Pengertian PHP

  • 3 min read
  • Agu 20, 2020
pengertian-php

Dalam bahasa pemrograman tentu Kanca IT sering mendengar kata PHP. Yang dimaksud PHP disini tentu bukan pemberi harapan palsu ya. Ketika Kanca IT belajar tentang bahasa pemrograman tentu istilah atau pengertian PHP sudah tidak asing lagi bukan. Simak informasi berikut untuk mengetahui lebih detail tentang pengertian PHP, fungsi PHP, hingga alasan mengapa menggunakan PHP.

Pengertian PHP

PHP termasuk dalam bahasa scripting server-side yaitu sebagai bahasa pemrograman yang dibuat untuk mengembangkan situs web dinamis maupun statis ataupun aplikasi berbasis website. PHP merupakan singkatan dari Hypertext Pre-processor yang sebelumnya dikembangkan dengan sebutan Personal Home Pages.

Script adalah kumpulan instruksi pemrograman yang akan dibaca saat proses runtime. Kamu juga akan mengenal tentang bahasa scripting yang merupakan bahasa yang menafsirkan skrip saat runtime. Bahasa ini biasanya akan tertanam pada perangkat lunak lain. PHP termasuk dalam scripting server-side sehingga bahasa pemrograman itu akan diproses oleh server. Hal itu tentu akan berbeda dengan javascript yang termasuk dalam bahasa client-side.

Baca Juga: Perbedaan Internet dan Intranet

Sebagai bahasa pemrograman yang umum, PHP dapat disematkan dengan mudah pada kode HTML. Penggunaannya juga dapat dikombinasikan dengan sistem yang terdapat pada templat web, kerangka kerja web, dan manajemen konten web.

Fungsi PHP

PHP berfungsi untuk membangun sebuah situs web statis atau situs web dinamis. PHP juga dapat digunakan untuk membangun aplikasi berbasis Web. PHP adalah salah satu dari bahasa pemrograman yang bisa digunakan karena pada dasarnya ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membangun sebuah website. Berikut beberapa fungsi dari PHP:

  • Dapat digunakan untuk membuat website dinamis
  • Banyak digunakan oleh programmer karena dapat menyimpan data dalam database
  • Dapat digunakan untuk membuat halaman yang fleksibel dan dapat diubah berdasarkan kemauan user untuk berbagai pengaturan yang diinginkan
  • File PHP dapat disisipkan dalam kode html dan dikombinasikan dengan CSS

Dalam pembuatan website biasanya server akan melakukan identifikasi terhadap kode PHP dari kode HTML. Hal itu yang membuat tag PHP harus menyertakan kode PHP. Disisi lain, PHP juga tetap dapat digunakan tanpa menyertakan tag HTML (PHP Murni).

Istilah yang Berkaitan dengan PHP

Penggunaan PHP biasanya akan bersinggungan dengan bahasa pemrograman lainnya. Hal itu dikarenakan pengembangan webiste memerlukan integrasi dengan sistem yang lainnya. Oleh karena itu, Kanca IT harus mengetahui beberapa istilah-istilah berikut ini.

Baca Juga: Perbedaan HDD dan SSD

HTML

Hyper Text Markup Language merupakan bahasa standar yang dimanfaatkan untuk menampilkan informasi di internet. Awal pengembangan HTML bertujuan untuk memudahkan ilmuwan dalam mengakses dokumen. Pada tahun 1990 Tim Berners-Lee membuat bahasa pemrograman HTML yang dapat dimanfaatkan hingga saat ini. HTML dapat dikatakan sebagai pondasi dalam pembuatan berbagai aplikasi bersis web saat ini.

CSS

Cascading Style Sheet adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur style di dalam website. CSS juga dapat disebut sebagai kumpulan kode-kode yang dibuat untuk mengatur tampilan atau layout pada halaman web. Adanya CSS sangat penting untuk membuat website terlihat lebih menarik.

JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk pengembangan sistem berbasis web. Bahasa pemrograman ini telah digunakan dalam kurun waktu dua puluh tahun. Para pengembang website mengetahui bahasa pemrograman ini sebagai bahasa pemrograman yang utama untuk web developer.

MySQL

MySQL merupakan salah satu sistem manajemen basis data SQL (Structured Query Language) yang umum digunakan dalam pengembangan website. MySQL menjadi salah satu database yang penggunaannya bersifat open source. Sistem ini dibuat dan dikembangkan pada pertengahan tahun 90-an. Hingga saat ini ada beberapa sistem manajemen database selain MySQL yang banyak digunakan untuk mengembangkan sistem berbasis web.

Baca Juga: Cara Mengurangi Bottleneck

Alasan Menggunakan PHP

Banyak bahasa pemrograman yang ada dan dapat dimanfaatkan untuk pembuatan website. Namun, kebanyakan pengembang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman utama untuk pengembangan aplikasi. Berikut beberapa alasan menggunakan PHP.

  1. Bersifat open source (gratis)
  2. PHP mudah untuk dipelajari dalam waktu singkat
  3. Sebagai bahasa pemrograman yang populer, dokumentasi dari PHP tentu lebih banyak
  4. PHP didukung oleh sebagian besar server web hosting
  5. Pembaruan PHP dilakukan secara berkala untuk menyesuaikannya dengan teknologi terbaru
  6. PHP menjadi bahasa pemrograman lintas platform sehingga dapat digunakan pada sistem operasi yang berbeda
  7. Kerjasama PHP dapat diintegrasikan dengan banyak basis data seperti MySQL, Postgres, dll
  8. PHP termasuk bahasa pemrograman scripting sisi server sehingga cukup menggunakan peramban web saja
  9. Pangsa pasar PHP tidak diragukan lagi jika melihat penggunaan PHP untuk pengembangan website
  10. Telah digunakan untuk pengembangan beberapa website populer

Kanca IT, jika kamu tertarik untuk membuat sebuah website maka tidak ada salahnya untuk mempelajari tentang PHP dan bahasa pemrograman lain yang diintegrasikan agar website lebih menarik. Sebagai bahasa pemrograman yang opensource tentu terdapat banyak referensi dalam penggunaannya untuk membuat sebuah website.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *