Perangkat Lunak Komputer

  • 3 min read
  • Sep 08, 2020
perangkat-lunak-komputer

Dalam penggunaan komputer, Kanca IT pasti pernah mendengar istilah perangkat lunak. Tanpa adanya perangkat lunak, komputer tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Tahukah apa itu perangkat lunak komputer? Lalu, apa saja yang termasuk dalam perangkat lunak komputer? Simak artikel berikut.

1. Pengertian Perangkat Lunak

Seperti yang kita tahu, bahwa dalam penggunaanya, terdapat perangkat keras dan perangkat lunak. Jika perangkat keras komputer lebih mengarah pada benda maka perangkat lunak memiliki arti sebaliknya. Pengertian perangkat lunak komputer yang paling umum adalah sebuah komponen dari komputer yang berbentuk program, data, atau file digital yang dapat dipasang dan dibaca pada komputer.

Perangkat lunak komputer biasanya disebut juga dengan istilah software dimana perangkat ini sangat penting. Tanpa adanya software, komputer hanya sebatas perangkat saja tanpa dapat dimanfaatkan untuk membantu aktifitas manusia. Perangkat lunak disusun dengan logika yang pengolahannya melibatkan sistem operasi, data, dan program. Software diatur sedemikian rupa sehingga logika yang ingin disampaikan dimengerti oleh komputer.

2. Sejarah Software

Software komputer memiliki langkah dalam pengembangannya sehingga dapat dimanfaatkan sampai saat ini untuk berbagai kepentingan. Setiap data diformat dan disimpan secara digital, termasuk dokumentasi dan program komputer dan informasi lainnya. Berikut sejarah era perkembangan perangkat lunak.

  • Pioner, pada era ini perangkat lunak menjadi satu kesatuan dengan perangkat keras
  • Stabil, di era ini perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi dan mampu melayani banyak pengguna dengan memanfaatkan sistem basis data yang dapat memisahkan program dengan data
  • Mikro, pada era ini perangkat lunak dibagi menjadi dua yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi
  • Modern, pada era ini perangkat lunak sudah mengenal masukan dalam bentuk suara, gambar dan dibedakan menjadi beberapa jenis software seperti freeware, shareware, adware

3. Jenis Software Komputer dan Fungsinya

Kanca IT saat ini sudah tidak asing dengan penggunaan komputer bukan? Nah, tahukah kamu software apa saja yang ada di komputer kamu? Berikut jenis-jenis perangkat lunak komputer yang sering digunakan beserta contohnya.

Operating System

Sistem operasi atau bisasa disebut dengan OS adalah komponen piranti perangkat lunak dasar (essential component) yang digunakan sebagai sumber daya perangkat keras komputer. OS memiliki penjadwalan yang sangat sistematis  dan mencakup perhitungan pengguna memori, penyimpanan data, pemrosesan data, dan sumber daya lainnya yang meningkatkan performa komputer. Contoh dari OS yang sering digunakan adalah Windows, Linux, Ubuntu, Macintosh, dll.

Application Software

Software application memiliki fungsi untuk melakukan tugas yang diinginkan oleh pengguna. Software application biasanya disandingkan dengan perangkat lunak sistem yang terintegrasi dari berbagai kemampuan komputer untuk mengerjakan tugas tertentu. Fungsi dari perangkat lunak aplikasi dapat beragam tergantung jenisnya. Contoh dari perngakat luank aplikasi diantaranya perangkat lunak perkantoran, perangkat lunak multimedia, perangkat lunak internet, dll.

Software Development Tool

Software development tool dapat dikatakan sebagai kompilator yang digunakan untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi dan bahasa pemrograman tingkat rendah. Contoh dari alat pengembang perangkat lunak diantaranya Microsoft Office dan OpenOffice.org, pemutar media seperti Windows Media Player, Winamp dan GOM Player.

Device Driver

Device Driver adalah pengendali perangkat keras yang dipasang pada komputer. Biasanya pengendali perangkat keras disebut dengan kata driver saja. Hampir semua perangkat keras tidak dapat digunakan tanpa driver perangkat yang terpasang. Contoh dari driver diantaranya adalah printer, scanner, dll.

Firmware

Firmware adalah istilah yang mengacu kepada perangkat lunak terprogram yang dipasang pada perangkat keras untuk melakukan kontrol perangkat dan fungsi lainnya. Firmware  sering disebut juga dengan perangkat tegar. Software yang tersimpan di penyimpanan tidak dapat dirubah. Contoh dari firmware diantaranya adalah alat elektronik dan komponen lain pada komputer.

Freeware

Freeware adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis sehingga dapat digunakan tanpa ada batas waktu. Konsep dari freeware tentu berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya untuk membayar setelah jangka waktu tertentu atau untuk memperoleh fitur tertentu. Biasanya pengembangan software terdapat kode sumber untuk dapat dikembangkan oleh programmer lainnya.

4. Fungsi Software Komputer

Seiring dengan perkembangannya, perangkat lunak komputer tentu memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan. Berikut beberapa fungsinya:

  • Mengidentifikasi program komputer sehingga perangkat komputer dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan
  • Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer dapat diatur dengan baik sesuai dengan kebutuhan
  • Membantu untuk manajemen tugas dan pekerjaan sehingga dapat diselesaikan dengan lebih efisien.

Kanca IT, sekarang sudah tahu ya tentang pengertian, jenis dan fungsi dari perangkat lunak komputer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *