Pengertian UML

pengertian uml

Pengertian UML – Jika Kanca IT belum pernah mendengar tentang UML, maka sudah saatnya untuk membaca artikel ini. Beberapa informasi tentang UML akan membantu Kanca IT untuk mengenal tentang apa itu UML, jenis UML, tujuan, dan notasi UML. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian UML

Unified Modelling Language (UML) merupakan metode permodelan yang disajikan secara visual yang bertujuan untuk menunjukan perancangan sistem berorientasi objek. UML juga dapat dikatakan sebagai alat yang menjadi standar dalam visualisasi, perancangan, dan dokumentasi sistem aplikasi. Saat ini, UML juga telah menjadi bahasa standar yang digunakan dalam penulisan arsitektur.

Rosa-Salahudin menyebutkan bahwa UML adalah salah satu standar yang dimanfaatkan pada dunia industri untuk menunjukan kebutuhan atau requirement dari sebuah sistem, membuat analisis dan desain, serta menggambarkan arsitektur yang akan digunakan dalam suatu pemrograman berorientasi objek.

Jenis-jenis UML

Secara umum UML dibagi menjadi 3 bagian yaitu Structure diagram, behaviour diagram, dan interaction diagram. Berikut adalah jenis-jenis dari UML yang perlu Kanca IT ketahui.

Structure Diagram

Berikut adalah beberapa diagram yang termasuk dalam kategori structure diagram.

  • Class Diagram, adalah jenis diagram pada UML yang digunakan untuk menggambarkan paket-paket atau kelas-kelas yang ada pada sistem dan akan digunakan pada suatu sistem.
  • Object Diagram, adalah diagram yang menunjukan gambaran dari struktur model yang ada di dalam sistem untuk jangka waktu tertentu. Diagram ini akan bergantung pada class diagram yang dibuat untuk suatu sistem.
  • Component Diagram, merupakan suatu diagram yang dibuat untuk menunjukkan struktur dan ketergantungan antara komponen yang ada di dalam suatu sistem. Komponen tersebut adalah hal fisik dari program yang dimodelkan dan akan terlihat saat sistem dijalankan.
  • Composite Structure Diagram, adalah diagram yang menjelaskan struktur internal dari component, class, dan use case termasuk klasifikasi hubungan yang dimiliki dalam sebuah program.
  • Package Diagram, merupakan diagram yang memiliki fungsi untuk mengumpulkan kelas dan memperlihatkan penyusunan dari elemen model dalam sistem.
  • Deployment Diagram, adalah tata letak program secara fisik atau menampilkan bagian aplikasi yang ada pada perangkat keras dan digunakan untuk menerapkan sistem.

Behaviour Diagram

Berikut adalah beberapa diagram yang termasuk dalam kategori behaviour diagram.

  • Use case diagram, adalah urutan interaksi yang memiliki keterkaitan antara sistem dan aktor. Use case diagram dijalankan dengan cara menggambarkan tipe interaksi yang terjadi diantara user yang terlibat di dalam sistem.
  • Activity Diagram, merupakan diagram yang menunjukan model dari metode yang ada di dalam sistem. Diagram dapat menggambarkan perancangan sistem, proses awal sistem berjalan, keputusan yang dapat terjadi dalam sistem, dan akhir dari sistem.
  • Statemachine Diagram, merupakan diagram dalam UML yang memberikan gambaran tentang perubahan dan transisi kondisi dari satu status ke status lainnya dari objek yang terdapat pada program yang terjadi karena transisi dari satu status ke status lainnya.

Interaction Diagram

Berikut adalah beberapa diagram yang termasuk dalam kategori interaction diagram.

  • Sequence Diagram, adalah diagram UML yang menggambarkan hubungan di objek yang di dasarkan pada urutan waktu.
  • Communication Diagram, merupakan jenis diagram yang terdapat pada UML untuk menjelaskan proses terjadinya aktivitas dan interaksi pada suatu sistem.
  • Interaction Overview Diagram, merupakan salah satu jenis diagram yang berfungsi untuk menunjukan visualisasi dari hubungan kerjasama antara activity dengan sequence diagram.
  • Timing Diagram, merupakan jenis diagram yang memiliki fokus utama pada waktu dan menjadi bentuk lain dari interaksi diagram.

Tujuan Penggunaan UML

Setelah Kanca IT mengetahui pengertian dan jenis dari UML, maka selanjutnya, Kanca IT dapat mengetahui fungsi atau tujuan dari UML. Berikut beberapa tujuan dari penggunaan UML.

    • UML digunakan untuk memberikan pemodelan visual pada user dari berbagai jenis proses rekayasa atau pemrograman.
    • UML digunakan untuk menghubungkan metode terbaik yang ada dalam permodelan.
    • UML dapat digunakan untuk membagikan model yang akan digunakan dan termasuk dalam permodelan visual yang ekspresif sehingga dapat saling berbagi model dengan mudah dan memperluas program.
    • Diagram dalam UML dapat digunakan sebagai blue print dari kelengkapan dan detail informasi yang diberikan sehingga arah jalannya program dapat terlihat.
    • UML dapat digunakan untuk memodelkan sistem yang dibuat dengan konsep orientasi objek sehingga tidak hanya digunakan untuk memodelkan perangkat lunak saja.

Notasi UML

Notasi UML merupakan simbol yang digunakan untuk pembuatan diagram. Beberapa notasi yang digunakan diantaranya actor, use case, assosiation, generalization, note, class, interface, interaction, realization, dependency, dan package. Setiap notasi yang digunakan disesuaikan dengan diagram yang digunakan. Setiap diagram tentu akan menggunakan notasi yang berbeda.

Kanca IT sekarang sudah asing lagi ya tentang pengertian UML. Dengan informasi yang telah diperoleh, kini Kanca IT dapat menggunakan UML ketika akan membuat suatu sistem informasi berorientasi objek.

Baca Juga:

Penulis: Fandi Fabriyan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *