Perbedaan Mbps dan MBps

Perbedaan-Mbps-dan-MBps

Perbedaan Mbps dan MBps – Dalam satuan kecepatan didunia komputer ada istilah teknis yang membingungkan ketika bekerja dengan komputer dan internet, mungkin kanca IT salah satunya. Sedikit ambigu saat membedakan antara Megabit per second (Mbps) dan MegaByte per second (MBps atau MB/s). Kedua istilah tersebut terdengar hampir sama ketika diucapkan dan disingkat dengan huruf yang sama persis. Satu-satunya perbedaan adalah huruf “b”.

Tidak mengherankan, Kedua istilah itu selalu bercampur. Bahkan orang-orang yang sudah paham-pun bisa salah saat mengucapkan atau salah mengetikan huruf “b”. Disini saya akan menjelaskan apa Perbedaan Mbps dan MBps (MB/s) sehingga kanca IT paham dan tau perbedaannya.

Bit vs Byte : Apa bedanya?

Istilah bit adalah kependekan dari binary digit (digit biner), sebuah unit yang mempunyai nilai “1” dan “0”. Dimana nilainya menandakan status “aktif” dan “mati”.

Istilah byte adalah Sebuah kelompok yang terdiri dari 8 bit. Istilah ini untuk menggambarkan unit terkecil dari memori dalam sebuah penyimpanan. Setiap pengukuran yang ditulis dalam byte adalah delapan kali dari unit yang terkait dengan bit. Dengan kata lain, 1 megabyte (1MB) = 8 megabit (Mb).

Perbedaan-Mbps-dan-MBps

Apa yang dimaksud dengan Mbps?

Bit per second (bps) adalah jumlah bit yang berpindah antara dua perangkat atau media penyimpanan dalam 1 detik. Mbps digunakan untuk menggambarkan kecepatan Internet atau Bandwidth kanca IT saat berselancar didunia maya.

Untuk apa bit dan byte digunakan?

“bit” dan “byte” cenderung digunakan untuk pengaturan yang berbeda. Kedua istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan pengukuran dalam ukuran. Tetapi “bit” juga digunakan untuk mengukur kecepatan.

Byte

Dalam hal memory, satu byte adalah slot penyimpanan terkecil. Hard drive kanca IT  atau SSD, USB Drive dan memory lainnya diukur dalam byte atau megabyte (MB). Perangkat lunak juga mengukurnya dalam byte. Satu byte cukup besar menyimpan data untuk 1 karakter standar, Jadi menyimpan kata “halo” hanya akan membutuhkan 5 byte memory. Inilah mengapa memory dalam sebuah komputer umunya diukur dalam byte.

Perbedaan-Mbps-dan-MBps

bit

“bit” digunakan untuk menentukan kecepatan internet kanca IT, tetapi juga digunakan untuk mengukur data yang bergerak(Copy/Paste, Donwload, Upload, Streaming).

Perbedaan-Mbps-dan-MBps

Ketika kanca IT sedang membicarakan kecepatan transfer data, kecepatan download, kecepatan upload atau bandwidth maka akan diukur dengan satuan bit per second (bps).

Sebagai kasus contoh : Perlu kanca IT Ketahui, soket SATA pada komputer terdapat 3 versi, yaitu SATA I, SATA II, SATA III. Masing-masing mempunyai kecepatan yang berbeda. Berikut detailnya :

SATA I (Versi 1) Mempunyai bandwidth 1.5Gb/s, Soket ini support up to 150MB/s.
SATA II (Versi 2) Mempunyai bandwidth 3.0Gb/s, Soket ini support up to 300MB/s.
SATA III (Versi 3) Mempunyai bandwidth 6Gb/s, Soket ini support up to 600MB/s.

Perbedaan-Mbps-dan-MBps

Inti

Megabit per second (Mbps) adalah ukuran kecepatan data. Megabyte (MB) adalah ukuran volume data. Byte terdiri dari delapan bit, jadi untuk mengkonversi nilai dalam bit ke byte (atau Mbps ke MBps) cukup bagi nilainya dengan 8.

Mengetahui perbedaan antara bit dan byte berguna untuk mengarahkan pengetahauan tentang teknologi internet dan perangkat digital lainnya.

Penulis: Catur Hidayat

Jika kamu kalah PINTAR, Cobalah untuk menang RAJIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *