Penjelasan Penamaan Prosesor AMD Ryzen Series

penjelasan-penamaan-prosesor-amd-ryzen-series

Penjelasan penamaan Prosesor AMD Ryzen Series – Tidak seperti intel, AMD mengambil pendekatan yang berbeda untuk menamai prosesor mereka. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan arti nama dan huruf yang ada di CPU AMD Ryzen.

Banyak sekali prosesor AMD yang beredar dipasaran saat ini, Baik itu A series, Athlon Series dan Ryzen Series, Tapi saya fokus pada Ryzen series karena Series ini yang paling populer di laptop dan di PC saat ini.

Nama AMD Ryzen Series

Sama seperti prosesor Intel Core i-Series yang umum di laptop dan PC. Prosesor AMD Ryzen juga umum dan dapat dianggap setara dengan Intel Core i-Series. Ada Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7, Ryzen 9 dan Threadripper.

AMD Ryzen 3

AMD Ryzen 3 adalah prosesor kelas paling bawah dari jajaran Ryzen. Ryzen 3 mempunyai performa yang serupa dengan pesaingnya yaitu Intel Core i3. AMD Ryzen 3 memiliki kemampuan pemrosesan yang cukup untuk melakukan tugas sehari-hari karna sudah dibekali Quad-Core. Dibandingkan laptop dengan Intel Core i3, Laptop dengan AMD Ryzen 3 ditawarkan jauh lebih murah meski dengan kinerja yang kurang lebih sama.

AMD Ryzen 5

AMD Ryzen 5 adalah prosesor kelas menengah dari Ryzen series. Ryzen 5 biasanya dibekali Quad-Core atau Hexa-Core. Untuk segi Clock Speed tentunya Ryzen 5 lebih tinggi dari Ryzen 3. Dengan Clock Speed yang tinggi, Ryzen 5 memungkinkan untuk menangani tugas-tugas intensif. Ryzen 5 adalah pesaing Intel Core i5.

AMD Ryzen 7

AMD Ryzen 7 adalah dengan kinerja tinggi dari Ryzen Series. Ryzen 7 merupakan pesain dari prosesor Intel Core i7. Ryzen 7 biasanya dibekali dengan Quad-Core, Hexa-Core atau Octa-Core. Dengan dibekali Core yang banyak, Ryzen 7 mampu menangani tugas intensif seperti Multi tasking, Rendering Video maupun render 3D bahkan memainkan game AAA jika dipadukan dengan GPU yang tepat.

AMD Ryzen Threadripper

AMD Ryzen threadripper merupakan jajaran tertinggi dari Ryzen Series, Threadripper merupakan prosesor multi-Core berkinerja tinggi yang dirancang untuk menangani multi-tasking dan aplikasi yang membutuhkan hyperthreading agar dapat berjalan lancar. Prosesor ini tidak akan pernah ditemukan di laptop, melainkan hanya tersedia untuk dekstop.

Arti Huruf pada AMD Ryzen

Tidak semua prosesor AMD Ryzen sama. Setiap Prosesor memiliki suffix huruf yang berbeda. Suffix huruf membantu menentukan kinerja pemrosesan dari CPU jika beraal dari generasi yang sama.

Prosesor dengan akhiran “G” menunjukan bahwa prosesor Ryzen memiliki kartu (GPU) Radeon. Hal ini juga berlaku di Intel Core i-Series. Prosesor Intel dengan akhiran “G” memiliki kartu grafis AMD Radeon RX Vega.

Suffix “X” memiliki arti Prosesor dengan kinerja yang tinggi. Prosesor Ryzen dengan akhiran X biasanya memiliki Clock Speed yang tinggi, Konsumsi daya tinggi dan Performa tercepat digenerasinya. Akhiran “X” biasanya hanya digunakan untuk prosesor desktop . Prosesor dengan suffix “X” memiliki fitur Extended Frequency Range (XFR). Fitur ini memungkinkan prosesor untuk meningkatkan kinerja diatas batas normal.

Suffix “U” memiliki arti Ultra Low power. Prosesor jenis ini hanya tersedia untuk Laptop. Laptop Tipis dan ringan biasnya hadir menggunakan prosesor Ryzen dengan akhiran “U”. Suffix “U” memiliki clock speed yang lebih rendah dan konsumsi daya yang sedikit. Dengan konsumisi daya yang rendah maka menghasilkan panas yang sedikit pada prosesor.

Suffix “H” adalah akhiran prosesor Ryzen dengan kinerja tinggi untuk laptop. Prosesor jenis ini memiliki Clock speed dan konsumsi daya yang tinggi, yang tentunya menghasilkan kinerja yang lebih tinggi. Prosesor berakhiran “H” bisanya ditemukan dilaptop-laptop gaming atau Workstation.

Prosesor Ryzen berakhiran “T” memiliki arti Turbo atau clock yang tinggi. ada juga Prosesor dengan akhiran “XT” dimana prosesor ini memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan akhiran “T”.

Arti Angka pada AMD Ryzen

Angka pada Prosesor AMD Ryzen memberikan informasi menganai kinerja dan SKU (Stocking Keeping Unit). Untuk lebih jelasnya lihatlah contoh dibawah :

AMD Ryzen 7 5800X Desktop prosesor

penjelasan-penamaan-prosesor-amd-ryzen-series

Angka “5” dari 5800X adalah generasi dari prosesor AMD Ryzen, yang berarti generasi ke-5. Semakin baru generasinya maka kinerjanya akan semakin baik dari pendahulunya. Angka “8” adalah tingkatan kinerja. Angka 4,5 dan 6 adalah adalah prosesor dengan High Performance sedangkan 7 dan 8 adalah Enthusiast dan Prosumer. Prosumer maksudnya adalah seperti content creator untuk video editing, produksi musik, CAD, 3D baik Profesional maupun perusahaan. Angka “00” pada 3600X adalah nomor SKU. Untuk Huruf “X” sendiri sudah saya bahas diatas.

Mungkin itu saya yang Bisa saya sampaikan mengenai Penjelasan penamaan prosesor AMD Ryzen Series. Semoga dengan artikel ini kanca IT mendapat pengetahuan untuk mengetahui apakah laptop yang menggunakan AMD Ryzen memiliki kinerja yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kanca IT, Kanca IT juga bisa membaca Penjelasan penamaan prosesor Intel disini.

Penulis: Catur Hidayat

Jika kamu kalah PINTAR, Cobalah untuk menang RAJIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *