakan untuk bermain game casual atau game AAA juga dapat berjalan mulus di laptop ini? Berikut ulasan lengkap dari Acer Nitro 5 (AN515-58).

Tampil Elegan Dengan Ciri Khas Warna Hitam

Masih lekat dengan guyuran warna hitam, Acer Nitro 5 (AN515-58) kian tampil elegan. Ditambah lagi dengan desain baru yang menggunakan aksen garis-garis berwarna biru dan merah sehingga terlihat jauh lebih segar.

Acer Nitro 5 Intel Gen Terbaru 2022 - 4

 

Dengan bagian body yang telah disempurnakan dengan kehadiran pendinginan kipas ganda, saluran masuk ganda (atas dan bawah), dan desain port quad-exhaust membuat laptop ini terkesan sangar, namun tetap kalem. Quad-exhaust atau empat exhaust ini merupakan tempat udara keluar masuk yang ditempatkan pada bagian belakang laptop. Exhaust ini bekerja dengan dua kipas pendingin Acer untuk untuk menjaga suhu laptop tetap stabil.

Melalui sistem pendingin tersebut, proses pendinginan pada laptop ini berjalan optimal, sekaligus menghindari terjadinya penurunan performa. Sistem pendingin tersebut dapat dikustomisasi melalui software NitroSense. Mulai dari kecepatan kipas, pencahayaan, dan lainnya untuk memberikan sistem pendingin optimal hingga 25% airflow.

Layar seluas 15,6 inci beresolusi FHD dengan refresh rate tinggi hingga 165 Hz dan response time 3ms terbentang di bagian depan laptop gaming ini. Ketika digunakan bermain game ataupun menonton video, bahkan untuk rutinitas lainnya, layar ini memang terbukti menyuguhkan kualitas visual yang tinggi dan sangat nyaman dipandang mata, meski seharian.

Tepat di bawah layar, dibubuhi touchpad dan keyboard RGB 4 zona yang bisa Anda kustomisasi melalui hotkey NitroSense khusus. Tombol WASD dan panah juga mendapatkan sentuhan yang berbeda untuk memberikan visibilitas yang lebih baik. Jadi saat bermain game, mengetik dokumen, browsing dan kegiatan lainnya jauh lebih nyaman dengan keyboard ini karena lebih responsif dan empuk.

Casing laptop gaming ini mengusung desain upgradeable dengan dual slot SSD NVMe, dual slot RAM dan sebuah slot SATA. Dengan begitu, memudahkan Anda untuk lepas pasang casing bawah laptop, saat ingin upgrade komponen hardware. Caranya cukup mudah, hanya dengan melepaskan bagian bawah sasis laptop.

Terdapat pula port seperti HDMI 2.1, sebuah port USB 3.2 Gen 1, satu port USB 3.2 Gen 2 sekaligus port untuk charger, satu port USB 3.2 Gen 2, satu port USB Type-C™ port (USB 3.2 Gen 2) (Thunderbolt 4), serta port Ethernet (RJ-45). Port tersebut disematkan di sisi kanan dan kiri laptop.

Performa Menawan

Tersedia dalam dua varian prosesor terbaru Intel yaitu  Intel® Core™ i7-12700H Processor dan Intel® Core™ i5-12500H Processor, laptop ini memberikan pilihan kepada para penggunanya sesuai dengan kebutuhannya. Ditunjang clock speed 4.70 GHz dan daya prosesor 45 W untuk  Intel® Core™ i7-12700H Processor. Sedangkan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i5-12500H Processor memiliki kecepatan clock 4.50 GHz dan daya prosesor 45 W.

Acer Nitro 5 Intel Gen Terbaru 2022 - 3

Kedua prosesor dari 12th Generation Intel® Core™ Processors ini memiliki 14 cores (6P-core + 8E-core) dan hingga 20 threads. Keduanya mampu memberikan performa maksimal ketika gaming maupun kegiatan multitasking tanpa hambatan.

Didukung arsitektur baru yang inovatif mampu menyesuaikan core yang tepat dengan beban kerja yang tepat. Dengan begitu, software apapun yang berjalan di latar belakang tidak akan mengganggu permainan Anda. Disamping itu, Anda juga lebih leluasa saat mengobrol, menjelajah, streaming, mengedit, merekam, dan bermain tanpa henti.

Tiga varian kartu grafis yaitu NVIDIA® GeForce® RTXTM 3060 dengan GDDR6 VRAM berkapasitas 6GB, NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050 Ti, dan NVIDIA® GeForce® RTX™ 3050 mampu menyuguhkan visual gaming yang luar biasa. Ketiganya memiliki arsitektur 2nd Gen RTX Ampere NVIDIA yang memberikan grafik ray-tracing paling realistis dan fitur AI mutakhir seperti NVIDIA DLSS.

Dengan NVIDIA DLSS, kualitas gambar jadi lebih tajam serta meningkatkan kinerja laptop saat bermain game. Untuk meningkatkan pengaturan dan resolusi untuk pengalaman visual yang lebih baik, Anda juga bisa mengaturnya sendiri. Ditunjang ray-tracing dapat mensimulasikan cahaya dalam di dunia nyata ke dalam game untuk menghasilkan grafis nyaris seperti sungguhan.

Disematkan RAM DDR4 yang dapat dengan mudah untuk di upgrade hingga kapasitas 32 GB. Sama halnya dengan SSD NVMe yang bisa diekspansi hingga 512GB dan HDD up to 1TB.

Semuanya dapat Anda upgrade dengan mudah, melalui casing bawah laptop. Berkat kombinasi ini memungkinkan software apapun, termasuk gaming terbuka dengan sangat cepat.

Guna mengurangi rasa penasaran, kami menguji performa laptop gaming ini dengan bermain game Cyberpunk 2077 dan Hitman 3. Perpaduan yang ciamik antara prosesor, kartu grafis, dan storage yang sempurna, game Cyberpunk 2077 dan Hitman 3 disapu bersih oleh Acer Nitro 5 (AN515-58).

Artikel Lainnya

Bagikan:

Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan komentar