5 Keunggulan Aplikasi Edit Foto Lightroom, Wajib Dicoba!

  • Bagikan

Aplikasi Edit Foto Lightroom – Siapa diantara Kanca IT yang belum kenal dengan aplikasi edit foto Lightroom? Bagi Kanca IT, pengguna android ataupun iOS yang suka edit dan memanipulasi foto sudah pasti tidak asing lagi dengan Adobe Lightroom. Aplikasi tersebut sering digunakan untuk retouch dimana semua hasil fotonya sehingga lebih artistik. Berikut keunggulan dari aplikasi Lightroom ini.

Memperbaiki Exposure dan Pencahayaan

exposure - Aplikasi Edit Foto Lightroom

Warna foto dapat diperbaiki secara detail dan tentunya tepat sasaran lewat Adobe Lightroom. Untuk pengaturan exposure dan light tersebut, ada lagi sejumlah pengaturan yang harus disetting. Pengaturannya adalah exposure, highlights, contrast, whites, shadows, dan black. Fungsinya adalah sebagai berikut.

  • Exposure untuk mengatur pencahayaan pada foto, jika exposure besar, maka foto semakin terang;
  • Highlights untuk mengatur warna yang digunakan pada pencahayaan langit, agar warnanya lebih bagus maka highlight harus dikurangi;
  • Contrast untuk mengatur pembagian kontras warna pada foto, warna akan semakin menyala jika kontrasnya tinggi;
  • Shadows untuk mengatur warna yang gelap pada foto; dan
  • Whites dan Black untuk mengatur rona hitam putih pada foto, untuk mengubah seperti vintage maka fitur ini sangat cocok digunakan.

Mengatur White Balance

Meskipun white balance umumnya diatur pada kamera, namun pengguna juga bisa atur kembali di aplikasi edit foto Lightroom. Fitur ini hanya akan mengubah white balance secara utuh apabila formatnya sudah dalam bentuk RAW.

Fitur tersebut bisa ditemukan pada bagian menu color. Kemudian di dalamnya akan dijumpai lagi 4 opsi yaitu saturation, vibrance, tint, dan temperature. Untuk menghasilkan warna yang beraneka macam, maka pengguna bisa atur sendiri pada fitur tersebut dengan manual.

https://itkampus.com/menghapus-background-foto-tanpa-photoshop/

Fitur white balance ini sangat jarang sekali dimiliki oleh aplikasi lain. Pada umumnya aplikasi edit foto tersebut hanya menyediakan fitur white balance preset saja. Hal tersebut tentunya akan mempersulit pengguna yang ingin mengatur secara manual.

Memanipulasi Kecerahan Warna

Foto yang memiliki warna datar pastilah tidak menarik untuk dipandang. Pengguna bisa tingkatkan warna tersebut dengan memanipulasinya menggunakan fitur vibrance dan saturation. Level Vibrance akan ditingkatkan sehingga warna foto akan lebih tajam.

Apabila suka memotret pemandangan alam seperti pantai, laut, hutan, gunung, bukit, dan lainnya, maka bisa gunakan aplikasi lightroom agar menghasilkan foto yang lebih berwarna. Aplikasi lightroom ini mampu menaikkan semua level warna pada satu foto tanpa adanya tabrakan warna di foto tersebut.

Menghilangkan Noise

Biasanya foto yang diambil dalam pencahayaan yang kurang bagus akan mengakibatkan foto punya bintik noise. Namun fitur noise reduction serta color noise reduction akan membantu menjernihkan kembali. Sehingga warna foto tidak akan kabur lagi.

Selain itu, untuk beberapa foto yang ingin ditambahkan noise juga bisa. Ini akan menggunakan fitur grain yang terdapat di menu effect. Sedangkan untuk menambah ataupun mengurangi detail foto bisa gunakan  fitur sharpening.

Menghilangkan Objek

Untuk hasil foto di lokasi wisata sangat cocok sekali diedit atau dimanipulasi menggunakan aplikasi Adobe Lightroom. Sebab di keramaian pasti akan sangat mengganggu suasana foto. Sehingga  pengguna bisa memilih untuk menghilangkan objek mengganggu di keramaian tersebut dengan aplikasi Lightroom ini. Sebagai referensi lain mungkin Kanca IT bisa baca mengenai tutorial menghapus background foto tanpa photoshop

Fitur yang berperan dalam menghilangkan objek adalah fitur healing. Fitur ini akan membantu pengguna saat menghilangkan objek kecil. Misalkan saja seperti orang, debu, tahi lalat, jerawat, luka di wajah atau objek-objek lainnya. Semua bentuk objek bisa dihilangkan sehingga akan tampak lebih bersih pada foto.

Namun, khusus untuk menghilangkan objek yang besar maka foto harus dipisah dulu baru diedit dengan Lightroom. Setelah itu pengguna bisa menyatukan kembali foto tersebut. Lalu lihatlah bagaimana hasilnya!

Itulah 5 keunggulan aplikasi edit foto Lightroom. Perlu diketahui, bahwa aplikasi Lightroom kini menjadi aplikasi favorit para fotografer, baik yang profesional ataupun pemula. Lantaran, cara penggunaan yang mudah, dan keragaman fitur yang menawan, membuat Lightroom selalu menjadi salah satu aplikasi edit foto incaran fotografer.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.