Perangkat Lunak Komputer

Fandi Fabriyan

ITKampus.com – Dalam penggunaan komputer, Kanca IT pasti pernah mendengar istilah perangkat lunak. Tanpa adanya perangkat lunak, komputer tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Tahukah apa itu perangkat lunak komputer? Lalu, apa saja yang termasuk dalam perangkat lunak komputer? Simak artikel berikut.

Pengertian Perangkat Lunak

Seperti yang kita tahu, bahwa dalam penggunaanya, terdapat perangkat keras dan perangkat lunak. Jika perangkat keras komputer lebih mengarah pada benda maka perangkat lunak memiliki arti sebaliknya. Pengertian perangkat lunak komputer yang paling umum adalah sebuah komponen dari komputer yang berbentuk program, data, atau file digital yang dapat dipasang dan dibaca pada komputer.

Perangkat lunak komputer biasanya disebut juga dengan istilah software dimana perangkat ini sangat penting. Tanpa adanya software, komputer hanya sebatas perangkat saja tanpa dapat dimanfaatkan untuk membantu aktifitas manusia. Perangkat lunak disusun dengan logika yang pengolahannya melibatkan sistem operasi, data, dan program. Software diatur sedemikian rupa sehingga logika yang ingin disampaikan dimengerti oleh komputer.

Sejarah Software

Software komputer memiliki langkah dalam pengembangannya sehingga dapat dimanfaatkan sampai saat ini untuk berbagai kepentingan. Setiap data diformat dan disimpan secara digital, termasuk dokumentasi dan program komputer dan informasi lainnya. Berikut sejarah era perkembangan perangkat lunak.

Artikel Lainnya

Bagikan:

Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan komentar