Cara Cek Iphone Bekas Dan Memastikan Kualitasnya

Fandi Fabriyan

Cara Cek Iphone Bekas Dan Memastikan Kualitasnya – Saat membeli iPhone bekas, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar Kanca IT tidak menyesal di kemudian hari. Memeriksa kondisi fisik dan baterai, memastikan jaringan selular dan Wi-Fi berfungsi dengan baik, melihat izin root atau jailbreak, dan memeriksa kualitas layar adalah beberapa hal yang harus Kanca IT lakukan untuk memastikan bahwa iPhone bekas yang Kanca IT beli layak untuk digunakan.

Kondisi Fisik dan Baterai

Ketika membeli iPhone bekas, Kanca IT harus memeriksa kondisi fisiknya, karena beberapa tKanca IT bahwa iPhone telah diservis tidak akan terlihat saat Kanca IT membelinya. Bagian belakang iPhone dan casingnya harus tanpa cacat dan bebas dari goresan, sedangkan sisi depan iPhone harus bebas dari kerusakan. Selain itu, Kanca IT juga harus memeriksa kondisi baterai iPhone. Cek volume daya yang tersisa dengan membuka aplikasi Baterai di iPhone. Jika daya yang tersisa di kisaran 20 persen, Kanca IT dapat bernegosiasi dengan penjual untuk menurunkan harga iPhone.

Memastikan Jaringan Selular dan Wi-Fi Berfungsi dengan Baik

Ketika membeli iPhone bekas, pastikan untuk melakukan uji coba jaringan selular dan Wi-Fi untuk memastikan bahwa mereka bekerja dengan baik. Untuk uji coba jaringan selular, pastikan untuk memeriksa sinyal di daerah Kanca IT. Kanca IT juga dapat mencoba menelepon nomor lain dengan iPhone untuk memastikan bahwa jaringan selular bekerja dengan baik. Selain itu, pastikan untuk mencoba menghubungkan iPhone ke jaringan Wi-Fi Kanca IT untuk memastikan bahwa Wi-Fi juga berfungsi dengan baik.

Mengecek Izin Root atau Jailbreak

Izin root atau jailbreak adalah proses yang dilakukan untuk mengganti sistem operasi asli iPhone. Karena itu, Kanca IT harus memastikan bahwa iPhone bekas yang hendak Kanca IT beli tidak telah di-root atau di-jailbreak. Kanca IT bisa mengeceknya dengan membuka aplikasi Pengaturan di iPhone, lalu pergi ke bagian Keselamatan dan Privasi. Di sana, Kanca IT harus memastikan bahwa terdapat tulisan “Sistem ini tidak telah dimodifikasi”. Jika ada tulisan lain selain itu, maka iPhone telah di-root atau di-jailbreak.

Memeriksa Kualitas Layar

Ketika membeli iPhone bekas, pastikan untuk memeriksa kualitas layar iPhone. Jika layar menampilkan warna yang tidak merata, atau jika Kanca IT melihat adanya garis-garis putih di layar, maka itu berarti layar iPhone telah rusak atau retak. Selain itu, periksa juga apakah layar iPhone mengeluarkan cahaya atau tidak. Jika tidak, maka itu bisa berarti bahwa backlight-nya rusak.

Memeriksa Spesifikasi dan Kelengkapan iPhone

Kanca IT juga harus memeriksa spesifikasi dan kelengkapan iPhone. Pastikan bahwa iPhone yang Kanca IT beli memiliki memori yang cukup besar untuk kebutuhan Kanca IT, dan juga pastikan bahwa iPhone tersebut telah dibundel dengan semua kelengkapan seperti charger, kabel data, dan headset. Kanca IT juga dapat mengecek versi sistem operasi iPhone dengan membuka aplikasi Pengaturan, lalu pergi ke bagian Umum > Tentang. Di sana, Kanca IT akan melihat versi sistem operasi iPhone. Jangan lupa juga untuk memeriksa nomor IMEI iPhone agar Kanca IT dapat memastikan bahwa iPhone tersebut tidak terdaftar dalam daftar pemblokiran.

Uji Coba Fitur Lainnya

Setelah Kanca IT memeriksa semua fitur di atas, pastikan untuk menguji fitur lainnya seperti kamera, speaker, dan tombol. Periksa juga cara iPhone berfungsi ketika dalam mode Airplane atau ketika fitur lokasi diaktifkan. Tes juga berbagai aplikasi dan lihat bagaimana iPhone berperilaku saat aplikasi dibuka.

Membeli Asuransi iPhone

Setelah Kanca IT yakin bahwa iPhone bekas yang Kanca IT beli layak untuk digunakan, Kanca IT harus membeli asuransi iPhone. Ini akan menjamin bahwa jika iPhone milik Kanca IT mengalami kerusakan, Kanca IT dapat mengganti iPhone tersebut dengan biaya yang lebih murah. Jangan lupa juga untuk memeriksa batasan-batasan asuransi iPhone dan pastikan bahwa asuransi yang Kanca IT beli cukup lama agar Kanca IT dapat dengan aman menggunakan iPhone Kanca IT.

Membeli iPhone bekas dapat menghemat banyak uang jika Kanca IT tahu cara memeriksa kualitasnya. Hal yang harus Kanca IT lakukan adalah memeriksa kondisi fisik dan baterai iPhone, memastikan jaringan selular dan Wi-Fi berfungsi dengan baik, melihat izin root atau jailbreak, memeriksa kualitas layar, memeriksa spesifikasi dan kelengkapan, menguji fitur lainnya, dan membeli asuransi iPhone. Dengan memperhatikan semua hal di atas, Kanca IT akan dapat memastikan bahwa iPhone bekas yang Kanca IT beli layak untuk digunakan.

Artikel Lainnya

Bagikan:

Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan komentar