Pengertian XAMPP

  • 3 min read
  • Nov 20, 2020

Hai Kanca IT, pernahkah mendengar XAMPP? Kata ini mungkin terdengar asing untuk masyarakat pada umumnya. Namun, bagi yang tertarik di bidang web developer, tentu tidak asing lagi dengan software satu ini. Nah, jika Kanca IT ingin tahu informasi selengkapnya tentang pengertian XAMPP simak ulasannya sebagai berikut.

Pengertian XAMPP

Ketika Kanca IT tertarik dengan dunia website, maka tidak ada salahnya untuk mempelajari tentang XAMPP. Ketika Kanca IT ingin menghemat anggaran, maka direkomendasikan untuk menggunakan XAMPP karena dapat menggantikan peran dari web hosting di penyimpanan lokal dan dapat dipanggil melalui browser.

XAMPP adalah sebuah paket software yang terdiri dari Apache, Mysql, PHP dan Perl. Namun sekarang, MySQL telah diganti dengan Maria DB. Akronim tersebut digunakan untuk penyusunan nama XAMPP sedangkan huruf X berasal dari istilah cross platform. Pengembangan XAMPP untuk pertama kali dilakukan oleh tim proyek yang bernama Apache Friends. XAMPP dapat diperoleh secara gratis dengan label General Public License.

pengertian xampp
Tampilan XAMPP

Fungsi XAMPP

XAMPP menjadi paket aplikasi yang sangat mudah digunakan untuk menunjang proses belajar sebagai pengembang web. Tentunya XAMPP memiliki banyak fungsi sebagaimana tujuan dari pembuatan paket aplikasi ini. Berikut beberapa fungsi dari XAMPP.

  • Digunakan sebagai server lokal untuk website yang sedang dalam pengembangan
  • Dapat digunakan untuk menguji kinerja dari suatu fitur tertentu
  • Menampilkan konten yang terdapat pada website tanpa harus terkoneksi dengan internet
  • Bekerja secara offline dan sebagai server lokal, web yang terdapat di dalamnya tidak dapat diakses oleh banyak orang
  • Interface yang sangat friendly membuat aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk belajar baik di kalangan siswa ataupun mahasiswa
  • Dapat digunakan sebagai preview untuk website yang sedang dikembangkan sebelum di hosting untuk diakses secara umum

Bagian Penting dalam XAMPP

Terdapat bagian-bagian penting dalam XAMPP untuk memenuhi perannya sebagai paket aplikasi server lokal. Beberapa bagian penting dari XAMMP sebagai berikut:

PhpMyAdmin

Peran dari PhpMyAdmin pada XAMPP hampir sama pada web hosting yang sesungguhnya. Pada XAMPP, PhpMyAdmin di plot untuk dapat mengatur konfigurasi pada MySQL. Konfigurasi tersebut digunakan untuk membuka PhpMyAdmin langsung di XAMPP. Untuk dapat mengakses PhpMyAdmin di browser, Kanca IT dapat mengetikkan alamat URL http://localhost/phpMyAdmin.

Htdocs

Setelah Kanca IT memasang XAMPP di PC, maka Kanca IT dapat menemukan folder htdocs. Folder ini digunakan untuk menyimpan file website yang sedang dikembangkan. Kapasitas penyimpanan yang tersedia akan bergantung kepada harddisk yang terdapat pada PC.

Control Panel

Pengaturan database dapat dilakukan secara leluasa melalui control panelI. Pengguna dapat mengunggah file, dan melakukan berbagai pengaturan secara detail untuk website yang akan dibuat. Pada menu control panel pengguna juga bisa mengatur stop dan start aplikasi XAMPP agar kinerja dari komputer dapat diatur.

Fitur-fitur XAMPP

XAMPP dibuat untuk membantu pengembangan website. Selain itu, untuk developer pemula, menggunakan XAMPP akan sangat membantu untuk belajar membuat website. Penggunaannya yang sangat mudah tentu didukung dengan adanya fitur-fitur dalam XAMPP sebagai berikut:

Apache

Dalam paket aplikasi XAMPP, Apache menjadi perangkat lunak sumber terbuka sebagai alternatif dari server web Netscape. Apache merupakan server yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi. Pengembangan Apache dilakukan oleh komunitas terbuka yang berada di bawah naungan Apache Software Foundation.

Selain gratis, Apache juga termasuk software yang handal dan stabil dengan patch keamanan yang selalu diperbarui. Apache juga sangat fleksibel karena memiliki struktur berbasis modul. Konfigurasi yang sangat mudah juga membuat banyak pengguna pemula memilih menggunakan Apache.

MySQL

My Structured Query Language (MySQL) merupakan server yang menyediakan fitur multi user untuk dapat mengakses sejumlah database. Biasanya MySQL digunakan oleh perangkat lunak bebas yang memerlukan fitur penuh untuk sistem manajemen basis data. MySQL menjadi software yang portable. Selain open source, MySQL juga memiliki tipe data yang bervariasi dengan struktur tabel yang sederhana. RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan MySQL juga tidak terlalu besar.

PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman script yang banyak digunakan untuk pengembangan website dinamis walaupun pada prakteknya, PHP juga dapat digunakan untuk pengembangan berbagai platform lainnya. Bahasa pemorgraman ini dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmur Lerdorf (sekarang The PHP Group).

Sebagai bahasa pemrograman yang powerful, PHP merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah untuk dipelajari. Selain itu, PHP juga tidak memerlukan konektor untuk mengakses database. Dengan proses data yang cepat, PHP dapat mendukung program untuk dapat dijalankan dengan lebih respopnsif.

Kanca IT, sekarang tidak perlu bingung lagi ya terkait pengertian XAMPP, fungsi dan bagian-bagiannya. Kanca IT dapat mempelajari lebih lanjut tentang paket aplikasi satu ini karena sangat bagus untuk Kanca IT yang memiliki minat di web developer.

Post Terkait :

One thought on “Pengertian XAMPP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *